Rasyaa Waktuku tidak lama, semoga bisa bermakna untuk semesta Lescazia.

Cara Mengolah Daun Kelor

10 min read

cara mengolah daun kelor yang baik dan benar

Lescazia.com- Hai sobat, gimana kabarnya semua? Semoga kamu sekeluarga selalu sehat dan semangat dalam melakukan segala aktivitas. Tahukah Anda bagaimana cara mengolah daun kelor yang baik dan benar?!

Daun kelor memiliki banyak khasiat yang luar biasa diantaranya, untuk obat diabetes, asam urat, kolesterol, mata, obat darah tinggi, promil, kanker dan kecantikan.

Pada kesempatan kali ini admin akan menyajikan artikel tentang daun kelor mulai dari manfaat, efek samping, cara mengolahnya menjadi obat hingga ide untuk menanam bibit daun kelor.

Apa itu Daun Kelor?!

Cara Mengolah Daun Kelor untuk diabetes, asam urat, kolesterol, mata, obat darah tinggi, promil, kanker, kecantikan lengkap.
Gambar oleh Sapna Vibhandik dari Pixabay
Nama latin Kelor dikenal dengan nama Moringa oleifera. Masyarakat Melayu dan Indonesia sering menyebutnya kelor.

Dilansir dari Wikipedia, Merunggai atau Kelor (Moringa oleifera) merupakan salah satu jenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini dikenal dengan nama lain seperti:

  • moringa
  • malunggay di Filipina
  • horseradish tree
  • drumstick
  • limaran
  • ben-oil

Kelor merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat, tahan kondisi panas ekstrim, berbunga sepanjang tahun dan berumur panjang. Tanaman ini berasal dari daerah subtropis dan tropis di Asia Selatan.

Secara umum, tanaman ini dimanfaatkan untuk menjadi obat dan pangan di Indonesia. Biji kelor juga dimanfaatkan sebagai penjernih air dalam skala kecil.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor


  • Magnesium: 8% RDA
  • Vitamin A (dari beta-karoten): 9 % dari AKG
  • Ribovlavin (B2): 11% dari RDA
  • Besi: 11% dari AKG
  • Vitamin C: 12% dari AKG
  • Bitamin B6: 19% dari AKG (Angka kecukupan gizi)
  • Protein: 2 gram

Ciri-Ciri & Morfologi Daun Kelor

langkah Mengolah Daun Kelor untuk diabetes, asam urat, kolesterol, mata, obat darah tinggi, promil, kanker, kecantikan lengkap.
nusadaily.com
  • Daun kelor muda berwarna hijau.
  • Daun kelor tegolong sebagai daun majemuk.
  • Daun kelor berukuran kecil dan berbentuk bulat.
  • Tangkai daun kelor memanjang.
  • Jumlah anak daun mesti ganjil.
  • Batang tanaman daun kelor tegak, berkayu, warnanya putih keabuan.
  • Tinggi batang 7-11 meter.
  • Akan sedikit menggelap apabila usianya sudah tua.
  • Tudung pelepah bunga berwarna hijau.
  • Bunga tumbuhan berwarna putih kekuningan.
  • Bunga ini aromanya kuat dan mekar setiap tahun.
  • Kelor adalah jenis tumbuhan perdu berumur panjang.
  • Kelor (Moringa oleifera Lamk.) adalah tumbuhan yang berasal dari dataran sepanjang Himalaya yaitu India, Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan.
  • Cenderung tumbuh memanjang dan lurus.
  • Mudah patah dan berkulit tipis.
  • percabangan miring atau tegak.
  • Kelor berwarna putih
  • berakar tunggang
  • berbentuk seperti lobak
  • berasa pedas
  • berbau tajam

Manfaat Daun Kelor

bagaimana Mengolah Daun Kelor untuk diabetes, asam urat, kolesterol, mata, obat darah tinggi, promil, kanker, kecantikan lengkap.
tokopedia.com

Baik Untuk Anak yang Malnutrisi


Malnutrisi adalah tidak seimbangnya asupan gizi yang diperoleh si anak. Malnutrisi ini dapat membuat tumbuh kembang anak bermasalah.

Malnutrisi disebabkan oleh kurangnya asupan ASI ibu, minum alkohol, masalah pada sistem pencernaan, tidak seimbangnya energi yang keluar dan masuk ke tubuh, masalah kesehatan mental dan karenapola makan yang buruk.

Baik Untuk Wanita yang Menopause


Menopause adalah kondisi dimana wanita sudah tidak lagi mengalami haid atau menstruasi. Daun kelor berkhasiat untuk wanita yang menopause. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara daun kelor dijadikan bubuk.

Mencegah Anemia


Anemia adalah kekurangan sel darah merah. Daun kelor memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia.

Baik Untuk Jantung


Daun kelor bisa diolah menjadi banyak macam, salah satunya ekstrak. Ekstrak dari daun kelor berkhasiat untuk mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung karena naiknya kadar trigliserida dan kolesterol di tubuh.

Baik Untuk Daya Ingat


Daun kelor memiliki kandungan zat antioksidan dan zat-zat kimia yang berkhasiat untuk mengurangi peradangan di otak dan meredakan stres. Hal inilah yang membuat daun kelor baik untuk daya ingat.

Mengatasi Penyakit Kanker


Daun kelor mampu memperlambat pertumbuh sel kanker dalam tubuh. Kanker apapun, baik kanker payudara, otak dll Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi daun kelor entah dalam bentuk jus dan sayuran.

Melindungi Tubuh dari Racun Arsenik


Olahan daun kelor mampu melindungi tubuh dari racun arsenik.

Menurunkan Kolesterol


Kolesterol adalah hal yang perlu diwaspadai orang dewasa. Sebab semakin tinggi kolesterol semakin besar pula potensi orang terjangkit diabetes, stroke dsb.

Menurunkan Kadar Gula


Dibalik teh yang sering kita seduh, dibalik manisan yang kita makan, dibalik asupan nasi setiap hari. Tahukah Anda bahwa nasi yang setiap 3 kali sehari kita makan mengandung gula?!

Bagaimnana cara kita untuk mengurangi kadar gula dalam tubuh?! Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi daun kelor.

Kaya Akan Antioksidan


Zat antioksidan mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas yang terlalu tinggi menyebabkan penyakit jantung dan diabetes mellitus.

Nutrisi Bagi Tubuh


Daun kelor memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh diantaranya: Magnesium, Vitamin A, Riboflavin, Zat besi, Vitamin C, Vitamin B6 dan Protein.

Efek Samping Mengkonsumsi Daun Kelor

langkah Mengolah Daun Kelor untuk diabetes,
agrifood.id
Apa efek samping daun kelor?! Dibalik ribuan khasiat pada tanaman ini, daun kelor juga memiliki efek samping yang perlu kita ketahui. Kenapa lahir efek samping?! Efek samping terjadi karena pengonsumsian daun kelor berlebihan atau setiap hari.

Alergi

Salah satu khasiat daun kelor adalah sebagai masker untuk kecantikan wajah wanita. Meski begitu, perlu diketahui pula berapa kadar yang pas dan berapa kali seminggu pemakaiannya serta kapan saja waktunya.

Tidak boleh sembarangan menggunakan olahan daun kelor! Akibatnya bisa alergi di wajah. Betul, yang anda inginkan menjadi cantik dan menawan, namun apabila penggunaannya secara berlebihan ya tidak baik untuk wajah.

Berbahaya Bagi Kandungan

Untuk keseburan wanita sangat baik menggunakan ekstrak daun kelor. Namun, ekstrak daun kelor ini memiliki efek samping yang berbahaya yakni keguguran pada janin.

Kenapa bisa terjadi?! Karena mengkonsumsi secara berlebihan daun kelor itu tidak baik bagi tubuh terutama dalam hal ini wanita.

Kerusakan Pada Ginjal dan Hati

Meskipun khasiat tama daun kelor adalah sebagai pengobatan, namun apabila dikonsumsi dalam jangka panjang akan berakibat fatal pada organ tub terutama ginjal dan hati.

Kondisi inilah yang membuat orang-orang waspada dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi daun kelor.

Diare

Efek samping lainnya adalah diare. Daun kelor direkomendasikan untuk orang yang sedang mengalami sembelit atau sulit buang air besar.

Maka apabila anda sedang diare alangkah baiknya untuk menghindari daun kelor.

Hipoglikemia

Tentu sebelumnya Anda sudah tahu tentang manfaat daun kelor yakni menurunkan kadar gula pada penderita diabetes. Namun, tahukah Anda apabila penderita diabetes mengkonsumsi daun kelor secarfa berlebihan akan menyebabakan dia terjangkit hipoglikemia.

Hipoglikemia adalah lawannya diabetes yakni kondisi dimana tubuh kekurangan kadar gula dalam darah.

Memperlambat Detak Jantung

Apabila daun kelor dikonsumsi secara berlebihan maka jantung akan berdetak lebih lama bahkan sampai kurang dari 60 denyut dalam 1 menit.

Kenapa ini terjadi?! Karena daun kelor memiliki kandungan alkaloid. Jika Anda mengkonsumsinya secara rutin Anda tidak akan mengalami penyakit ini.

Menurunkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi daun kelor secara berlebihan juga mengakibatkan tekanan darah rendah. Kenapa ini bisa terjadi?! Ini terjadi karena kandungan zat antioksidan dan alkaloid di dalamnya.

Oleh karena itu, pengonsumsian daun kelor tidak direkomendasikan untuk Anda yang sedang dalam kondisi tekanan darah rendah.

Klasifikasi Ilmiah Daun Kelor

cara membuat Daun Kelor untuk diabetes,
123rf.com
KingdomPlantae
Divisio Magnoliophyta
Class Magnoliopsida
Ordo Brassicales
Famili Moringaceae
Genus Moringa
Spesies Moringa oleifera L.

Nama Lokal Daun Kelor

langkah Mengolah Daun Kelor untuk diabetes,
indiamart.com
Kelor Lampung, Bali, Sunda, Jawa, Indonesia
KerolBuru
OnggeBima
KawanoSumba
KeloroBugis
KeloGorontalo
MoltongFlores
MarangghiMadura
Hau foTimor

Cara Mengolah Daun Kelor Untuk Kesehatan

trik Mengolah Daun Kelor untuk diabetes,
dreamstime.com

Untuk Diabetes

Apakah daun kelor bisa menyembuhkan diabetes? Sangat bisa, lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk diabetes. Sederhana, cukup jadikan daun kelor menjadi lalapan. Berikut langkah-langkahnya

  1. Sediakan segenggam tangan atau 10 -15 gram daun kelor.
  2. Cuci daun kelor hingga bersih, namun jangan diremas supaya daun kelor tetap segar.
  3. Rebus daun kelor, apabila bisa menggunakan alat yang terbuat dari gerabah.
  4. Masukkan daun kelor tersebut dengan 3 gelas air.
  5. Kemudian, tunggu sampai mendidih, hingga air menyusut tinggal 1 gelas.
  6. Lalu, ulangi satu kali lagi di sisa rebusan kedua, perebusan dilakukan berulang supaya senyawa yang terkandung dalam bahan herbal seluruhnya larut dalam air.
  7. Setelah matang, selanjutnya angkat kemudian saring.
  8. Tunggu hingga hangat.
  9. Terakhir, minumlah secara rutin 3 kali sehari masing-masing satu gelas.
NB: Lakukan kira-kira 2-4 minggu.

Untuk Kelenjar Getah Bening

Apakah daun kelor bisa menyembuhkan penyakit kelenjar getah bening? Sangat bisa, lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk menyembuhkan penyakit kelenjar getah bening.

Caranya adalah diambil ekstrak dari daun kelor tersebut, kemudian dikonsumsi rutin setiap hari.

Untuk Asam Lambung

Apakah daun kelor bisa mengatasi penyakit lambung atau maag?! Sangat bisa, lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk mengobati maag. Berikut langkah-langkahnya?

  1. Sediakan daun kelor hijau tua yang sudah dikeringkan terlebih dahulu.
  2. Jangan menjemur daun kelor dengan cara langsung oleh sinar matahari ataupun dioven.
  3. Setelah siap, hancurkan daun kelor tersebut sampai benar-benar halus.
  4. Apabila telah merata dan halus, simpan tumbukan tersebut di dalam wadah kering yang tertutup rapat.
  5. Kemudian seduh tumbukan daun kelor tersebut secara rutin setiap harinya.

Untuk Cacingan

Apakah daun kelor bisa mengatasi penyakit cacingan?! Sangat bisa, lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk cacingan. Berikut langkah-langkahnya?

  1. Sediakan 1-2 batang meniran, 1 gagang daun cabai dan 3 gagang daun kelor.
  2. Semua bahan dicampur aduk dengan 2 gelas air putih.
  3. Angkat setelah air yang tersisa hanya 1 gelas.
  4. Saring air hasil bahan campuran tersebut.
  5. Hasil saringan tersebut diminum sampai habis.
NB: Minum rutin ramuan tersebut pagi dan sore 2 kali sehari selama sakit cacingan.

Untuk Alergi/Biduran

Apakah daun kelor bisa mengatasi penyakit alergi?! Sangat bisa, lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk alergi. Berikut langkah-langkahnya?

Cara mengkonsumsinya adalah dengan bentuk kapsul daun kelor. Konsumsi secara rutin 6 kapsul sehari selama masih sakit.

Untuk Rabun Ayam

Apakah daun kelor bisa menyembuhkan rabun ayam?! Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana langkah-langkahnya?! Berikut caranya:

  1. Sediakan 3 gagang daun kelor.
  2. Tumbuk halus daun kelor.
  3. Seduh dengan 1 gelas air hangat.
  4. Saring air tersebut.
  5. Campur dengan madu, kemudian aduk secara merata.
NB: Direkomendasikan minum ramuan ini setiap sebelum tidur.

Untuk Obat Sulit Kencing

Apakah daun kelor bisa menyembuhkan rabun ayam?! Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk obat sulit kencing?! Berikut caranya:

  1. Sediakan wortel yang telah diparut atau sari buah ketimun dan 1 sendok sari daun kelor.
  2. Campur dan tambahkan 1 gelas air.
  3. Aduk hingga rata.
  4. Saring air tersebut dan minum setiap hari.
NB: Minum secara rutin sampai sembuh.

Untuk Sakit Mata (Kesehatan Mata)

Apakah daun kelor bisa menyembuhkan mata yang sakit?! Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk mengobati sakit mata?! Berikut caranya:

  1. Sediakan 3 gagang daun kelor.
  2. Tumbuk daun kelor sampai halus.
  3. Aduk dengan 1 gelas air sampai rata.
  4. Biarkan sebentar.
  5. Tunggu ampasnya sampai mengendap.
NB: Air ramuan tersebut digunakan untuk obat tetes mata.

Untuk Pegal Linu, Nyeri, Rematik

Apakah daun kelor bisa menyembuhkan penyakit rematik?! Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk pegal linu, nyeri dan rematik?! Berikut caranya:

  1. Sediakan setengah sendok makan kapur sirih dan 3 gagang daun kelor.
  2. Tumbuk halus dua bahan tersebut sampai halus.
  3. Cara penggunaannya: Oleskan hasil tumbukan tadi ke bagian yang terasa nyeri.
NB: Lakukan rutin setiap hari.

Untuk Sakit Kuning

Apakah daun kelor bisa menyembuhkan sakit kuning?! Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk obat sakit kuning?! Berikut caranya:

  1. Sediakan bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain, 1 gelas air kelapa hijau, 1 sendok makan madu dan 3-7 gagang daun kelor.
  2. Tumbuk sampai halus daun kelor.
  3. Beri satu gelas air kelapa kemudian saring.
  4. Lalu, tambahkan 1 sendok makan madu.
  5. Aduk hingga merata.
  6. Siap diminum.
NB: Lakukan secara rutin sampai sembuh.

Untuk Kanker Serviks

Apakah daun kelor bisa menyembuhkan kanker? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk obat kanker?! Berikut caranya:

  1. Sediakan daun kelor secukupnya.
  2. Cuci sampai bersih daun tersebut sampai bersih.
  3. Rebus menggunakan air mentah di panci atas kompor.
  4. Minum air rebusan tersebut.
NB: Lakukan secara rutin sesuai arahan dokter.

Untuk Menurunkan Kolesterol

Apakah daun kelor bisa menyembuhkan kolesterol? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk obat kolesterol?! Caranya cukup mudah yakni diseduh seperti ingin minum teh.

NB: Minum secara rutin sesuai arahan dokter.

Untuk Promil

Apakah daun kelor bisa untuk rahim ibu yang sedang promil? Jawabannya tentu bisa. Lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk promil?! Caranya cukup mudah yakni jadikan daun kelor sebagai sayur dalam masakan. Anda bisa memasak sendiri atau beli di warung makan.

Untuk Mengobati Penyakit Arthitis

Apakah daun kelor bisa menyembuhkan penyakit arthitis?! Sangat bisa, lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk mengobati penyakit arthitis. Caranya adalah dengan mengkonsumsi akar dan ekstrak daun kelor.

Untuk Asam Urat

Apakah daun kelor bisa menyembuhkan penyakit asam urat?! Sangat bisa, lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk mengobati penyakit asam urat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Sdaun kelor secukupnya.
  2. Bersihkan daun kelor dengan air hangat.
  3. Bersihkan dengan air hangat air mengalir ketika mencuci.
  4. Di tahap kedua setelah dibersihkan diamkan sejenak daun kelor hingga mengering.
  5. Kemudian, setelah daun kelor kering, hancurkan atau tumbuk menggunakan alat penumbuk. Pastikan alat penghancur bersih dari kotoran.
  6. Berikutnya, simpan di tempat tertutup.
  7. Terakhir, serbuk daun kelor yang dihaluskan dan dihancurkan siap untuk dikonsumsi.
NB: Cara menggunakannya, Anda bisa memadukan dengan minuman atau makanan.

Untuk Kecantikan

Apakah daun kelor bisa mempercantik wajah wanita?! Sangat bisa, lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk kecantikan. Berikut langkah-langkahnya?

  1. Sediakan beberapa lembar daun kelor
  2. Keringkan daun kelor tersebut
  3. Setelah kering, hancurkan atau tumbuk sampai halus menjadi bubuk
  4. Larutkan bubuk daun kelor menggunakan air sampai menjadi pasta
  5. Lalu, oleskan masker daun kelor pada wajah hingga merata
  6. Biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bersihkan wajah anda menggunakan air hangat sampai bersih.
NB: Lakukan secara rutin 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Untuk Darah Tinggi

Apakah daun kelor bisa menurunkan darah tinggi?! Sangat bisa, lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk darah tinggi.

Caranya cukup mudah yakni jadikan daun kelor sebagai sayur dalam masakan contoh sayur bening. Anda bisa memasak sendiri atau beli di warung makan.

Untuk Luka Nanah

Apakah daun kelor bisa menyembuhkan luka nanah?! Sangat bisa, lantas bagaimana cara mengolah daun kelor untuk luka nanah. Berikut langkah-langkahnya?

  1. Sediakan 3-7 gagang daun kelor.
  2. Remas-remas daun kelor sampai cairannya keluar.
  3. Kemudian, tempel ke bagian tubuh Anda yang terluka.
NB: Lakukan secara rutin 2-3x sehari untuk hasil yang maksimal terutama setelah mandi dan mau tidur.

Jual Bubuk, Kapsul, Masker & Bibit Tanaman Daun Kelor

123rf.com

Tak hanya cara mengolah daun kelor untuk penyakit kanker dan khasiat lainnya saja yang Anda dapatkan, Anda bisa mencoba untuk menanam tanaman daun kelor.

Bingung mau beli dimana?! Tenang, kami jual bibit tanaman daun kelor dengan harga terjangkau, pengiriman express, pelayanan profesional dan balas chat fast respon 24 jam.

Apabila Anda order minimal 10 pcs Anda akan mendapatkan diskon. Semakin banyak order semakin besar pula potongan harga yang akan Anda dapatkan. Segera hubungi Nomor WhatsApp 081357945866.

NB: Untuk order bubuk, kapsul dan masker daun kelor bisa Anda tanyakan ke nowor WA yang tertera.

Pertanyaan Umum

vegetables24x7.com

Bagaimana Cara Buat Rebusan Daun Kelor?!

  1. Pertama, siapkan daun kelor secukupnya.
  2. Kemudian, cuci daun-daun tersebut sampai bersih.
  3. Siapkan air mentah dalam panci.
  4. Masukkan daun ke panci, rebus.
  5. Sampai mendidih, matikan kompor.
  6. Saring daun tersebut.
  7. Air rebusan daun kelor siap diminum.

Apa Julukan Daun Kelor?!

Daun kelor terkenal dikonsumsi dengan meningkatkan jumlah ASI pada ibu menyusui dan sayuran. Daun kelor mendapat julukan dari Filipina mother’s best friend. Kenapa mendapat julukan ini?!

Karena daun kelor mengandung unsur zat gizi mikro yang dibutuhkan ibu hamil seperti, vitamin C,zink, magnesium, fosfor, zat besi, kalsium, beta (B3).

Dengan nutrisi yang tinggi Filipina menjadikan daun kelor sebagai alternatif untuk meningkatkan status gizi ibu hamil.

Berbeda dengan Mesir, Yunani dan Romawi, mereka menggunakan ekstrak minyak dari biji sebagai lotion kulit dan parfum. Sebab di Mesir cuacanya sangat menyengat maka orang Mesir menggunakan ini untuk melindungi kulitnya.

Apa Manfaat Biji Kelor Kering?!

Manfaat biji kelor kering diantaranya mempercantik kulit, menjaga kesehatan, menurunkan gula darah, meningkatkan energi, membuat tidur lebih nyenyak dan menurunkan tekanan darah.

Apa Saja Olahan Daun Kelor?!

Daun kelor bisa diolah menjadi sayuran saat sarapan pagi dan makan siang. Tak hanya itu daun kelor juga bisa diolah menjadi bahan rebusan air dan seduhan teh.

Video Manfaat Tumbuhan Daun Kelor

Semoga dengan video di atas kita semakin mengerti akan manfaat dan cara mengolah daun kelor dalam bentuk apapun.

Penutup


Pada bab cara mengolah daun kelor kali ini ada yang mau ditanyakan, monggo bisa koment di bawah, oke? Semoga bermanfaat, mohon maaf apabila admin ada salah kata. Sebab manusia tak akan luput dari kesalahan dan lupa. Sekian, terima kasih.

Rasyaa Waktuku tidak lama, semoga bisa bermakna untuk semesta Lescazia.

Tinggalkan Balasan