Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

17+ Tentang Perjalanan Geng Motor yang Penting Buat Kita Tahu

5 min read

Perubahan zaman dan perkembangan teknologi adalah sesuatu yang tak bisa kita hindari. Mencoba hal-hal yang baru untuk mendapatkan wawasan yang luas. Pada artikel kali ini, admin akan membagikan sekelumit tentang geng motor.

Sekarang zaman berubah. Mulai anak kecil hingga dewasa. Terutama untuk para remaja. Mereka yang selalu eksis di depan kamera. Mereka yang selalu gengsi antarsesama.

Biasanya remaja zaman now kumpul membentuk geng. Geng yang biasanya gaya-gayaan di pinggir jalan. Bawa motor juga pacar. Namanya juga anak muda?! Dan biasanya kita menyebut mereka dengan geng motor.

Penting bagi kita buat tau apa itu geng motor?! Gimana sejarahnya?! Geng apa saja yang berbahaya?! Bagaimana dampaknya?! Dan gimana solusinya?!

Mari kita ulas lika-liku geng motor.

Daftar isi

[Back to Top]

Sejarah Geng Motor Di Indonesia

Ada 4 geng motor yang paling besar di Bandung yakni Moonraker, Grab On Road (GBR), Exalt to Coitus(XLT), Bridge Seven (brigez). Keempat geng itu telah eksis dan memiliki anggota di atas 1000 orang.

1. Moonraker

Moonraker itulah namanya. Moonraker lahir pada tahun 1978. Inilah geng motor sepuh di Bandung.

Ada banyak organisasi. Ada Divisi Balap, Tim SWAT atau regu penyelamat, dan Panglima Perang (Paper). Organisai yang mengkoordinir anggota saat terjadi tawuran adalah Panglima Perang.

Di setiap organisasi biasanya mesti ada yang melanggar atau bisa disebut pembangkang. Bagi para pembangkang yang melanggar tata tertib organisasi telah disiapkan “Sel 13”, semacam mahkamah pengadilan.

“Sel 13”. tempat ini paling dihindari oleh semua anggota. Di sini para pembangkang akan mendapatkan penyiksaan dari para seniornya.

Kategori pelanggaran itu adalah memakai, dan mengedarkan narkoba, bertindak melanggar hukum, juga menjalin kasih sesama anggota Moonker. Pengikut Moonker semakin membengkak, sekarang tercatat 1.400 anggota.

Konflik Dengan XTC

Kenapa terjadi konflik antara Moonker dengan XTC?! Awalnya saat berlangsung kompetisi antargeng motor di Road Race Piala Djarum Super tahun 90-an.

Persoalanya sepele, yaitu menyengggol-nyenggol di arena balapan, entah siapa yang memulai.

Puncaknya, terjadi tawuran besar-besaran antara kedua geng ini tahun 1999. Sampai hari ini dendam sejarah antara 2 geng (Moonraker dan XTC) itu masih mengendap dari generasi ke generasi.

XTC atau Exalt to Coitus lahir pada tahun 1982 oleh 7 pemuda. Belakangan nama itu diganti dengan Exalt to Creativity. Mungkin pengen lebih keren.

Tentang XTC

Bendera warna paling atas putih-biru muda-biru tua. Di tengahnya ada gambar lebah yang melambangkan solidaritas antaranggota.

Bila salah satu anggota diserang maka yang lain wajib membelanya.

Mereka kini medirikan Sexy Road indonesia, gengster besar Indonesia yang berpusat di Bandung. Gengster yang beranggotakan lebih dari 10.000 anggota yang tersebar di tanah air.

Tak hanya Mooneker yang menyatakan permusuhan kepada XTC. Brigez, dan GBR juga menjalin tali permusuhan kepada XTC. Kenapa XTC banyak yang memusuhi?! Ya, karena XTC memiliki banyak anggota.

XTC juga memiliki koordinator perang, untuk mempermudah koordinasi jika terjadi tawuran, dan perebutan wilayah.

Perebutan wilayah merupakann upaya dalam memperluas daerah kekuasaan, dan meningkatkan prestise di kalangan gengster. Penyerangan biasanya dilakukan diam-diam ke basis lawan.

Anggota XTC banyak yang menggunakan senjata api. Karena kebanyakan anggotanya berasal dari anak TNI dan polisi.

Kelahiran Brigez dan GBR

Lahir tahun 1980-an di SMUN 7 Bandung. Sesuai dengan namanya Brigade Seven. Brigez biasa diplesetkan dengan sebutan Brigade Setan atau Brigade Senja. Karena mereka sering nongkrong bersamaan di sore hari.

Berbeda dengan XTC, geng Brigez ini sering melanggar peraturan. Bebas menjalankan motor tanpa helm, tidak pakai lampu apalagi rambu-rambu.

Juga Brigez memiliki sikap anti birokrasi. Gak pengen masuk kader partai manapun.

Kemudian GBR, lahir di lingkungan SMPN 2 Bandung. GBR adalah kependekan dari Grab On The Road.

XTC, Moonraker, Brigez, dan GBR termasuk geng motor yang terkenal mengerikan di Indonesia.
Back to Top

Geng Motor Mengerikan

Di Asia

1. Yamaguchi gumi, Jepang

Memiliki pendapatan terbesar di antara geng motor lain di seluruh dunia. Pendapatan mereka mencapai Rp 1000 Triliyun. Geng ini juga menjadi kelompok Yakuza terbesar.

Namun, entah mengapa?! anggota ini semakin lama semakin berkurang anggotanya. Dari 60.000 menjadi 11.600 anggota.

2. Triad, China

Geng yang terkenal dalam masalah penyelundupan senjata, narkoba, pembobolan kartu kredit, kejahatan dunia maya. Ada sekitar 1,5 juta anggota dari geng Triad. Geng ini terkenal dengan kejahatan yang merajalela.

3. United Bamboo, Taiwan

Diyakini sebagai geng terkuat di Taiwan. Mereka yang mengendalikan pengedaran narkoba di Taiwan, dan memiliki pengaruh cukup besar dalam masalah politik. United Bamboo diyakini beroperasi di seluruh dunia.

4. D-Company

Kelompok kriminal D-Company bermarkas di India dan Teluk Persia. Pemimpin mereka bernama Daud Ibrahim. Berbeda dengan yang lain, Kelompok ini cenderung menjadi serangan terorisme.

5. Laskar Bali

Organisasi Masyarakat Laskar Bali termasuk geng mengerikan di Asia. Biasanya Laskar Bali menawarkan jasa pengamanan yang lebih cepat menangani masalah dari pada polisi.

Di Dunia

Geng merupakan salah satu fenomena yang tidak bisa dihilangkan dari kehidupan nyata. Dan tidak semua geng motor itu santun dan baik. Tapi, banyak juga yang bertindak anarkis dan berlaku kasar. Berikut contohnya

1. Abuter’s Moto Club

Abuter’s Moto Club merupakan salah satu geng motor paling adidaya di Brazil. Tidak hanya aktif di Jalanan. Namun, juga mengedarkan narkoba, penganiayaan, serta penyebaran prostitusi.

2. Rebels MC

The Rebels Moto Club juga termasuk geng motor yang ditakuti.Geng motor yang berada di Australia.Geng ini tersebar sampai 70 wilayah di Australia.

Seperti biasa, namanya juga geng motor. Ya, mesti buat kejahatan.

3. Solo Angeles

Nama geng moor ini adalah Solo Angeles Club de Motocicletas. Geng motor yang berdiri pada tahun 1960-an. Solo Angeles mempunyai hubungan dekat dengan Hells Angels.

4. Sons of Silense

Sons of Silense merupakan geng yang sudah cukup lama. Bermarkas utama di Colorado, Amerika serikat. Geng motor ini termasuk salah satu buruan paling berbahaya FBI. Saking berbahayanya sampai-sampai dikaitkan dengan Nazi.

5. Vagos MC

Vagos MC atau bisa juga disebut Green Nasution berdiri sejak tahun 1960-an. Bermarkas di San Bernandino, California, Amerika Serikat. Anggotanya hanya berjumlah 300 orang.

6. Warlocks MC

Geng motor yang hanya membolehkan orang-orang berkulit putih dan hanya berkapasitas 100 orang.

7. Bandidos MC

Geng motor yang bermarkas di Texas, San Leon, Amerika Serikat. Sering terlibat dalam berbagai bentuk kejahatan.

Tapi, yang utama adalah narkoba. Bandidos MC adalah musuh terbesarnya Hells Angels.

Geng motor yang beranggotakan 2.500 orang. Dan termasuk geng yang eksis dari dulu tahun 1960-an hingga kini.

8. Outlaws MC

Geng motor ini dibentuk dengan tujuan untuk membangkangi sistem hukum yang berlaku dimana geng motor ini berkeliaran. Memiliki 1.700 anggota. Pencucian uang menjadi ciri khusus yang terkenal bagi geng Outlaws.

9. Mongols MC

Berdiri sejak 1970-an yang terinspirasi oleh Genghis Khan. Intimidasi, pembunuhan, perampokan menjadi aktivitas rutin Mongols California. Beranggotakan 600 orang. Merupakan kerabat Bandidos.

10. Hells Angels

Geng paling kejam di Dunia. Terdiri dari 4.000 anggota di seluruh penjuru dunia. Dan geng ini yang memiliki paling banyak musuh bebuyutan. Hells Angels masih menjadi geng yang paling solid beberapa dekade belakangan.

Geng motor alim

Tidak semua geng motor itu membuat kerusakan. Buktinya ada beberapa geng motor yang selalu berbuat dan mengingatkan kebenaran. Apa saja?! Berikut geng motor alim di Indonesia:

Bikers Muslim

Geng motor yang terdiri dari 2.000 anggota. Bermarkas di Malang dan menyebar dalam beberapa tahun ke depan.

Malang Raya Max Owner (Mr. Mo)

Mr. Mo biasa dijuluki Bikers Syariah. Berpusat di Malang. Dengan jiwa persatuan dan kesatuannya mampu menjadi teladan bagi masyarakat Malang. Karena itu Mr. Mo sangat mencari kualitas ketimbang kuanntitas.

Komunitas Bikers Subuhan

Geng motor yang berbeda dari biasanya. Nama yang unik. Bagaimana munculnya?! Setelah diselidiki asal-muasalnya.

Ternyata, nama ini diambil lantaran komunitas ini selalu kumpul di malam hari dan pulang saat subuh.

Bikers ini sudah menyebar hampir ke seluruh Indonesia. Berbeda dari yang lain. Bikers Subuhan sering mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas.

Selain itu, Bikers Subuhan juga selalu memberi contoh kepada anak muda bukanlah sekumpulan bikers ugal-ugalan, seperti kegiatan sharing agama, dakwah, dan masih banyak lagi.

“Seru sekali. Saya sekarang mempunyai banyak teman, dan sering sholat subuh berjamaah di Masjid. Karena saya adalah Bikers Subuhan”, ungkap Yoga Pangestu, anggota Bikers Subuhan.

Dampak dari munculnya geng motor

Perubahan sosial budaya yang menjadi tren anak muda sekarang adalah geng motor. Saya akan mengulas sekelumit tentang anak muda, yakni pelajar. Berikut dampak-dampak geng motor terhadap pelajar:

Dampak positif geng motor terhadap pelajar:

1. Mendapat banyak teman.

2. Memiliki banyak pengalaman.

3. Memaknai rasa kebersamaan.

Dampak negatif geng motor terhadap pelajar:

1. Ketertiban lalu lintas terganggu.

2. Membuat kerusuhan.

3. Menimbulkan pertikaian.

Solusi atasi geng motor nakal

Masalah keamanan selalu menjadi kendala atas munculnya geng motor nakal. Berikut cara mengatasi geng motor bermasalah:

1. Upaya preventif untuk mencegah munculnya geng motor baru. Hal ini mengurangi terjadinya kerusuhan di tempat umum.

2. Geng motor biasanya mengganggu keamanan. Maka geng motor dapat dijadikan sebagai penjaga keamanan di daerahnya. Pemerintah harus berkomunikasi baik dengan pihak geng motor.

Tidak semua geng motor bermasalah. Tapi, tidak sedikit juga yang melanggarnya. Maka waspadalah terhadap geng motor nakal?!

Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi
DomaiNesia

2 Replies to “17+ Tentang Perjalanan Geng Motor yang Penting Buat Kita…”

Tinggalkan Balasan