Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

Ungkap 8 Fakta Kiswah Rasulullah yang Belum Banyak Diketahui

3 min read

Fakta Kiswah Rasulullah – Perjalanan spiritual ke Mekkah adalah cita-cita setiap umat muslim, pasalnya di tempat inilah terdapat bangunan yang menjadi ikon persatuan seluruh umat muslim dunia.

Bangunan yang dimaksud adalah Ka’bah, yang mana setiap bagiannya sangat disorot dan menjadi perhatian pengunjung. Termasuk juga kain yang menyelimuti bangunan ini juga tak pernah luput dari perhatian.

Kain tersebut adalah kain Kiswah, yang mana Kiswah sendiri berarti selubung karena memang menutupi seluruh bangunan ka’bah ini.

Apabila dilihat dari kejauhan kain ini memang terlihat biasa saja hanya sekedar kain yang menyelimuti Ka’bah.

Akan tetapi jika dicermati lebih dekat, Anda pasti akan menemukan banyak keistimewaan disana. Banyak fakta Kiswah Rasulullah yang belum diungkap dan masih jarang yang mengetahuinya. Penasaran? Simak di bawah ini;

Terbuat Dari Ratusan Kilogram Emas

fakta kiswah rasulullah

Fakta Kiswah Rasulullah pertama adalah bahwa Kiswah terbuat dari ratusan kilogram emas.

Tidak hanya berbahan emas, Kiswah juga terbuat dari kain sutra pilihan dengan kualitas terbaik. Mengetahui bahan pembuatnya, pasti Anda sudah paham bahwa Kiswah lebih dari sekedar kain penutup ka’bah biasa.

Pada bagian permukaan kain juga dilengkapi dengan bordiran berlafadzkan ayat suci Al-Qur’an yang dibentuk menjadi kaligrafi.

Kaligrafi ini dibuat oleh 200 seniman ahli dengan menggunakan benang yang merupakan hasil dari sepuhan emas serta perak.

Banyaknya kain Kiswah adalah sebanyak 47 potong yang berukuran 95 cm dan juga tinggi 9 m. agar seluruh kain bisa menutup bagian ka’bah secara sempurna maka setiap potongan kain kemudian disambungkan satu per satu.

Menghabiskan Biaya Puluhan Milyar

fakta kain kiswah

Melihat bahan yang digunakan seperti yang sudah disebutkan diatas, rasanya sudah bisa membayangkan kan berapa biaya yang dihabiskan.

Tentunya bukanlah biaya sedikit karena memang pengelola ka’bah tidak tanggung-tanggung dalam pembuatan Kiswah ini.

Tahun 2016 silam, pengelola telah menghabiskan dana sebesar 22 juta riyal Arab atau sama dengan 76 milyar rupiah.

Dana tersebut dihabiskan untuk pembuatan Kiswah yang baru. pantas saja, karena banyaknya emas, kain sutra serta cincin tembaga yang digunakan.

Tidak mengherankan pula bila selepas diganti, Kiswah yang lama banyak menjadi rebutan meskipun tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Terkecuali telah mendapat izin dari pengelola. Akan tetapi, sekarang sudah banyak dijumpai pedagang yang jual kain Kiswah.

Ayat Suci di Kiswah

fakta ayat suci kiswah

Fakta Kiswah Rasulullah selanjutnya adalah tentang ayat-ayat suci Al-Qur’an yang tertulis di kain Kiswahnya. Dikarenakan banyaknya manusia yang mengelilingi ka’bah setiap waktunya.

Maka pengunjung pastinya akan sangat kesulitan untuk memperhatikan secara jelas bagaimana lafadz yang tertulis pada Kiswah.

Apabila diperhatikan secara seksama, setiap potongan kain Kiswah memiliki desain yang berbeda-beda. Misalnya saja ada bagian yang dikenal dengan istilah sitara yang mana menjadi bagian paling rumit dari Kiswah ini.

Pada bagian ini juga memuat tulisan Arab yang merupakan doa kepada Allah dan ayat Al-Qur’an. Doa dan ayat tersebut disulam menggunakan benang emas. Diantara beberapa ayat yang tertulis, ada pula ayat yang membahas mengenai haji, syahadat, surat Al-Fatihah dan masih banyak lagi.

Pabrik Kiswah

fakta pabrik kain kiswah

Penggantian Kiswah yang selalu dilakukan setiap tahunnya membuat pengelola memutuskan untuk membuat pabrik khusus Kiswah sendiri.

Bukan untuk memproduksi sebanyak-banyaknya kemudian jual kain Kiswah, melainkan agar pembuatan Kiswah yang baru lebih terorganisir. 

Dalam penggantian Kiswah, tidak diharuskan untuk menggunakan warna tertentu. Bahkan, dulu Kiswah pernah diganti dengan menggunakan warna merah.

Setelah itu kemudian ada kesepakatan untuk menggunakan warna hitam sebagai  warna paten untuk Kiswah.

Adanya tradisi penggantian Kiswah setiap tahun ini dimulai sejak pemerintahan Raja Abdul Aziz.

Hingga kemudian didirikannya pabrik khusus pembuatan Kiswah di kawasan Ajyad di Mekkah pada tahun 1931. Ada kurang lebih 285 karyawan yang bekerja untuk membuat Kiswah setiap harinya.

Menteri Agama Indonesia Pernah Menyulam Kiswah

menyulam kain kiswah

Fakta menarik yang satu ini datang dari Menteri Agama Indonesia Bapak Lukman Hakim Saifuddin yang menjabat pada tahun 2014.

Siapa sangka bahwa beliau ternyata pernah berkesempatan untuk ikut menyulam Kiswah yang akan dipasang pada tanggal 9 Dzulhijjah 1436 H atau pada saat musim haji 2015 lalu.

Sebelum itu, Lukman Hakim berangkat dari Indonesia menuju Arab Saudi pada 14 Maret 2015. Bertolaknya dari Indonesia ke Arab Saudi itu untuk memenuhi undangan dari Kerajaan Arab Saudi.

Selain bertujuan untuk membantu menyulam, Lukman juga memiliki agenda untuk bertemu dengan Syekh Abdullah bin Abdul Muhsin al Turki di Mekkah untuk membahas tentang kerjasama.

Berkat bantuan tangannya tersebut, Indonesia harus berbangga karena sudah ikut andil dalam pembuatan Kiswah tersebut.

Kiswah di Masjid Istiqlal

masjid istiqlal kain kiswah

Mungkin sebagian dari Anda telah mengetahui bahwa di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat memiliki Kiswah. Kiswah tersebut merupakan hadiah dari Raja Arab Saudi yakni Raja Salman Abdul Azis Al Saud pada tahun 2017.

Tentunya pengelola Masjid Istiqlal sangat senang dengan hadiah tersebut. Adapun Kiswah yang diberikan tersebut memiliki panjang 2 meter dan lebar 45 sentimeter.

Kini, Kiswah tersebut dipajang di sebuah ruangan yang menjadi ruang tamu penting di Masjid Istiqlal.

Selama kunjungannya di Masjid Istiqlal, Raja Salman tidak hanya memberi Kiswah saja tetapi juga melakukan sholat sunnah disana. Hal tersebut dilakukannya sebagai salah satu penghormatan serta mengisi buku tamu di Masjid Istiqlal.

Melihat dari kejadian tersebut, bisa disimpulkan bahwa Kiswah yang diberikan sudah pasti keasliannya. Lain halnya dengan yang banyak jual kain Kiswah di berbagai toko.

Badai Pasir Menyingkap Kiswah

badai pasir kain kiswah

Fakta Kiswah Rasulullah yang berikutnya adalah pada kejadian badai pasir yang pernah menerpa Mekkah. Kejadian ini bisa dikatakan kejadian langka, mengingat di kawasan Arab Saudi jarang sekali terjadi hujan lebat serta angin kencang.

pada hari Minggu, 19 Agustus 2018 lalu kawasan Arab Saudi dilanda hujan lebat disertai dengan angin kencang. Termasuk juga daerah Masjidil Haram yang menyebabkan Kiswah ka’bah tersingkap terkena angin tersebut.

Terjadinya badai serta angin kencang sempat mengundang kepanikan seluruh jamaah yang sedang melaksanakan haji waktu itu. Pasalnya, tersingkapnya kain penutup ka’bah tersebut merupakan kejadian yang sangat langka.

Untungnya, kejadian ini tidak berlangsung lama dan kepanikan para jamaah pun bisa segera diatasi karena petugas yang sigap dalam menanggapinya. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka di kejadian tersebut.

Kiswah Lama Dijadikan Cenderamata

cenderamata kain kiswah

Setelah dilakukan pencopotan Kiswah lama dan kemudian diganti dengan yang baru. maka Kiswah lama akan dipotong-potong dan kemudian dijadikan cenderamata.

Biasanya potongan Kiswah ini akan diberikan kepada tamu kehormatan dan atas izin pengelola serta pemerintah setempat.

Fakta Kiswah Rasulullah ini memang benar adanya, karena tidak sedikit pula orang-orang dari Indonesia yang menerimanya. Bagi mereka, diberikan kain Kiswah lama ini merupakan sebuah kebanggaan dan anugerah tersendiri.

Itulah 8 fakta menarik tentang Kiswah penutup makam Rasulullah yang belum banyak diungkap.

Semoga setelah membaca dan mengetahui fakta ini bisa membantu Anda menemukan informasi penting yang Anda butuhkan. Secara spiritual, semoga setelah membaca ini dan Anda menemukan keistimewaan luar biasa.

Maka bisa membantu meningkatkan keimanan serta ketaqwaan Anda terhadap Tuhan dan Rasulnya.

Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup. -HR.Bukhari Muslim-

Jual kain Kiswah lengkap dengan sertifikat hubungi 081357945866.

Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi
DomaiNesia

Tinggalkan Balasan