29

Cara Beternak Kelinci

Cara Beternak Kelinci- Kelinci adalah salah satu hewan herbivora yang sangat potensial untuk dijadikan peluang usaha. Anda dapat menjual kelinci hidup-hidup dan bisa juga jual kelinci dalam bentuk makanan, seperti yang kita tahu seperti sate kelinci.

Daripada beli kelinci untuk dijadikan sate, akan lebih efisien, mudah, dan hemat anda beternak sendiri. Tidak hanya dijadikan sate bahkan bisa dijual satuan. Keuntungan yang kita dapat dari jual kelinci daripada hewan lain adalah berkembang biaknya cepat dan tidak sulit dalam merawatnya.

Penasaran bagaimana cara beternak kelinci?! Namun, alangkah baiknya anda memahami dulu kelompok, jenis,

Kelompok dan Jenis Kelinci

Cara beternak kelinci sederhana sukses
sentrabudidaya.com

Pada umumnya kelinci dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelinci hias dan kelinci budidaya. Kelinci hias adalah jenis kelinci untuk dipelihara dan dijadikan hewan kesayangan.

Adapun sebaliknya kelinci budidaya adalah kelinci yang diternak untuk diambil bulu, kulit, dan dimakan dagingnya.

Tak ada patokan dimana membedakan jenis kelinci budidaya dan hias. Banyak yang perlu dipertimbangkan untuk mengklaim bahwa seekor kelinci cocok dijadikan penghias dan patut dikonsumsi.

Kementrian Pertanian memberikan panduan cara memelihara kelinci sesuai peruntukannya. Berikut macam-macamnya:

  • Woll atau bulu: Angora
  • Kulit: Satin dan Rex
  • Pedaging: New Zealand White dan Flemish Giant

Keunggulan produk yang dihasilkan tergantung pada jenis kelinci. Ada yang kualitas kulitnya mantap, ada juga daging yang siap disantap. Di Indonesia, lebih banyak kelinci pedaging karena industri woll atau kulit kurang berkembang.

Ras Kelinci

Cara beternak kelinci sederhana sukses
kakinesia.com

Mengetahui ras kelinci terlebih dahulu adalah perkara yang penting sebelum anda memasuki fase cara beternak kelinci di rumah. Berdasarkan habitat, kelinci dibedakan menjadi dua yakni, kelinci peliharaan dan kelinici liar. Jika berdasarkan panjang bulu kelinci terdiri dari 8 macam diantaranya:

  • Kelinci Sumatra
  • Dutch
  • Angora
  • English Spot
  • Himalayan
  • Lyon
  • American Chinchilla
  • Kelinci Jawa

Tahukah kenapa banyak orang beternak kelinci?! Karena kelinci termasuk hewan mamalia yangberkembang biaknya cepat, Bahkan sekali melahirkan, kelinci betina mampu melahirkan bisa 8 hingga 12 anak kelinci.

Bagaimana seorang pemula ingin memulai budidaya kelinci?! Berikut kami sajikan langkah-langkah beternak kelinci yang baik pemula.

Cara Beternak Kelinci Sukses dan Terbaik

Kandang Kelinci

Cara beternak kelinci sederhana sukses
alamtani.com

Kandang adalah tempat bernaung kelinci. Jika anda ingin memulai ternak entah skala kecil maupun besar anda harus memperhatikan kandang. Apalagi jika ruang terbatas. Apa yang perlu dipertimbangkan untuk kandang kelinci?!

Terdapat dua jenis kandang yang dapat digunakan. Yakni jenis kandang sistem tertutup dan terbuka. Apa itu kandang terbuka?! Kandang terbuka adalah pekarangan dengan hamparan luas yang telah dikelilingi dengan pagar.

Jadi, modelnya dibuat seperti itu supaya kelinci bebas beraktivitas dan melakukan apapun yang ia mau.

Dalam hamparan tersebut disediakan kandang khusus untuk tempat bernaung, beristirahat, dan berteduh kelinci.

Jenis kandang terbuka merupakan salah satu macam usaha ternak kelinci dengan tempo lama atau tradisional di indonesia.

Sistem kandang terbuka ini sangat mudah karena kita tidak perlu lagi memberikan jatah makanan di pagi dan sore hari. Kelinci bebas makan kapanpun. Selama kandang sudah dipagari kelinci akan tetap stay di dalam lingkaran.

Berbeda halnya dengan kandang tertutup. Seperti namanya tertutup, kandangnya terkesan lebih sempit dan tertutup. Kandang tersebut dibatasi oleh atap, dinding, dan lantai. Sistem ini terbagi menjadi 2 macam tipe kandang yakni tipe baterai dan postal.

Cara beternak kelinci sederhana sukses
alamtani.com

Kandang tipe baterai ialah kandang yang sengaja dibentuk hanya untuk satu ekor kelinci per kandang, umumnya berbentuk rak bersusun. Sistem kandang seperti ini sangat bagus dimanfaatkan untuk pembesaran.

Cara beternak kelinci sederhana sukses
alamtani.com

Kandang tipe postal ialah kandang berisi beberapa kelinci skaligus. Orang-orang biasanya menggunakan kandang seperti ini untuk merawat dan mengamati perkembangbiakkan kelinci.

Pada intinya, tergantung budidaya kelinci jenis apa yang akan anda tekuni.

Jenis Kandang

Pada umumnya, kandang kelinci terbuat dari bambu dan kayu.

Bahan dasar lain untuk membuat kandang kelinci yang lain adalah kawat dan alumuninum, anda bisa mudah menjumpai di pasar.

Jika anda membutuhkan kandang skala besar, akan lebih hemat dan memangkas penegeluaran untuk membuat kandang sendiri. Namun, jika anda memutuskan untuk beternak skala kecil, supaya lebih praktis anda bisa langsung membelinya di pasar.

Jarak Kandang

Memperkirakan tempat peternakan kelinci di halaman atau pekarangan rumah adalah perkara yang penting. Jangan sampai kandang kelinci dekat dengan dapur karena masalah kesehatan.

Juga perlu diperhatikan masalah cahaya matahari. Perlu kita ketahui bahwa cahaya matahari sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang kelinci. Maka jangan sampai kandang kelinci tidak mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

Ukuran Kandang

Besarnya ukuran kandang kelinci adalah satu perkara yang sangat penting. Pasalnya besar kandang memiliki andil atas perkembangan seekor kelinci. Jangan sampai kandang yang anda berikan kepada kelinci terlu sempit sehingga dia tidak bisa hidup dengan leluasa.

Pertimbangan yang harus anda pikirkan adalah berapa banyak kelinci yang akan mengisi kandang tersebut dan seberapa luas lahan untuk menempatkan kandang kelinci.

Pada umumnya, besar kandang kelinci yang ideal adalah 3 kali ukuran kelinci dan memanjang ke belakang.

Pemilihan Bibit Kelinci

Cara beternak kelinci sederhana sukses
arenahewan.com

Memilih bibit unggul kelinci adalah perkara terpenting dari budidaya kelinci. Untuk anda yang ingin menjadikan kelinci sebagai kelinci pedaging, anda harus memilih kelinci yang bulunya pendek. Berikut kriteria yang harus anda pertimbangkan:

  • Bermata bersih
  • Aktif
  • Tidak cacat
  • Fertilitas tinggi
  • Tidak sakit
  • Tidak nervous
  • Bulu bersih tidak kusam, terutama pada bagian kelamin.
  • Mata cerah
  • Punggung tidak cekung.
  • Mempunyai pinggul yang bulat.
  • Berat tubuh indukan kelinci jantan 3-5 kg, sementara untuk betina 4-5 kg.
  • Cari kelinci yang sehat dan berhasil melahirkan dalam sekali kelahiran langsung memperoleh banyak anak.

Inilah kriteria yang harus anda penuhi supaya kelinci anda memberikan hasil yang optimal.

Sebab kualitas kelinci itu tergantung pada kualitas produktivitas induk. Semakin berkualitas seekor induk maka semakin unggul pula anak yang dihasilkan.

Cara Membedakan Betina dan Jantan

Cara beternak kelinci sederhana sukses
tipsbudidaya.com

Ini adalah kasus yang krusial. Jangan sampai kamu sebagai peternak kelinci tidak tahu?! Sangat mudah untuk memutuskan bahwa kelinci ini berjenis kelamin A.

Ada beberapa ciri yang bisa anda perhatikan untuk membedakan mana kelinci betina dan jantan.

Kelinci Betina

  • Ukuran dan berat badan lebih besar ketimbang kelinci jantan.
  • Lebih temperamen ketimbang kelinci jantan.
  • Mempunyai gundukan bercelah di atas anus.
  • Kepala kelinci mirip seperti bola.

Kelinci Jantan

  • Mempunyai rasa ingin tahu yang besar.
  • Mempunyai tonjolan penis di atas anus.
  • Bersahabat dan ramah.
  • Ukuran lebih kecil ketimbang kelinci betina.
  • Berat badan lebih ringan ketimbang kelinci betina.
  • Pada waktu panas, kelinci jantan akan lebih menampilkan testikel waktu duduk dan tidur.

Cara Mengawinkan

Cara beternak kelinci sederhana sukses
arenahewan.com

Jika anda ingin menekuni peluang usaha ternak kelinci, dan sudah menentukan kelinci jenis apa yang akan diternak apakah kelinci pedaging atau kelinci hias.

Setelah itu, anda bisa membedakan jenis kelamin kelinci, langkah berikutnya adalah mengawinkan kelinci.

Kelinci merupakan hewan mamalia. Diantara banyak hewan mamalia, hewan yang perkembangbiakkannya cepat adalah kelinci. Namun, perlu anda ketahui sebelum proses perkawinan anda perlu mempertimbangkan berbagai hal. Berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan:

Usia

Usia atau umur adalah hal yang sangat berpengaruh dalam proses perkawinan. Usia ideal kelinci kawin minimal adalah umur 8 bulan.

Jika kurang dari umur tersebut kemungkinan besar kelinci akan mengalami gangguan kesehatan.

Jika kelinci jantan dipaksa kawin sebelum waktunya, kelinci tersebut akan mengalami gangguan kesehatan dan tumbuhnya akan menjadi kerdil.

Begitu pula kelinci betina jika dipaksakan kawin sebelum waktunya, kemungkinan besar kelinci tersebut akan gagal bunting.

Tingkah Laku

Terdapat tanda-tanda tingkah laku aneh yang muncul dari seekor kelinci pertanda kelinci tersebut sudah siap nikah.

Usaha ternak kelinci bisa dibilang menjanjikan karena tingkat melahirkan cepat dan banyak. Kelinci siap kawin saat berusia 6-12 bulan, tergantung jenis rasnya.

Terdapat 3 tanda birahi kelinci betina siap kawin dan menunjukkan sifat birahinya:

  • Kelinci akan tampak gelisah, selalu mencari kelinci jantan.
  • Menggosokkan dagu ke benda-benda di sekitar atau bahkan kelinci lain.
  • Vulva kelinci betina basah dan kemerahan.

Ada 2 teknik perkawinan kelinci yakni, secara berpasangan dan berkelompok. Cara melakukan perkawinan dengan berpasangan adalah memasukkan satu kelinci betina ke kandang satu kelinci jantan.

Hal ini dilakukan supaya kelinci jantan pede dan proses perkawinan lancar. Kalau sudah dipertemukan dalam satu kandang namun tidak segera kawin, berarti bukan jodohnya, tidak cocok. Coba ganti dengan pejantan lain.

Tahukah kamu tahapan dalam mengawinkan sepasang kelinci?! Berikut tahap-tahap mengawinkan kelinci.

  1. Masukkan kelinci betina ke kandang pejantan. Supaya pejantan mempunyai rasa percaya diri yang tinggi sehingga mampu menghasilkan anak yang sehat dan unggul.
  2. Tunggulah beberapa menit.
  3. Kalau pejantan sudah menaiki kelinci betina tandanya mereka sedang kawin. Biarkan mereka wikwik selama 5 menit.
  4. Setelah itu, lepaskan dan pindah kelinci betina ke tempat lain.
  5. Biarkan kelinci betina istirahat selama 15 menit, lalu masukkan ke kandang pejantan lagi.
  6. Jika masih pengen wikwik biarkan mereka wikwik sepuasnya.
  7. Namun, jika kelinci betina menghindar maka itu tandanya proses kawin telah usai.
  8. Pindahkan kelinci betina ke kandangnya seperti semula.

Cara melakukan perkawinan dengan berkelompok adalah memasukkan beberapa kelinci betina ke kandang pejantan. Satu kelinci jantan mampu mengawini 5-10 kelinci betina sehari.

Sebelum Kawin

Berikut 9 hal yang harus kamu tahu sebelum mengawinkan kelinci:

  1. Dalam sekali melahirkan, kelinci betina mampu melahirkan 4-12 anak kelinci, bergantung jenis ras.
  2. Kelinci betina yang sudah berumur, minimal 8 bulan. Dalam setahun, mampu hamil 5 kali.
  3. Kelinci betina bisa kawin lagi setelah 2 minggu dari waktu melahirkan.
  4. Pada umumnya seekor kelinci bisa dikatakan produktif selama 1-3 tahun. Jika kurang atau lebih berarti kesehatan dan kualitas anak kurang maksimal.
  5. Dari waktu birahi pertama ke birahi kedua kira-kira selama 2 minggu.
  6. Masa birahi seekor kelinci sekitar 11-15 hari.
  7. Rata-rata masa kehamilan seekor kelinci selama 28-35 hari, tergantung jenis ras.
  8. Seekor kelinci siap kawin atau punya anak minimal umur 6-12 bulan. Namun, rata-rata usia 8 bulan, tergantung jenis ras.
  9. Masa menyusui seekor anak kelinci selama 8 minggu. Masa menyusui eksklusif sekitar 15-20 hari. Anak baru bisa diberi sayuran hijau supaya bisa tetap makan sambil menyusui. Seekor anak kelinci bisa disapih setelah usia 8 minggu.

Kelinci Hamil

Cara beternak kelinci sederhana sukses
arenahewan.com

Tidak semua kelinci betina yang sukses kawin akan keliatan hamil meskipun sejatinya kelinci tersebut sedang hamil.

Bila tidak keliatan dari bentuk fisik maka kamu bisa lihat dari tingkah laku yang berbeda dari biasanya. Penasaran apa saja ciri-ciri kelinci hamil?! Berikut ciri-ciri kelinci hamil:

  1. Setelah positif hamil, umumnya kelinci betina akan semakin rakus saat makan. Maksudnya porsi makan semakin besar.
  2. Perut akan membuncit. Meski tidak keliatan secara fisik, jika kita meraba ke perut kelinci kita akan memegang sebuah tonjolan, itulah ciri kelinci sedang bunting.
  3. Tingkah lakunya beda dan semakin agresif.
  4. Sebelum hari kelahiran, calon induk akan membuat sarang seadanya untuk anak-anaknya.

Kelahiran Anak Kelinci

Terkadang kelinci tidak hanya memakan hijau-hijauan dan sayur-sayuran, kelinci juag memakan sesamanya atau kanibal. Jadi, setelah melahirkan anda sebagai peternak kelinci sudah sepatutnya untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa yang harus kita lakukan setelah kelinci betina melahirkan?! Berikut hal yang harus anda lakukan setelah kelinci melahirkan:

  • Sediakan tempat bernaung yang nyaman untuk anak-anak kelinci. Tempat tersebut bebas dari panas, dingin, dan angin.
  • Jangan sampai perut induk kelinci kelaparan?! Tanpa pikir panjang, induk kelinci akan memakan anaknya yang baru saja lahir.
  • Kalau kelinci betina melahirkan anak sekaligus langsung banyak. Tentu, ada sebagian kelinci yang tidak mendapatkan susu sang induk. Anda bisa mengawasinya, kemudian pindahkan anak kelinci tersebut ke kelinci betina lain yang sudah mampu menyusui.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus melakukan perawatan secara maksimal pula.

Panen Ternak Kelinci

Cara beternak kelinci sederhana sukses
contohternak.blogspot.com

Pangsa pasar kelinci berbeda dengan jenis daging lain seperti, kambing, sapi, ayam, unggas, dan bebek.

Biasanya kelinci yang dijual itu anakannya sebagai hewan peliharaan. Alangkah baiknya anak kelinci dijual minimal berusia 2 bulan, sehabis masa penyususan. Sebab dikhawatirkan anak kelinci tak mampu berpisah dengan induknya.

Adapun sebaliknya untuk kelinci pedaging minimal panen berbobot 2-3 kg dan berumur 3,5 bulan. Estimasi waktu yang dibutuhkan pada masa penggemukkan kurang lebih selama 2-3 bulan.

Dan apabila kita menjual bibit unggul, umumnya minimal berusia 10-12 bulan. Dalam perkara induk atau bibit unggul tidak lagi dilihat dari berat per kg kelinci, namun dilihat dari kesehatan, kesuburan, dan keunggulan keturunan.

Ini adalah cara beternak kelinci hias sederhana bagi anda para pemula.

Tips dan Trik Beternak Kelinci

Memberi Pakan

Cara beternak kelinci sederhana sukses
alamtani.com

Seperti yang telah kita ketahui bersama berdasarkan kelompok makannya kelinci adalah hewan herbivora, yakni pemakan rumput dan hijau-hijauan.

Dalam beternak kita bisa memberikan, konsentrat, hijau-hijauan, ditambah vitamin. Hijau-hijauan yang disukai kelinci antara lain, limbah sayuran seperti contohnya, daun singkong, wortel, sawi, dan lobak.

Tidak hanya itu kelinci juga doyan rumput dan dedaunan dari pepaya, jagung, dan kacang tanah.

Apakah kamu tahu konsentrat? Konsentrat adalah pelet buatan pabrik. Pemberian pelet dilakukan guna memberi makan secara praktis. Namun, perlu anda ketahui harga pelet cukup mahal, itu karena kandungan nutrisi lengkap. Hal ini dibutuhkan untuk usaha ternak dengan intensif.

Pemberian hijau-hijaun dimulai sejak umur kelinci masih 2 tahun secara bertahap dan sedikit-sedikit. Pemberian tersebut berfungsi untuk mencegah kembung anak kelinci, dan berakibat kematian. Pada umumnya, anak kelinci disusui saat umur sudah menginjak 8 minggu.

Berikut daftar buah dan sayur untuk budidaya, memelihara, dan ternak kelinci:

  • Pear
  • Pepaya
  • Brokoli
  • Selada air
  • Anggur tanpa biji
  • Daun pepaya
  • Daun lobak
  • Wortel dan daunnya
  • Daun kubis
  • Pisang
  • Nanas
  • Ubi jalar
  • Rumput
  • Seledri
  • Daun paprika
  • Apel tanpa biji

Kebersihan Kandang

Cara beternak kelinci sederhana sukses
pusid.com

Untuk menjaga kesehatan kelinci dibutuhkan tempat atau kandang yang bersih dan terawat. Kebersihan merupakan salah satu hal yang penting karena membuat daya tahan tubuh semakin kuat dan kebal akan serangan penyakit.

Pembersihan kandang secara rutin adalah hal yang harus dibiasakan untuk kita seorang peternak kelinci. Dengan kebersihan kelinci akan sehat dan mampu menghasilkan anak-anak kelinci yang unggul dan berkualitas.

Bising atau Berisik

Tempatkan kelinci di alam yang damai dan tenang. Jangan sampai kamu menempatkan kelinci di tempat yang ramai karena hal itu menyebabkan kelinci mudah stress dan takut.

Cara Ampuh Cek Kehamilan Kelinci

Cara beternak kelinci sederhana sukses
ingkarsa.com

Ada 2 cara ampuh buktikan seekor kelinci hamil. Apa saja itu?! Berikut 2 cara buktikan kelinci bunting.

Berat Kelinci

Tentu seekor kelinci betina yang hamil berat badan akan lebih berat. Pada minggu pertama berat badan kelinci bunting bertambah hingga 0,029 kg. Dan pada akhir minggu kedua berat badan kelinci bertambah sampai 0,057 kg.

Raba Perut Kelinci

Perut kelinci bunting akan keliatan lebih buncit apalagi kalau sudah hamil tua perutnya membesar parah.

Pada umumnya, seorang peternak memperhatikan bagaimana perkembangan kehamilan seekor kelinci. Berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan perabaan pada perut kelinci.

  • Raba perut kelinci dengan lembut menggunakan tangan kiri.
  • Angkat kelinci dengan menggenggam telinga kelinci secara halus dan lembut.
  • Raba sisi kanan abdomen gunakan jempol. Sebab indukan bunting akan mengeluarkan embrio dan berkembang di abdomen.
  • Jangan meraba perut kelinci bunting saat usia kehamilan kurang dari 13 hari.

Download Video Cara Beternak Kelinci Sukses Bagi Pemula

Kamu bisa belajar dari video ini bagaimana cara ternak, memelihara, budidaya kelinci?!

Pertanyaan Seputar Cara Beternak dan Memelihara Kelinci

Bagaimana Anda memelihara kelinci peliharaan?

  1. Membuat kondisi rumah aman.
  2. Menutup semua kabel dengan plastik supaya tidak digerogoti kelinci.
  3. Berikan kelinci jerami segar untuk makanannya sehari-hari.
  4. Berikan pelet kaya serat, hijau-hijauan segar, dan air bersih untuk minum.
  5. Sediakan kotak khusus untuk tempat kotoran kelinci. Kelinci memiliki kebiasaan baik yakni mengumbulkan kencing dan kotoran dalam satu area.
  6. Berikan mainan kardus atau sesuatu supaya kelinci tidak gabut dan bosan.
  7. Jaga kebersihan dan rawat kelinci. Penting bagi anda pemelihara kelinci hias untuk senantiasa menyisir bulu kelinci. Sebab jika kepanjangan dan dimakan malah menjadi masalah di pencernaaan.
  8. Rutin cek kesehatan ke dokter hewan paling tidak 1-2 bulan sekali.
  9. Memahami bahasa dan perilaku kelinci.

Berapa lama Anda memelihara kelinci pedaging?

Mengembangbiakkan Kelinci Pedaging

Kelinci memiliki siklus kehamilan hingga 30 hari, dan menjadi dewasa pada tujuh bulan. Anda dapat mengembang biakkan kelinci betina yang sama setiap 90 hari sekali. Setelah tujuh minggu, kelinci sudah cukup usia untuk disembelih.

Anda bisa memakan daging kelinci dengan beragam aneka masakan. Biasanya daging kelinci dimakan dengan cara disate.

Bagaimana membuat kelinci lari lebih cepat?

  1. Memahami perilaku kelinci.
  2. Pahami penciuman dan pengliatan kelinci.
  3. Kebaikan pemelihara kelinci akan selalu diingat dan dikenang kelinci.
  4. Beri kelinci hijau-hijauan dan pelet yang segar.

Apa saja jenis kelinci pedaging terbaik?

  1. Kelinci California
  2. Champagne D Argent
  3. Kelinci Rex
  4. Palomino Rabbits
  5. Satins Rabbits
  6. Cinnamons Rabbits
  7. Silver Foxes
  8. New Zealand Whites
  9. The American Chinchilla
  10. Flemish Giants

Berapa kira-kira biaya untuk memelihara kelinci?

Untuk pelet, jerami, dan makanan segar berkualitas tinggi, perkiraan budget yang dikeluarkan setiap bulan setidaknya Rp350.000.

Namun, tergantung pada daerah Anda, jenis kelinci, dan kualitas makanan. Semakin mahal kualitas makanan maka semakin mahal pula harganya.

Apakah kelinci dianggap hewan ternak?

Mungkin terkadang ternak kelinci sering diabaikan. Namun, ternak kelinci merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Kelinci bisa dibesarkan tergantung keinginan si pemelihara atau peternak. Hewan ternak Anda lebih dari hewan peliharaan kesayangan.

Jika Anda tidak menginginkan kelinci Anda dijadikan sate, Anda bisa membiarkan mereka hidup di peternakan Anda.

Apakah bertani kelinci menguntungkan?

Kelinci dibesarkan untuk mendapat untung dengan menjual daging setelah menernaknya dan juga memelihara sebagai hewan peliharaan yang menyenangkan.

Jadi, ternak maupun memelihara kelinci adalah bisnis yang sangat menyenangkan dan menguntungkan. Bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal serta ruang seperti peternakan kambing, sapi, dan sejenisnya.

Semoga artikel tentang cara beternak kelinci bermanfaat. Sekian, terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Tinggalkan Balasan