Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

Daur Hidup Hewan

8 min read

daur hidup hewan metamorfosis

Lescazia.com- Hai sobat, gimana kabarnya semoga kamu sekeluarga senantiasa dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Tuhan. Apa yang dimaksud dengan daur hidup hewan?!

Tentu setiap makhluk hidup akan mengalami hal ini, meskipun setiap hewan berbeda-beda prosesnya. Kita akan belajar bagaimana proses kehidupan hewan dari lahir sampai dewasa.

Mari kita mengenal daur hidup hewan!

Pengertian Daur Hidup Hewan

Daur hidup hewan adalah proses dimana hewan mengalami perubahan bentuk tubuh dalam hidupnya.

Ini adalah materi kelas 4 SD pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan akan diulang di SMP hingga SMA. Setiap hewan memiliki siklusnya masing-masing. Ada yang dari tahap telur, larva sampai dewasa.

Adapula yang dari tahap ulat hingga menjadi hewan yang indah.

Metamorfosis Menurut Wikipedia

Metamorfosis adalah sebuah proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan suatu perubahan penampilan struktur dan fisik setelah penetasan/kelahiran. Perubahan fisik itu terjadi karena differensiasi sel dan pertumbuhan sel yang secara radikal dan sangat berbeda.

Apa itu metamorfosis?! Secara singkat metamorfosis adalah perubahan bentuk yang dialami hewan sepanjang hidupnya sejak lahir sampai dewasa.

Peta Pikiran Siklus Hidup Hewan

Hewan sebagai salah satu makhluk hidup yang menjadi bagian dari komponen ekosistem yang membutuhkan lingkungan yang baik untuk berkembangbiak.

Dalam siklus hidup hewan, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk dari masa ke masa, namun adapula yang tidak mengalami perubahan bentuk. Jadi, hanya bertambah besar saja ukuran tubuhnya.

Nah, hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam pertumbuhannya biasa disebut dengan metamorfosis.

Tahukah anda ternyata metamorfosis dibagi menjadi 2 yakni metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna?! Admin akan menjelaskan kedua hal tersebut dan memberikan contohnya.

Siklus Hidup Hewan Dengan Metamorfosis

Metamorfosis berasal dari bahasa Yunani yakni “Greek”. Meta (sebelah, sekitar, diantara), morphe (bentuk), osis (bagian dari), intinya metamorphosis iaalah sebuah perubahan bentuk selama perkembangan postembrionik. Hewan yang mengalami suatu metamorphosis cukup banyak, beberapa diantaranya adalah Serangga, Kupu-kupu dan Katak.

Jenis-Jenis Metamorfosis

Beberapa tunicata, echinodermata, crustacea, mollusca, amfibi dan serangga yang mengalami sebuah proses yang namanya metamorfosis, biasanya tidak selalu disertai dengan berubahnya kelakuan atau habitat.

Metamorfosis utama serangga terbagi menjadi 2 macam yakni, holometabolisme dan hemimetabolisme. Metamorfosis terbagi menjadi 2 jenis:

Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna (holometabloisme) adalah suatu proses perubahan bentuk atau metamorfosis yang melalui 4 tahap yakni, telur-larva-pupa-imago (dewasa). Berikut penjelasannya: Beberapa contoh metamorfosis sempurna antara lain, kupu-kupu, nyamuk, katak dan lalat.

  • Tahap Telur. Induk hewan betina menaruh telur-telur hasil pembuahannya di tempat yang cocok dengan habitatnya. Contoh, kupu-kupu menaruh telur-telurnya di daun, kenapa?! Karena fase setelah telur akan menjadi hewan muda atau biasa disebut dengan larva yang notabene dia memakan tumbuhan. Begitu juga yang terjadi pada nyamuk, induk nyamuk akan menaruh telur-telurnya di permukaan air yang tenang. Hal ini disebabkan karena telur akan menetas menjadi hewan muda atau larva.
  • Tahap Larva. Di tahap ini hewan muda atau larva juga sangat aktif makan. Induk hewan betina akan menaruh telur-telur ditempat yang cocok dengan makanannya. Ulat, hewan muda dari kupu- kupu mampu menghabiskan dedaunan dimana ia hinggap/berada. Larva yang telah mempunyai rangka luar atau eksoskleton, seperti yang terjadi pada serangga, ia akan mengalami molting/eksidis/ pergantian kulit. Perkara ini disebabkan ukuran tubuhnya semakin besar hingga dibutuhkan suatu eksoskleton yang baru untuk ukuran tubuhnya yang membesar. Pergantian kulit ini bisa terjadi hingga beberapa kali dan pada waktu yang telah ditentukan larva akan berhenti dari makan dan lanjut ke tahap berikutnya, yaitu menjadi pupa. Perubahan ini bisa dikendalikan oleh hormonal di dalam tubuh larva.
  • Tahap Pupa. Kepompong atau pupa ialah tahap transisi. Tubuh kepompom dilindungi oleh eksoskleton/rangka luar yang keras dengan nama lain kokon. Di tahap ini, sebagian besar serangga terdapat di dalam kondisi makan/inaktif. Di balik fase kokon, tubuh pupa lebih aktif melakukan metabolisme pembentukan organ—organ dan bentuk dewasanya. Kebutuhan energi yang didapat dari simpanan cadangan makanan dalam tubuh larva. Pada masa pupa ini hewan akan lebih aktif makan.
  • Tahap Dewasa/Imago. Hingga pada masa yang sudah ditentukan, pupa akan bertransformasi dari tempurungnya menjadi hewan dewasa (imago) dengan bentuk yang sangatlah berbeda. Di tahap ini, imago mempunyai cara makan dan habitat yang sangat berbeda darilarva. Tahap imago ini adalah tahap reproduksi dimana hewan dewasa akan saling melakukan perkawinan (betina dan jantan) yang akan melahirkan ratusan telur dan akan mengulangi sikusnya.

Contuh Hewan Metamorfosis Sempurna

Terdapat beberapa hewan yang mengalami metamorfosis sempurna sepanjang hidupnya. Berikut 4 contoh hewan, fase-fase dan penjelasannya:

Daur Hidup Nyamuk

Proses metamorfosis sempurna pada nyamuk ini terjadi dari pembuahan sel antara spermatozoa nyamuk jantan dan sel telur nyamuk betina yang akhirnya menjadi zigot.

Dari pembuahan tersebut menghasilkan telur. Oleh induk nyamuk betina telur-telur tersebut diletakkan di permukaan air. Kenapa diletakkan di permukaan air? Hal ini disebabkan oleh penyesuaian hewan terhadap habitatnya.

Oleh karena nyamuk habitatnya di permukaan air yang tenang dengan kelembapan yang tinggi, maka telur-telur hasil pembuahannya juga diletakkan di situ.

Di tahap telur ini, air sangat berpengaruh bagi siklus hidup nyamuk. Apabila permukaan air mengering maka telur nyamuk akan mati. Estimasi waktu penetasan telur nyamuk menjadi larva 2-3 hari.

Setelah menjadi larva, calon nyamuk akan berubah menjadi pupa, kalau bahasa kupu-kupu adalah kepompong. Berapa lama face larva pada nyamuk? Estimasi waktu 8-10 hari.

Waktu inipun juga dipengaruhi lingkungan sekitar dan spesies nyamuk itu sendiri. Sebab nyamuk juga memiliki banyak spesies.

Seiring berjalannya waktu, calon nyamuk akan berumur muda hingga dewasa.

Setelah nyamuk matang, mereka akan kawin seperti tadi yang telah dijelaskan di awal, nyamuk akan mengalami pembuahan dan menghasilkan telur. Terus begitu, berulang-ulang kehidupan nyamuk.

Proses siklus hidup nyamuk: telur–larva–pupa–nyamuk muda–nyamuk dewasa.

Siklus Hidup Kupu-Kupu

Seperti halnya nyamuk, induk kupu-kupu akan menaruh telur-telur hasil pembuahannya di tempat yang sering ia singgahi yakni di daun dan tidak sembarang daun yang akan dia beri tempat untuk calon ulat, sebab setiap kupu-kupu memiliki favorit daun maisng-masing.

Telur tersebut warnanya putih dan memiliki ukuran yang sangat kecil. Berapa lama proses telur kupu-kupu? Estimasi waktu yang dibutuhkan telur untuk bertransformasi menjadi ulat 3-5 hari. Saat dia keluar dia akan meretakkan telurnya.

Kemudian, tiba di tahap larva atau kalau bahasa kupu-kupu adalah ulat. Dimana fase ini banyak orang yang merasa jijik. Ulat makan dedaunan yang dia tempati. Pertumbuhan ulat sangat cepat.

Dalam petumbuhan tersebut akan ditandai dengan bergantinya kulit molting atau kulit. Biasanya ulat berganti kulit 4-6 kali, setelah itu dia akan berhenti makan dan mencari tempat berlindung untuk bertransformasi menjadi kepompong.

Kepompong mempunyai struktur kulit yang keras, halus, berwarna hijau atau coklat. Jika kita pernah melihatnya tentu kita akan beranggapan bahwa si kepompong sedang istirahat.

Jawabannya tidak, sesungguhnya kepompong sedang melakukan proses perubahan wujudnya menjadi kupu-kupu. Lantas berapa lama fase kepompong pada kupu-kupu.

Estimasi yang dibutuhkan untuk menjadi sosok hewan yang cantik, kepompong memerlukan waktu 7-20 hari tergantung spesies kupu-kupu itu sendiri.

Tiba saatnya, kepompong bertransformasi menjadi kupu-kupu. Awal kehidupan kupu-kupu, sayapnya basah, dia harus mengeringkannya terlebih dahulu sehingga dia bisa terbang dengan normal.

Proses siklus hidup kupu-kupu: telur–larva/ulat–pupa/kokon/kepompong–kupu-kupu muda–kupu-kupu dewasa.

Daur Hidup Katak

Tidak hanya nyamuk dan kupu-kupu, katak juga awal kehidupannya diawali dengan sebutir telur. Estimasi waktu yang dibutuhkan telur untuk menjadi larva/berudu/kecebong dalam air adalah 21 hari.

Di fase selanjutnya yakni kecebong, dia akan belajar untuk mencari makan sendiri. Cara bernapas kecebong adalah dengan insang. Kecebong menggunakan ekornya untuk berenang.

Hari demi hari kecebong semakin tumbuh dewasa atau katak muda. Kemudian, saat katak sudah dewasa, ekornya akan masuk kedalam adalah pertanda telah mencapai tahap akhir dari metamorfosis katak.

Proses siklus hidup katak: telur–larva/kecebong/berudu–katak berekor-katak muda-katak dewasa.

Siklus Hidup Lalat

Lalat habitatnya di tempat yang kumuh seperti, di kotoran manusia, bangkai hewan dan tong sampah. Karena lalat hidup di tempat-tempat yang kumuh maka lalat juga akan meletakkan telur-telurnya di tempat tersebut.

Mungkin diantara kita sering bertanya-tanya. Kenapa lalat meletakkan telur-telurnya di tempat yang kumuh?! Jawabannya adalah karena bagi lalat tong sampah adalah tempat yang aman bagi telurnya dari para predator.

Tahukah anda ternyata di tempat yang kotor malah terdapat banyak protein? Telur akan bertransformasi menjadi larva membutuhkan waktu 1 hari.

Setelah melewati fase larva, dia akan memasuki fase pupa. Calon lalat akan menghabiskan waktu 1 minggu untuk tumbuh. Pada hari ke-3-6 sedikit demi sedikit pupa akan membentuk sepasang sayap.

Hingga pada suatu masa dia keluar dan menjadi lalat dewasa (imago). Lalat memiliki fakta menarik yakni umur lalat terbilang cukup singkat, hanya 21 hari saja.

Namu dibalik itu lalat betina bisa melakukan reproduksi di usia 3 hari setelah berubah dari pupa. Dan induk lalat bisa menghasilkan telur hingga 900 butir dalam sekali reproduksi.

Proses siklus hidup lalat: telur–larva–pupa–imago/lalat dewasa.

Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis tidak sempurna (hemimetabola) adalah perubahan pada bentuk tubuh antara fase imago dan nimfa tidak mencolok. Kita bisa lebih mudah membedakan mana hewan dengan metamorfosis sempurna dan tidak itu melalui fase pupa.

Metamorfosis tidak sempurna tidak melalui fase pupa. Begini tahapannya:

Telur → Nimfa → Imago

Contoh Hewan Metamorfosis Tidak Sempurna

Terdapat beberapa hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna sepanjang hidupnya. Berikut 4 contoh hewan, fase-fase dan penjelasannya:

Daur Hidup Belalang

Telur belalang berasal dari hasil pembuahan sel spermatozoa belalang jantan dan sel telur belalang betina. Bentuknya bagaikan sebutir beras. Dalam satu kali pembuahan, induk belalang bisa menghasilkan 10-300 butir telur.

Setelah tahap telur, dia berubah menjadi nimfa. Sejatinya nimfa berwarna putih, namun karena terkena sinar matahari warna nimfa berubah menjadi coklat atau hijau.

Di fase nimfa, belalang menghabiskan waktu 25-40 hari. Sampai pada suatu waktu belalang beranjak dewasa dan siap untuk terbang.

Di usia yang dewasa belalang sudah siap untuk reproduksi. Kenapa belalang termasuk dalam golongan hewan dengan metamorfosis tidak sempurna?!

Karena belalang pada siklusnya tidak melalui tahap kepompong atau pupa.

Proses siklus hidup belalang: telur – nimfa – belang muda – belalang dewasa

Siklus Hidup Capung

Tahukah anda bahwa induk capung dalam sekali bertelur bisa sampai 100.000 butir?! Induk capung butuh proses lama untuk bisa bertelur. Tiba di suatu masa capung bertelur, si induk akan meletakkan telur-telurnya di tempat khusus yakni batas permukaan tanaman yang dekat air.

Berapa lama fase telur pada capung?! Telur capung akan menetas 2-7 hari setelah dia lahir. Itupun tergantung kondisi iklim. Semakin dingin iklim semakin lama pula waktu telur menetas.

Setelah fase telur, tibalah fase nimfa. Di tahap ini dia akan semakin bringas, karena dia memakan berudu di perairan yang dia tempati. Pada fase nimfa, calon capung akan berganti kulit 8-12 kali. Estimasi waktu melalui nimfa biasanya 4 minggu hingga beberapa tahun.

Setelah nimfa akhirnya menjadi capung dewasa dan bisa reproduksi seperti hewan lain pada umumnya.

Proses siklus hidup capung: telur – nimfa – capung muda – capung dewasa

Daur Hidup Jangkrik

Telur hasil perkawinan jangkrik jantan dan jangkrik betina biasanya ditaruh di pasir dengan kedalaman 1-2 cm. Sekali bertelur jangkrik bisa menghasilkan puluhan butir telur.

Selanjutnya, calon jangkrik mengalami nimfa. Di masa ini calon jangkrik aka berganti kulit sampai 8 kali. Estimasi waktu mengalami tahap nimfa sekitar 40 hari. Setelah fase nimfa, tibalah masanya untuk disebut jangkrik dewasa.

Jangkrik sudah siap untuk reproduksi dan menghasilkan banyak telur.

Proses siklus hidup jangkrik: telur – nimfa – jangrik dewasa.

Siklus Hidup Kecoa

Terdapat fakta yang menarik tentang kecoa, penasaran?! Meski kecoa banyak dibenci kaum hawa, namun tahukah anda kecoa mampu menghasilkan hingga 35.000 keturunan setiap tahunnya.

Telur kecoa dilapisi dengan ootheca. Tiba masanya telur menetas calon kecoa memasuki fase selanjutnya yakni nimfa. Di tahap ini sang calon kecoa memakan waktu hingga 60 hari dengan 7 kali pergantian kulit.

Perlu anda ketahui bahwa di masa ini tidak mesti waktu 60 hari tergantung jenis kecoanya. Setelah melewati fase nimfa calon kecoa akan menjadi kecoa dewasa, dimana dia sudah mampu terbang dan reproduksi untuk memperbanyak keturunan.

Proses siklus hidup kecoa: telur – nimfa – kecoa muda – kecoa dewasa.

Siklus Hidup Hewan Tanpa Metamorfosis

Ternyata, ada banyak juga hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dengan metamorfosis. Berikut contoh-contohnya sebagai berikut: bebek, ayam, kucing, ubur-ubur dan anjing.

Daur Hidup Hewan 1 Bebek

Nama HewanBebek
Kelompok MakananOmnivora
Cara Berkembang BiakBertelur

Setiap bebek yang hidup tentu diawali dari fase telur. Telur tersebut akan dierami induknya hingga 21 hari dan menetas. Bebek kecil sampai dewasa tidak mengalami perubahan bentuk. Dia mirip sekali dengan induknya.

Inilah yang menyebabkan kenapa bebek termasuk hewan yang tidak mengalami metamorfosis. Sampai dewasa, bebek betina akan menghasilkan telur seperti induknya dulu.

Proses siklus hidup bebek: telur-bebek kecil-bebek dewasa.

Siklus Hidup Ayam

Nama HewanAyam
Kelompok MakananOmnivora
Cara Berkembang BiakBertelur

Ayam adalah hewan omnivora yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar. Salah satu jenis unggas yang membangunkan kita dari lelapnyatidur malam.

Ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Setelah dierami induknya, telur akan menetas dan muncul ayam kecil.

Seiring berjalannya waktu ayam tersebut akan tumbuh dewasa. Setelah mapan ayam akan siap untuk reproduksi dan menghasilkan telur. Ayam tidak mengalami perubahan bentuk, namun ayam mengalami perubahan ukuran tubuhnya.

Kucing

Nama HewanKucing
Kelompok MakananOmnivora
Cara Berkembang BiakBeranak

Kucing adalah hewan mungil yang sering dipelihara orang-orang. Berbeda dari ayam dan bebek, kucing berkembang biak dengan cara beranak.

Berapa lama induk kucing mengandung anaknya? Seperti halnya manusia, kucing kecil dan dewasa tidak ada bedanya, hanya berbeda ukuran tubuhnya saja.

Proses siklus hidup kucing: kucing kecil-kucing dewasa.

Siklus Hidup Kangguru

Seperti halnya kucing, kangguru berkembang biak dengan cara beranak. Setelah sekian lama induk kangguru mengandung lahirlah anak kangguru. Dari tahun ke tahun bentuknya tidak berubah, tapi ukurannya semakin membesar.

Siklus Hidup Ubur-Ubur

Fakta menarik mengenai ubur-ubur adalah dia mampu reproduksi secara sekseual dan aseksual. Ubur-ubur memiliki 2 cara dalam fertilisasi.

Ubur-ubur dalam bentuk medusa dan berada di fase generatif, yakni mampu menghasilkan sel kelamin.

Proses siklus hidup ubur-ubur: Zigot– Planula– Scifistoma/Skifistoma– Efira–Medusa.

Pertanyaan Seputar Siklus Hidup Hewan

  • Jelaskan cara membedakan daur hidup hewan yang bermetamorfosis dan tidak bermetamorfosis?

Jawab: Bedanya adalah di perubahan bentuk. Hewan bermetamorfosis akan mengalami perubahan bentuk sepanjang hidupnya. Berbeda dengan hewan yang tidak bermetamorfosis dia tidak mengalami perubahan bentuk, dia hanya mengalami perubahan ukuran.

Soal Daur Hidup Hewan

  • Jelaskan perbedaan daur hidup hewan 1 dengan hewan 2?

Penutup

Semoga apa yang admin bagikan bermanfaat. Selamat belajar! Sekian, terima kasih.

Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi
DomaiNesia

Hukum Replik dan Duplik

Rasyaa
5 min read

Apa itu Prodi?!

Rasyaa
4 min read

Tinggalkan Balasan