Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

Cara Mengolah Daun Binahong Untuk Apa Aja [LENGKAP]

11 min read

langkah mengolah daun binahong secara baik dan benar

Lescazia.com- Hai kawan, gimana kabarnya semua? Semua kamu sekeluarga terbebas dari virus corona yang merajalela. Tahukah Anda bagaimana cara mengolah daun binahong yang baik dan benar?!

Daun binahong memiliki khasiat yang luar biasa diantaranya untuk asam urat, luka jahitan/operasi, sakit pinggang, asam lambung/maag, diet, gula darah, ginjal, mata minus, kejantanan/obat kuat, kolesterol dan luka dalam secara rinci.

Pada kesempatan kali ini admin akan menyajikan artikel tentang daun binahong mulai dari manfaat, efek samping, cara mengolahnya menjadi obat hingga potensi bisnis untuk menanam bibit daun binahong.

Apa itu Daun Binahong?!

langkah mengolah daun binahong secara baik dan benar
news.trubus.id
Nama latin Binahong atau Piahong dikenal dengan nama Moringa oleifera. Masyarakat Melayu dan Indonesia sering menyebutnya kelor.

Dilansir dari Wikipedia, Binahong atau Piahong (Moringa oleifera) merupakan tanaman herbal yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan memiliki banyak manfaat dalam meyembuhkan beragam penyakit ringan dan berat.

Tanaman ini telah lama ada di Indonesia namun baru akhir-akhir ini saja menjadi alternatif untuk sebagian orang. Mereka menjadikan daun binahong sebagai obat alami untuk mengurangi atau menyembuhkan beberapa penyakit ringan dan berat.

Kandungan Nutrisi Daun Binahong

  1. Vitamin C, bermanfaat dalam penyerapan zat besi di dalam tubuh, meningkatkan stamina tubuh serta baik untuk tulang.
  2. Antioksidan, untuk menetralkan radikal bebas.
  3. Protein, untuk memperbaiki jaringan tubuh, baik untuk tulang, dsb
  4. Total fenol, sebagai antiseptik untuk membunuh kuman di dalam tubuh.

Ciri-Ciri Tumbuhan Binahong

langkah mengolah daun binahong secara baik dan benar
cybex.pertanian.go.id
  • Berbatang lunak
  • Tumbuhan menjalar
  • Berbunga majemuk
  • Berdaun tunggal
  • Daunnya memiliki permukaan yang licin
  • Daunnya tepi rata
  • (Emerginatus) Pangkal berlekuk
  • Ujung runcing
  • Helaian daun tipis lemas
  • Daunnya berwarna hijau
  • Daunnya tertata berseling
  • Daunnya lebar 3-7 cm
  • Daunnya 5-10 cm
  • (Cordota) Bentuk jantung
  • (Subsessile) Bertangkai benar-benar pendek
  • Bertekstur kasar
  • Terkadang bentuknya seperti umbi
  • Tanamannya berwarna merah
  • Permukaan halus
  • Saling membelit
  • Silindris
  • Panjang tanaman kurang lebih 5 m
  • (parenial) berumur panjang

Morfologi Tumbuhan Binahong

langkah mengolah daun binahong secara baik dan benar
netralnews.com
  • Akar: Wujud dari akarnya berdaging lunak lunak.
  • Batang: Batang dari tanaman binahong permukaan halus, saling membelit, berbeentuk silindris, berwarna merah dan lunak.
  • Daun: Wujud daun binahong yaitu berbentuk jantung, berwarna hijau, permukaan licin, bertangkai pendek, tunggal, ujungnya runcing, helaian daun tipis lemas lebarnya 3-7 cm, pangkal berlekuk, panjangnya 5-10 cm, susunannya berseling dan dapat dimakan.

Manfaat Daun Binahong

langkah mengolah daun binahong secara baik dan benar
genpi.co

Apa manfaat rebusan daun binahong? Bagaimana cara mengolah daun binahaong?! Tenang, kami akan mengulas secara rinci.

Untuk Kesehatan Mata


Pada bagian batang daun binahong sebagai sumber vitamin A berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Apalagi untuk Anda yang sering menatap layar handphone dan laptop, olahan daun binahong sangat bermanfaat utuk anda.

Oleh karena itu Anda harus mempelajari bagaimana cara mengolah daun binahong yang baik dan benar.

Untuk Luka Operasi


Daun binahong memiliki protein dan mineral yang baik sehingga sangat direkomendasikan untuk pasien yang sedang dioperasi.

Cara mengkonsumsinya adalah dengan merebus daun binahong dan meminumnya secara teratur. Oleh karena itu Anda harus mempelajari bagaimana cara mengolah daun binahong yang baik dan benar.

Untuk Mengobati Anemia


Daun binahong memiliki zat besi yang dibutuhkan sel darah merah. Hal ini sangat bermanfaat untuk Anda para penderita anemia. Oleh karena itu, segera kuatkan tubuh Anda dengan olahan daun binahong yang baik dan benar.

Meningkatkan Stamina


Imun tubuh sangat dibutuhkan untuk kita, baik anak-anak, remaja hingga dewasa, apalagi di situasi seperti ini. Virus corona yang merajalela akan membunuh orang yang tidaak memiliki imun tubuh yang cukup.

Bagaimana cara meningkatkan stamina tubuh dengan mengisi imun?! Salah satu caranya adalah dengan makan olahan daun binahong. Oleh karena itu Anda harus mempelajari bagaimana cara mengolah daun binahong yang baik dan benar.

Mencegah Penuaan DIni


Tahukah Anda ternyata daun binahong mampu mencegah penuaan dini?! Daun binahong mempunyai kandungan antioksidan, seperti zeaxanthin, lutein, betakaroten, vitamin C dan A.

Kandungan ini akan membuat kulit dan organ Anda terbebas dari radikal bebas. Apalagi vitamin C dan A akan mencegah penuaan dini, meremajakan kulit dan membuatkan kulit supaya lebih elastis.

Oleh karena itu Anda harus mempelajari bagaimana cara mengolah daun binahong yang baik dan benar.

Meningkatkan Nafsu Makan


Makan adalah kebutuhan wajib setiap manusia. Makan secara teratur adalah hal yang harus kita lakukan 3 kali sehari. Dengan makan secara rutin dan teratur kita akan sehat. Jangan sekali-kali Anda telat makan! Sebab telat makan akan mengakibatkan sakit maag.

Untuk Anda dan anak Anda yang tidak nafsu makan, alangkah baiknya Anda segera mengkonsumsi daun binahong. Karena daun binahong memiliki khasiat meningkatkan naafsu makan.

Pola makan yang tidak teratur di tengah aktivitas yang sibuk membuat Anda mudah terserang penyakit. Segera konsumsi dan rasakan perbedaannya!

Oleh karena itu Anda harus mempelajari bagaimana cara mengolah daun binahong yang baik dan benar.

Mengobati Diabetes


Diabetes adalah penyakit kadar gula tinggi. Apabila orang sudah divonis saakit diabetes, dia akan mudah untuk terserang penyakit yang lain seperti jantung, kanker dan stroke.

Bagaimana cara mengobati diabetes secara herbal dan alami?! Caranya adalah dengan minum rebusan air daun binahong.

Oleh karena itu Anda harus mempelajari bagaimana cara mengolah daun binahong yang baik dan benar.

Mencegah Kanker


Kanker adalah penyakit langganan orang Indonesia yang berumur di atas 50 tahun dengan pola makan yang tidak teratur. Untuk Anda yang peduli akan pola makan sangat penting daun binahong untuk mencegah kanker.

Kandungan antioksidan pada daun binahong berkhasiat untuk mencegah kanker. Oleh karena itu Anda harus mempelajari bagaimana cara mengolah daun binahong yang baik dan benar.

Mengobati Asam Urat


Imbangi makanan berminyak dan berkolesterolmu dengan rebusan daun binahong. Penyakit asam urat sangat rawan terjangkit pada orang dewasa.

Sebab makanan-makanan seperti daging merah dan jeroan sangat berefek di ekmudian hari bagi si pengkonsumsi. Oleh karena itu Anda harus mempelajari bagaimana cara mengolah daun binahong yang baik dan benar.

Mengobati Maag/Asam Lambung


Daun binahong dapat mengendalikan asam lambung yang lagi bermasalah. Maag akibat jadwal makan yang berantakan sangat mempengaruhi kestabilan tubuh.

Mengobati Luka Bakar


Apabila Anda memiliki luka bakar, segera saja obati dengan daun binahong. Luka bakar perlu diatasi dengan sigap dan cepat. Penelitian pada tahun 2017 mengatakan bahwa salep yang mengandung 5% ekstrak daun binahong sangat diperlukan untuk mengobati luka bakar dengan cepat.

Kunci dari sembuhnya luka bakar adalah pembentukan kolagen. Tahukah Andaa apa itu kolagen? Kolagen adalah protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk di kulit.

Saat ekstrak daun binahong digunakan, terlihat bahwa luka bakar mengalami penyembuhan lebih baik daripada tidak menggunakan daun binahong.

Mengurangi Resiko Sakit Jantung


Tahukah Anda ternyata mengonsumsi daun binahong bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan saponin dalam daun binahong dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Langkahnya cukup dengan menyeduh daun binahong seperti membuat teh. Tambahkan madu atau gula sehingga rasanya jadi lebih manis. Resep ini bisa dikonsumsi dua kali sehari. Lakukan secara rutin dan teratur untuk hasil yang maksimal.

Efek Samping Daun Binahong

langkah mengolah daun binahong secara baik dan benar
indozone.id
Apa efek samping minum daun binahong?! Dibalik ribuan khasiat pada tanaman ini, daun binahong juga memiliki efek samping yang perlu kita ketahui. Kenapa ada efek samping?! Efek samping terjadi karena pengonsumsian daun binahong berlebihan atau setiap hari.

Pusing


Salah satu efek samping yang disebabkan oleh daun binahong adalah pusing. Anda akan merasa pusing kepala apabila Anda mengkonsumsi daun binahong bersamaan dengan kopi dan teh.

Jantung Berdebar


Salah satu efek samping yang disebabkan oleh daun binahong adalah jantung berdebar. Anda akan berdebar cepat apabila Anda mengkonsumsi daun binahong bersamaan dengan kopi dan teh.

Hal ini disebabkan karena daun binahong memiliki kandungan.

Insomnia


Salah satu efek samping yang disebabkan oleh daun binahong adalah insomnia. Anda akan mengalami insomnia atau susah tidur apabila Anda mengkonsumsi daun binahong bersamaan dengan kopi dan teh.

Mual


Salah satu efek samping yang disebabkan oleh daun binahong adalah mual. Anda akan mual apabila Anda mengkonsumsi daun binahong bersamaan dengan kopi dan teh.

Gelisah


Salah satu efek samping yang disebabkan oleh daun binahong adalah tubuh gelisah. Tubuh Anda akan gelisah apabila Anda mengkonsumsi daun binahong bersamaan dengan kopi dan teh.

Klasifikasi Ilmiah Daun Binahong

langkah mengolah daun binahong secara baik dan benar
sehatq.com
KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomSteptophyta
Super DivisiEmbryophyta
DivisiTracheophyta
Sub DivisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoCaryophyllanae
Ordo Caryophyllales
FamiliBasellaceae
GenusAnredera Juss
SpesiesAnredera Cordifolia (Ten) Steenis

Cara Mengolah Daun Binahong Untuk Sakit Pinggang

langkah mengolah daun binahong secara baik dan benar
news.unair.ac.id

Apakah daun binahong bisa menyembuhkan penyakit sakit pinggang? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun binahong untuk mengobati sakit pinggang?! Berikut caranya:

  1. Sediakan umbi binahong sebanyak 3 potong.
  2. Kemudian, cuci hingga bersih.
  3. Rebus menggunakan 5 gelas air.
  4. Lalu, airnya disaring.
  5. Minum 2-3 kali sehari
NB: Minum rutin untuk hasil yang maksimal, coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Asam Urat

Apakah daun binahong bisa menyembuhkan penyakit asam urat? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun binahong untuk obat asam urat?! Berikut caranya:

  1. Sediakan umbi binahong sebanyak 3 potong.
  2. Kemudian, cuci hingga bersih.
  3. Rebus menggunakan 5 gelas air.
  4. Lalu, airnya disaring.
  5. Minum 2-3 kali sehari
NB: Minum rutin untuk hasil yang maksimal, coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Penyembuhan Disentri

Apakah daun binahong bisa menyembuhkan penyakit disentri? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun binahong untuk mengobati penyakit disentri?! Berikut caranya:

  1. Sediakan umbi binahong sebanyak 3 potong.
  2. Kemudian, cuci hingga bersih.
  3. Rebus menggunakan 5 gelas air.
  4. Lalu, airnya disaring.
  5. Minum 2-3 kali sehari
NB: Minum rutin untuk hasil yang maksimal, coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Mencegah Penyakit Stroke

Apakah daun binahong bisa mencegah penyakit stroke? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun binahong untuk mencegah penyakit stroke?! Berikut caranya:

  1. Sediakan umbi binahong sebanyak 3 potong.
  2. Kemudian, cuci hingga bersih.
  3. Rebus menggunakan 5 gelas air.
  4. Lalu, airnya disaring.
  5. Minum 2-3 kali sehari
NB: Minum rutin untuk hasil yang maksimal, coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Mengatasi Kanker

Apakah binahong bisa untuk mengatasi dan mencegah kanker? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun binahong untuk mengatasi kanker?! Berikut caranya:

  1. Sediakan 30 gram daun binahong kering
  2. Rebus di panci 1 liter air.
  3. Tunggu sampai mendidih.
  4. Sampai tersisa 600 mL air.
  5. Air rebusan tersebut diminum 3 kali sehari, dengan ukuran masing-masing sebanyak 200 mL.
NB: Minum secara rutin untuk hasil yang maksimal. Coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Luka Jahitan/Operasi

Apakah daun binahong bisa menyembuhkan luka operasi/jahitan?! Tentu bisa, lantas bagaimana cara mengobati luka dengan daun binahong?! Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan 20 lembar daun binahong.
  2. Kemudian, rebus sebanyak 20 lembar daun binahong tersebut dengan 3 gelas air.
  3. Lalu, rebus hingga hanya tersisa 2 gelas.
  4. Minum air rebusan tersebut.
NB: Minum secara rutin untuk hasil yang maksimal. Coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Asam Lambung/Maag

Apakah binahong bisa mengobati asam lambung/maag? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun binahong untuk obat asam lambung?! Berikut caranya:

  1. Sediakan daun binahong 5-10 helai.
  2. Cuci sampai bersih.
  3. Rebus daun binahong dengan air sebanyak 500ml.
  4. Kemudian, tunggu sampai mendidih.
  5. Minum air rebusan binahong sehari 2x secara rutin.
NB: Minum secara rutin untuk hasil yang maksimal. Coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Diet

Apakah binahong bisa untuk diet? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengkonsumsi daun binahong untuk diet?! Berikut caranya:

  1. Siapkan 20 lembar daun binahong.
  2. Kemudian, rebus sebanyak 20 lembar daun binahong tersebut dengan 3 gelas air.
  3. Lalu, rebus hingga hanya tersisa 2 gelas.
  4. Minum air rebusan tersebut sekali sehari.
NB: Minum secara rutin untuk hasil yang maksimal. Coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Menurunkan Tekanan Gula Darah/ Hipertensi

Apakah binahong bisa untuk menurunkan tekanan gula darah? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun binahong untuk menurunkan tekanan gula darah?! Berikut caranya:

  1. Pertama bersihkan semua daun bionahong hingga benar-benar bersih.
  2. Lalu, panaskan air tersebut
  3. Setelah itu masukan daun binahong ke dalam panci
  4. Lalu, rebus hingga mendidih
  5. Tunggu sampai air tersisa 600 ml
  6. Saring air rebusan
  7. Minum sebanyak 3 kali sehari
NB: Minum secara rutin untuk hasil yang maksimal. Coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Mengobati Gagal Ginjal

Apakah binahong bisa untuk mengobati penyakit ginjal? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun binahong untuk mengobati penyakit ginjal?! Berikut caranya:

  1. Sediakan umbi binahong sebanyak 3 potong.
  2. Kemudian, cuci hingga bersih.
  3. Rebus menggunakan 5 gelas air.
  4. Lalu, airnya disaring.Minum 2-3 kali sehari
NB: Minum secara rutin untuk hasil yang maksimal. Coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Mata Minus

Apakah binahong bisa untuk mengobati mata minus? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun binahong untuk mengobati mata minus?! Berikut caranya:

  1. Tumbuk halus daun binahong.
  2. Kemudian, kompreskan pada mata selama beberapa menit.
  3. Apabila sudah, cuci bersih dengan air mengalir.
NB: Aplikasikan pada wajah Anda secara rutin untuk hasil yang maksimal. Coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Kejantanan/Obat Kuat

Dilansir dari Kompasiana, eksistensi binahong seperti viagr4. Viagr4 adalah ob4t kuat ampuh yang menjadi andalan para pria dewasa. Menurut peleitian, melihat komposisi dan zat-zat yang terkandung didalamnya, daun binahong sangat berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas pria.

Apakah daun binahong bisa untuk obat kuat atau kejantanan? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun binahong untuk obat kuat atau kejantanan?! Berikut caranya:

  1. Siapkan 3 sampai 10 lembar daun binahong.
  2. Tambah 2 gelas air.
  3. Rebus sampai hanya tersisa 1 gelas.
  4. Minum 2-3 kali sehari.
NB: Minum secara rutin untuk hasil yang maksimal. Coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Mengurangi Kadar Kolesterol

Apakah daun binahong bisa mengurangi kadar kolesterol? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun binahong untuk mengurangi kolesterol?! Berikut caranya:

  1. Sediakan umbi binahong sebanyak 3 potong.
  2. Kemudian, cuci hingga bersih.
  3. Rebus menggunakan 5 gelas air.
  4. Lalu, airnya disaring.
  5. Minum 2-3 kali sehari
NB: Minum secara rutin untuk hasil yang maksimal. Coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Memutihkan Wajah/Kecantikan

Apakah daun binahong bisa memutihkan wajah dan tampil cantik? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun binahong untuk memutihkan wajah dan tampil cantik?! Berikut caranya:

  1. Tumbuk/hancurkan daunnya.
  2. Lalu, jadikan masker selama satu malam.
  3. Bilas ketika mandi pagi keesokan harinya.
NB: Praktekkan ke wajah Anda secara teratur dan rutin untuk hasil yang maksimal. Coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Menghilangkan Flek Hitam, Jerawat dan Bekasnya

Apakah daun binahong bisa menghilangkan flek hitam, jerawat dan bekasnya? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun binahong untuk menghilangkan flek hitam, jerawat dan bekasnya?! Berikut caranya:

  1. Sediakan daun binahong secukupnya.
  2. Tumbuk/Hancurkan daun binahong.
  3. Kemudian, tempelkan pada wajah sekitar 10 menit. Selain itu, Anda juga bisa merebus 8 helai daun binahong kemudian rebus sampai mendidih. Setelah itu, minum air rebusan daun binahong sekali setiap hari hingga jerawat membaik.
NB: Praktekkan ke wajah Anda secara teratur. Jangan lupa minum secara rutin untuk hasil yang maksimal. Coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Apakah daun binahong bisa menjaga kebugaran tubuh? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengkonsumsi daun binahong untuk menjaga kebugaran tubuh?! Berikut caranya:

  1. Rebus umbi binahong dengan 5 gelas air
  2. Lalu, saring rebusan tersebut.
  3. Apabila Anda akan meminumnya, tambahkan madu dan telur.
NB: Minum secara rutin untuk hasil yang maksimal. Coba konsultasikan ke dokter atau diskusi dengan saya di nomor wa yang tertera atau komentar di bawah artikel.

Jual Bubuk, Kapsul, Masker & Bibit Tanaman Daun Binahong

cara mengolah daun binahong secara baik dan benar
tokopedia.com 

Tak hanya cara mengolah daun binahong untuk sakit pinggang, asam lambung dan khasiat lainnya saja yang Anda dapatkan, Anda bisa mencoba untuk menanam tanaman daun binahong.

Bingung mau beli dimana?! Tenang, kami jual bibit tanaman daun binahong dengan harga terjangkau, pengiriman express, pelayanan ramah, profesional dan balas chat fast respon 24 jam.

Apabila Anda order minimal 10 pcs Anda akan mendapatkan diskon. Semakin banyak order semakin besar pula potongan harga yang akan Anda dapatkan. Segera hubungi Nomor WhatsApp 081357945866.

NB: Untuk order bubuk, kapsul dan masker daun binahong bisa Anda tanyakan ke nowor WA yang tertera.

Pertanyaan Umum

trik mengolah dan mengkonsumsi daun binahong
ilmusiana.com

Bagaimana cara mengolah biji binahong merah?!

  1. Semai biji di media lembab dan gembur.
  2. Letakkan media ditempat teduh.
  3. Jaga media jangan sampai kering.
  4. Apabila sudah besar, perawatan cukup disiram 1x sehari.

Apa Pantangan minum daun binahong?!

Pantangan atau efek samping yang dilahirkan dari daun binahong ada banyak. Pantangannya adalah mual, gelisah, pusing dan insomnia.

Darimana asal tanaman binahong?!

Dilansir dari kompasiana, binahong adalah tumbuhan yang telusur ternyata berasal dari Pulau Pasifik, New Zealand, Hawaii, Afrika Selatan, Australia dll. Tumbuhan ini mudah tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dalam lingkungan yang dingin dan lembab.

Daun binahong bisa tumbuh dimana?!

Binahong yang mempunyai nama latin Bassela rubra linn atau biasa disebut dengan Deng san chi di Cina, merupakan tanaman obat yang tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Bolehkah minum air rebusan daun binahong saat menyusui?

Daun binahong tidak cocok dikonsumsi ibu hamil. Ini adalah salah satu efek samping dari daun binahong. Oleh karena itu, ibu hamil tak direkomendasikan untuk mengkonsumsi racikan daun binahong baik dari daun, batang, maupun umbinya.

Video Cara Mengolah Daun Binahong Ampuh

Semoga dengan video di atas kita semakin mengerti akan manfaat dan cara mengolah daun binahong dalam bentuk apapun.

Penutup

Pada bab cara mengolah daun binahong kali ini ada yang mau ditanyakan, monggo bisa koment di bawah, oke? Semoga bermanfaat, mohon maaf apabila admin ada salah kata. Sebab manusia tak akan luput dari kesalahan dan lupa. Sekian, terima kasih.

Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi
DomaiNesia

Tinggalkan Balasan