Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

Apa itu Rektor?!

3 min read

Apa itu Rektor?!

Apa Itu Rektor- Hai kawan, gimana kabarnya semua?! Semua kalian sekeluarga sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan. Apa yang anda ketahui tentang rektor?!

Dalam dunia perkuliahan “rektor” adalah sebutan untuk jabatan tertinggi di lingkungan kampus. Semisal kalau di SD, SMP, SMA itu kepala sekolah. Untuk kamu yang ingin lebih mendalami tentang pengertian dan seluk-beluk rektor, selamat anda berada di web yang tepat.

Admin akan membagikan segala hal tentang rektor. Berikut kami sajikan untuk anda.

Apa itu Rektor?!


apa itu rektor
image source: umn.ac.id

Tahukah anda pengertian rektor?! Rektor adalah pemimpin sebuah lembaga perguruan tinggi.

Tahukah anda apa nama sebutan pemimpin universitas sebelum rektor? Yap, Presiden Universitas. Kenapa sekarang diganti menjadi rektor?!

Sejarahnya adalah dulu di era kepemimpinan Presiden Ir.Soekarno kampus-kampus di Indonesia menyebut pemimpin tertinggi mereka sebagai “Presiden Universitas”.

Ir.Soekarno merasa tersindir, sebab menurut beliau yang namanya presiden hanyalah satu ya Presiden Indonesia. Oleh karena itu, sebutan “Presiden Universitas” berubah menjadi “rektor”.

Jawaban apa itu rektor yakni dalil sebutan “rektor” diperkuat dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2009, rektor adalah pimpinan tertinggi perguruan tinggi yang berkewajiban memajukan ilmu pengetahuan di masing-masing institusi melalui pendidikan dan penelitian, serta memberikan kontribusi maksimal kepada khalayak luas.

Tugas Pokok dan Wewenang Rektor

apa itu rektor
image source: beritasatu.com

Rektor memiliki tugas dan peran yang berat namun mulia, yakni menyiapkan pemimpin yang akan datang.

Hal ini muncul karena nantinya setiap pemimpin tidak ada yang tidak melalui pendidikan tinggi dimana Perguruan Tinggi adalah jenjang terakhir dalam pendidikan formal.

Sebagaimana pemimpin pada umumnya, tugas rektor adalah memimpin lembaga perguruan tinggi yang dipimpinnya untuk mampu mencapai visi yang telah ditetapkan.

Rektor juga memimpin dan memastikan bagaimana lembaga perguruan tinggi berfungsi. Fungsinya antara lain, membina hubungan dengan alumni, baik di lingkungan masyarakat dan universitas, membina aktivitas akademika (mahasiswa & dosen) melaksanakan penyelenggaraan penelitian, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Menurut Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, tugas rektor ialah meningkatkan kualitas lembaga yang dipimpinnya.

Syarat Menjadi Rektor Unpad

apa itu rektor
image source: minews.id

Persyaratan Umum

  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. berusia setinggi-tingginya 60 (enam puluh) tahun pada saat berakhirnya masa jabatan Rektor yang sedang menjabat pada tanggal 13 April 2015 dan belum menjabat sebagai Rektor 2 (dua) periode berturut-turut;
  3. memiliki pengalaman manajerial di lingkungan Universitas Padjadjaran paling rendah sebagai Ketua Program Studi/Departemen/Jurusan/Bagian sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun;
  4. bersedia dicalonkan menjadi Rektor Universitas Padjadjaran yang dinyatakan secara tertulis;
  5. memiliki setiap unsur penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP3) bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
  6. tidak sedang menjalani tugas belajar lebih dari 6 (enam) bulan atau ijin belajar dalam rangka studi lanjut yang meninggalkan tugas tridharma perguruan tinggi yang dinyatakan secara tertulis;
  7. tidak pernah dipidana berdasarkan keputusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan perbuatan yang diancam pidana paling rendah pidana kurungan;
  8. memiliki prestasi kerja, jujur, disiplin, kesetiaan, pengabdian, pengalaman, integritas dan kepemimpinan sesuai dengan ketentuan yang berlaku baik di lingkungan Universitas maupun dalam peraturan perundang-undangan.

Persyaratan Khusus

  1. Berpendidikan Doktor (S3);
  2. Menduduki jabatan akademik paling rendah Lektor Kepala;
  3. Mempunyai pengalaman kerja di lingkungan Universitas Padjadjaran sekurang-kurangnya selama 10 (sepuluh) tahun;
  4. calon Rektor yang masuk nominasi dari Fakultas harus sehat jasmani dan rohani yang dinyatakan oleh MPKP;
  5. bersedia untuk memenuhi kewajiban sebagai Rektor dan akan tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. wajib menyampaikan Strategi dan Program Kerja pencapaian Rencana Strategis dan Indikator Kinerja Kunci Universitas Padjadjaran dalam Sidang Pleno Senat Universitas Padjadjaran yang diselenggarakan khusus dalam rangka pemilihan Rektor Universitas Padjadjaran Periode 2015-2019.

Syarat Menjadi Rektor UI

apa itu rektor
image source: news.detik.com

Adapun syarat dan kriteria menjadi Calon Rektor UI adalah:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Belum berusia 60 (enam puluh) tahun pada saat dilantik menjadi Rektor sesuai dengan jadwal yang ditetapkan
  3. Sehat jasmani dan jiwa berdasarkan surat keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah yang ditentukan oleh Pansus Pilrek
  4. Berpendidikan Doktor dari perguruan tinggi yang terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI berdasarkan tanda lulus yang sah atau berpendidikan doktor dari perguruan tinggi luar negeri yang telah disetarakan oleh Kemenristekdikti
  5. Menyerahkan Daftar Riwayat Hidup termasuk data tentang pekerjaan, pengalaman, pendidikan dan keluarga serta NPWP dan SPT terakhir
  6. Membuat makalah maksimal 10 halaman yang berisi:
    • Motivasi calon untuk menjadi rektor, pemikiran mengenai Renstra UI dan program kerja yang mengacu kepada Kebijakan Umum Ul,
    • Gambaran diri atau uraian tentang diri sendiri
  7. Menandatangani surat kesanggupan untuk menjadi Rektor, memberikan komitmen bekerja penuh waktu, dievaluasi secara berkala dalam jabatannya sebagai Rektor, mundur atau menerima diberhentikan jika dinilai oleh MWA tidak sanggup memenuhi tanggungjawabnya
  8. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai bahwa yang bersangkutan bukan anggota partai politik
  9. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai bahwa yang bersangkutan bebas dari kepentingan politik, ekonomi, maupun kepentingan pihak di luar UI lainnya yang bertentangan dengan kepentingan UI
  10. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai, bahwa yang bersangkutan tidak pernah ditetapkan menjadi terdakwa dengan ancaman pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun.

Berapa Lama Masa Jabatan Rektor?

Pada umumnya, masa jabatan rektor di Indonesia 5 tahun dan bisa diperpanjang apabila rektor kembali terpilih di periode berikutnya.

Kiranya Berapa Gaji Rektor?

Dilansir dari Sindonews, dikarenakan biaya kampus Perguruan Tinggi Negeri dengan Badan Hukum (PTN-BH) semakin mahal. Menristekdikti M. Nasir memberikan keleluasaan untuk menggalang dana dan berkreasi bagi PTN-BH.

Dan membebaskan PTN-BH untuk menggaji rektor hingga 100 juta perbulan. Berita ini terbit 2 Mei 2017.

Siapa Rektor Termuda di Indonesia dan Dunia?

Risa Santoso: 27 tahun Rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) di ASIA Malang

Riki Saputra: 36 tahun menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) pada 7 Febeuari 2019

Firmanzah: 2015 Rektor Universitas Paramadina

Anies Baswedan: 38 tahun 15 Mei 2007 Rektor Universitas Paramadina

Apa Bedanya Rektor dan Dekan?

Dilansir dari wikipedia, Di Indonesia, dekan (berasal dari bahasa Belanda, decaan, dari bahasa Latin, decanus, “pemimpin untuk yang sepuluh”) adalah pejabat yang memimpin suatu fakultas.

Walaupun demikian, di banyak perguruan tinggi Indonesia posisi dekan masa kini lebih banyak berfungsi sebagai pemimpin administrasi. Dekan ini posisinya stu tingkat di bawah rektor.

Jabatan dekan bertanggung jawab atas pelaksanaan pendidikan fakultas.

Dekan adalah pimpinan fakultas yang bertugas memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, membina tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga administrasi dan administrasi fakultas.

Dekan bertanggung jawab kepada rektor. Wakil dekan bertugas membantu pelaksanaan tugas sehari-hari dekan.

Kalau rektor adalah pemimpin tertinggi kampus layaknya Presiden.

Penutup

Sekian, terima kasih.

Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi
DomaiNesia

Daur Hidup Hewan

Rasyaa
8 min read

Hukum Replik dan Duplik

Rasyaa
5 min read

Apa itu Prodi?!

Rasyaa
4 min read

Tinggalkan Balasan