1
221

√ Pengertian dan 17+ Contoh Hewan Omnivora yang Perlu Kita Ketahui

Hai guys, tahukah kalian bahwa hewan itu terbagi 3 menurut apa yang dimakannya. Yaitu, karnivora, herbivora, dan omnivora. Pada artikel kali ini, lescazia akan mengulas tentang hewan omnivora.

Biasa disebut sarwaboga, hewan omnivora merupakan pemakan segala yaitu daging dan tumbuhan. Tidak hanya hidup di darat melainkan di laut pun juga ada. Biasa disebut sarwaboga, omnivora adalah hasil perpaduan antara herbivora dan karnivora. Penasaran apa saja hewan omnivora?!

Simak artikel berikut! Enjoyyyyyyy.

√ 555+ Kumpulan Caption Instagram Kekinian Terlengkap

HEWAN-HEWAN OMNIVORA

Berikut contoh-contoh hewan omnivora:

1. Ikan Lele

globhy.com

Ikan berkumis ini merupakan hewan pemakan segala. Tidak hanya cacing tanah yang dimakan, melainkan serangga air, tanaman air, ganggang, dan lumut pun juga. Untuk mengenali ikan lele sangat mudah sekali, yaitu tubuhnya yang lcin, biasa hidup di tempat yang berlumpur, keruh, atau perairan air tawar.

2. Udang

arenahewan.com

Hewan ini hidup di air. Udang merupakan kelompok  crustacea, mudah saja anda mengenali hewan yang bernama udang. Udang memiliki antena di kepala, mata majemuk, dan tubuh yang beruas.

√ 101+ Caption Kata-Kata Bijak Tentang Traveling yang Menggugah Jiwa

3. Ayam

idntimes.com

Biasa membangunkan kita di waktu terbitnya matahari. Hewan ovivivor ini termasuk hewan unggas. Untuk memakan, ayam memiliki paruh yang runcing. Untuk berlindung diri dari musuh, ayam memiliki cakar yang tajam. Uniknya hewan ini adalah memiliki sayap tapi ga bisa terbang.

4. Paus

ruparupaikan.blogspot,com

Hewan pemakan crustacea ini memiliki bobot yang sangat berat. Binatang mamalia ini sangat mudah untuk dikenali. Selain itu, ikan paus memilki fakta yang menarik untuk dibahas. Penasaran?! Berikut fakta-faktanya:

  • Paus yang gendut gampang sekali untuk mengapung karena ia memiliki banyak lemak.
  • Ada satu jenis paus yang mampu hidup hingga 200 tahun di muka bumi yaitu paus bowhead.
  • Indra utama seekor paus adalah pendengaran karena ia memiliki mata yang sipit.

5. Beruang

pexels.com

Hewan yang suka madu ini menandakan ia adalah hewan omnivora. Macam beruang yang termasuk omnivora itu seperti beruang hitam dan beruang madu. Tidak semua jenis beruang itu omnivora, ada pula yang tidak pemakan segala yakni beruang beruang grizzly dan beruang kutub.

Biasaya mereka(beruang) hidup di habitat pegunungan yang wilayahnya subtropis. Memiliki cakar yang tajam dan lebar digunakan untuk menangkap mangsa, memanjat pohon, menggali tanah, menyobek sarang lebah, dan rayap.

Bisa makan apa saja, karena mereka tidak hanya makan daging melainkan tumbuhan juga dan karena sistem pencernaannya mirip seperti hewan herbivora. Jadi, hewan omnivora ga bisa makan semua macam tanaman.

√ 555+ Chat Romantis Bikin Baper Biar Doi Seneng

6. Burung Kasuari

youtube.com

Mirip seperti unggas, hewan omnivora ini biasa hidup di hutan tropis, bertempat di Papua Nugini dan sekitarnya. Untuk melindungi diri dari mala bahaya, kasuari memiliki cakar yang tajam dan besar.

Walaupun tubuhnya besar dan jenisnya burung, kasuari ga bisa terbang. Karenanya mereka berusaha untuk mengembangkan potensi dirinya dengan berlari hingga bisa melakukan sprint. Katanya kasuari ini termasuk burung terberat dan tertinggi ketiga di muka bumi.

7. Gorila

liputan6.com

Hewan bertubuh besar pemakan tumbuhan ini juga memakan serangga. Hewan ini satu-satunya yang DNA nya mirip seperti manusia pada umumnya setelah simpanse yakni 97%.

Dikatakan mirip karena bentuk kaki, tangannya sama macam manusia, dan tubuhnya yang tegak, serta intelegensi yang tinggi.

8. Orang Utan

en.wikipedia.org

Orang utan ini memiliki ciri khas yakni, lengan yang panjang, dan warna bulunya coklat kemerah-merahan.

Selain memakan tumbuhan orang utan juga memakan serangga. Dan mayoritas orang utan memakan tumbuhan seperti, nektar, pohon, daun, bunga, buah, jamur, madu, dsb.

Mereka biasanya minum di lobang-lobang pohon yang memiliki tampungan air di atasnya.

9. Monyet

goodnewsfromindonesia.id

Monyet juga merupakan salah satu hewan yang tergolong omnivora yakni dengan makan buah-buahan, kacang-kacangan, sayur, serangga, hingga hewan-hewan kecil. Monyet punya ekor panjang.

10. Musang

kedondong-plum.blogspot.com

Hewan musang atau mungkin bisa disebut luwak ini biasanya hidup di pohon berukuran tinggi-tinggi seperti, pohon kopi, pohon aren, pohon kelapa, dan sejenisnya.

Seringkali hewan ini makan buah-buahan kayak pepaya, pisang, dll. Selain itu, luwak ini memakan hewan-hewan seperti tikus, moluska, cacing tanah, serangga, dan hewan kecil lainnya.

Mungkin banyak diantara kalian hewan ini kan sering memakan ayam warga, eits bukan begitu ferguso. Musang makan anak ayam sebab ia ga menemukan buah-buahan untuk dimakannya. Ingat! Daging bukan makanan utama dari seekor luwak atau musang.

11. Burung Flamingo

dictio.id

Burung ini terkenal cantik ketimbang jenis burung-burung lain. Mempunyai paruh yang unik, dan dilengkapi kaki yang jenjang membuat indah dipandang apabila sedang berkumpul.

Makanan hewan ini ialah udang, hijau, dan alga biru. Yap, alga serta udang termasuk makanan pokok yang sangat baik bagi tubuh flamingo.

Burung ini berwarna merah sebab konsumsi beta karotin yang tinggi. Alga dan udang mengandung beta karotin yang sangat tinggi.

12. Babi

gundaba.blogspot.com

Hewan yang penuh bakteri ini memiliki telinga yang lebar dan hidung yang khas macam patkai. Babi adalah salah satu hewan omnivora yang hidupnya makan serangga dan tumbuhan.

Ada penelitian mengejutkan mengatakan tingkat kejeniusan dari seekor babi setingkat lebih tinggi daripada kucing dan anjing.

13. Burung Jalak

omkicau.com

Seperti yang anda ketahui, warna bulu dari burung jalak adalah hitam, putih, dll. Ukuran tubuh kira-kira 20 sampai 25 cm. Burung ii memiliki kelebihan salah satunya bisa menirukan suara burung lain.

Dikenal sangat lincah, burung jalak makannya pepaya pisang, dan serangga.

14. Bebek

agrinak.com

Selanjutnya, menu yag biasa kita sebut menu spesial yakni bebek. Tahukah anda ternyata bebek adalah hewan omnivora seperti paus, ayam, burung jalak, ayam, dan kawan-kawannya yang segolongan makanan.

Biasanya bebek makan cacing tanah, dedak, rumput, daging siput, dan tumbuh-tumbuhan lain.

15. Tikus

caramenghilangkansemut.blogspot.com

Hewan tikus yang tengil ini merupakan hewan omnivora yang tergolong mamalia. Segala hal dimakannya seperti, jagung, padi, ikan, asin, serangga, dan sejenisnya.

Maka ga heran kalo tikustikus dianggap sebagai hama pengganggu bagi seorang petani. Sebab, tikus selalu memakan hasil pertanian.

16. Tupai

binatang.id

Yap, tupai juga masuk dalam kategori jajaran hewan pemakan segala atau biasa disebut omnivora seperti kita manusia. Hewan tupai makannya seperti kulit kayu, buah, jamur, biji-bijian, dll.

Makanan pokok dari hewan tersebut ialah biji kenari dan serangga-serangga kecil yang sering hinggap  di pohon.

17. Serigala Merah

info.awcelluler.com

Di film marsha and the bear kita telah melihat bahwa serigala merupakan hewan yang buas dan menakutkan. Dengan aumannya yang cetar membahana mampu meruntuhkan ambisi lawannya.

Makanan dari hewan tersebut yakni diantaranya, rumput, berry, buah, serta tumbuh-tumbuhan lain. Selain itu, serigala merah juga makan hewan-hewan yang ukurannya lebih kecil seperti, bealang, udang, kelinci, dll.

18. Berang-berang

sampulpertanian.com

Merupakan hewan yang jenius juga seperti babi dengan membangun bendungan alami untuk menjalankan kehidupannya sehari-hari.

Biasanya berwarna coklat tua atau hitam, kaki pendek, dan tubuhnya tinggi. Sebab berang-berang termasuk hewan omnivora ialah karena ia ga hanya makan ikan-ikan kecil yang hidup di sungai, melainkan tumbuh-tumbuhan pun juga.

Mugkin sudah cukup sampai di sini saja, kalau kurang koment ya! Kalo bisa koment yang banyak. Terima kasih!

√ 555+ Chatting Lucu WA Ngerjain Temen Maupun Takhlukan Hati Doi

Show Comments

No Responses Yet

    Tinggalkan Balasan