Rasyaa Waktuku tidak lama, semoga bisa bermakna untuk semesta Lescazia.

Kata-Kata Ali bin Abi Thalib

16 min read

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Hai kawan, gimana kabarnya semua?! Semoga selalu dalam keadaan sehat tak kurang suatu apapun. Sebagai seorang muslim tentunya tahu dan kenallah dengan khalifah keempat umat Islam yakni Sayyidina Ali. Penasaran apa saja kata-kata Ali bin Abi Thalib?!

Dalam artikel kali ini admin akan menyajikan kepada kamu tentang kata bijak Sayyidina Ali ra yang menyentuh hati dan memotivasi diri kita untuk selalu semangat dalam menjalankan segala aktivitas.

Berikut kata-kata Sayyidina Ali ra yang abadi sampai sekarang.

Tentang Khalifah Ali bin Abi Thalib

Sayyidina Ali bin Thalib ra merupakan saudara sepupu dari Rasulullah SAW sendiri. Sebab bapak beliau adalah paman Nabi SAW. Ali bin Abi Thalib lahir 23 tahun yang lalu sebelum berhijrah.

Saat wahyu pertama Nabi Muhammad SAW turun, umur Saidina Ali masih belia yakni 10 tahun.

Tahukah kamu bahwa Sayyidina Ali dijuluki sebagai Babul Ilmi?!Sebab ilmu dan wawasannya sangat luas. Juga beliau dulu diajar langsung oleh Rasulullah SAW tentang berbagai macam hal terutama tentang kehidupan.

Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra ini dikenal masyarakat sebagai orang yang pemberani, rendah hati, tidak sombong, dan sederhana.

Sayyidina Ali ra termasuk para sahabat Rasulullah yang sering menemani dan belajar dengan beliau. Tidak hanya sebagai saudara sepupu Rasulullah SAW, namun juga menjadi menantu Nabi setelah menikah dengan putri Baginda Nabi yakni Fatimah.

Kata Bijak Islami Sahabat Ali RA

Saking luasnya wawasan dan ilmu sahabat Ali ra, beliau sering sekali mengucapkan kata mutiara yang mengena dan abadi hingga sekarang. Kata-kata tersebut mengandung makna yang sangat dalam, penuh hikmah, dan banyak nasehat.

Berikut ini kata-kata bijak Ali ra yang mendalam, penuh arti, dan akan terngiang-ngiang dipikiran kita.

Bodohnya Manusia

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Sahabat Ali mengatakan ini merupakan sebuah bentuk peringatan kepada kita bahwa penyesalan itu letaknya di akhir. Maka sebelum kita menyesal, alangkah baiknya kita memanfaatkan waktu kita sekarang dengan sebaik-baiknya.

Sebab dari ucapan Sayyidina Ali ra kita disindir dengan kata, “betapa bodohnya manusia”. Betapa bodohnya kita, telah diberi modal oleh Allah SWT berupa umur dan kesempatan yang sangat luas, namun kita tidak bisa memanfaatkannya dengan baik.

Ingatlah kata beliau bahwa jika kita menghancurkan masa sekarang nanti kita akan menyesal di masa depan nanti.

Baca juga: Kata-Kata Taubat

Tentang Dirimu

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Makna dari quote di atas adalah kalian tidak perlu menjelaskan diri kalian itu siapa. Sebab mereka sudah tau siapa dirimu sebenarnya. Nama sudah menjadi branding di mata teman-temanmu.

Tentang Bunga

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Makna dari kata mutiara Sayyidina Ali di atas adalah selalulah berbuat baik kapanpun dan dimanapun. Tidak peduli mereka sering menjahati kita, tidak peduli dia benar-benar benci kepada kita.

Hendaknya kita bermanfaat dan berguna bagi diri kita sendiri terutama, saudara, keluarga, dan masyarakat. Selama kita bisa berbuat baik, kenapa harus berbuat buruk?!

Tidak ada ruginyakan kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Kita bisa menabur benih-benih manfaat yang bisa dicontoh orang lain juga, bisa jadi amal jariyahkan?!

Bagaikan bunga harum, wanginya semerbak membuat orang menciumnya damai dan tenang.

Tidak pandang bulu siapa yang akan ditolong, selama itu masih manusia bahkan orang Indonesia, sudah sepatutnya kita bantu dan beri pertolongan semaksimal mungkin kita bisa.

Tentang Wanita

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Kamu bisa unduh lalu bagikan ini sebagai story dan postingan di instagram, twitter, facebook, dan wa.

Kata-kata tentang wanita menurut beliau ini menunjukkan bahwa orang baik atau sholehah hati dan sikapnya akan membuat seluruh tubuh ikut cantik termasuk rupa.

Dengan kecantikan seorang wanita atau istri akan membuat suami betah dan lebih peka terhadapnya.

Hati mempengaruhi segalanya. Jika hati baik, selalu berhusnudzon, sifat terpuji seluruh tubuh juga akan ikut baik. Adapun sebaliknya jika hati saja sudah buruk, seluruh tubuh juga akan buruk.

Tidak hanya percantik wajah, namun percantik juga hatimu. Dan untuk kamu wanita yang belum menikah suamimu adalah cerminan dirimu. Jika dirimu sholehah selalu berperilaku baik insya Allah, Allah akan berikan yang terbaik untukmu.

Maka selalulah berbuat baik, tak mengenal kapanpun waktu, bagaimanapun kondisinya, dan dimanapun tempatnya!

Lepaskan

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Makna dari kata bijak sahabat Ali ra di atas adalah buat hidupmu bahagia. Hilangkan segala kesedihan yang masih membekas di dalam hati. Sebab jika kamu biarkan stres dan sedih terus tumbuh di hati, yang ada kamu hanya akan selau pesimis dan tidak fokus pada tujuan.

Jalani hidup ini dengan senang hati dan penuh kebahagiaan supaya kamu tidak terbebani dalam melakukan segala hal.

Ikhlaskan segala yang masih mengganjal di lubuk hatimu terdalam. Lakukan yang terbaik dan fokus pada satu titik yakni target yang ingin kau capai. Selamat berjuang!

Kata Mutiara Islam Tentang Pembersihan

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita
Body is purified by water. Nafs by tears. Intellect is purified by knowledge. And soul is purified with love.
Tubuh dibersihkan dengan air. Jiwa dibersihkan dengan air mata. Akal dibersihkan dengan pengetahuan. Dan jiwa dibersihkan dengan cinta.

Makna dari quotes di atas adalah pentingnya kita untuk melakukan pembersihan. Sebagai seorang manusia yang tak terlepas dari kesalahan dan dosa, sudah sepatutnya kita untuk selalu membersihkannya.

Jika yang kotor tubuh maka bersihkan dengan air sampai bersih. Kalau jiwa yang kotor, maka bersihkan menggunakan perasaan kemudian tumpahkan dengan air mata. Jiwa juga bisa dibersihkan dan dibuat bahagia dengan cinta. Sebab cinta membutakan segalanya.

Jika akal yang kotor atau kurang ilmu maka cari pengetahuan dan wawasan supaya kamu tahu tentang segala hal.

Diamnya Seseorang

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Makna quote di atas adalah jangan mudah mengklaim orang dari prasangka dan pemikiranmu. Sebab sebagian dari prasangka adalah keburukan.

Pernahkah kita mengklaim dia adalah seorang yang amat sombong?! Kitakan bisa berhusnudzon mungkin dia sedang banyak urusan, galau, dan bertengkar sama dirinya sendiri.

Bahkan terkadang dia lagi diam, malah kita menganggap sombong. Daripada kamu suudzon berakibat dosa. Maka janganlah sekali-kali kamu beranggapan dan berprasangka bahwa diamnya seseorang karena dia sombong.

Perhatikan Hati Romantis

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita
Don’t engage your heart in grief over the past, or you wont be ready for what is coming.
Jangan biarkan hatimu berlarut-larut dalam kesedihan atas masa lalu, atau itu akan membuatmu tidak akan pernah siap untuk menghadapi apa yang akan terjadi.

Makna dari kata menyentuh hati sahabat Ali ra di atas adalah hilangkan segala kegalauan dan kesedihan yang teramat dalam di hati. Sebab jika kamu berlama-lama dalam keterpurukan tersebut akan membuat kamu pesimis dan pada akhirnya putus asa.

Jika sudah putus asa segala impian dan target tidak akan terwujud. Maka kamu harus tegar dan tabah dalam menghadapi segala masalah dan cobaan yang datang silih berganti.

Memang terkadang sulit, namun mau bagaimana lagi?! Pengen sukses, raih kesuksesanmu dengan sungguh-sungguh dan percaya diri. Lupakan dan hilangkan kesedihan yang masih membekas di hati.

Sembuhkan dan bahagiakan hatimu dengan penuh keceriaan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jika hatimu senang jiwamu akan kembali semangat dan impianmu akan segera terwujud.

Selalu Optimis Tentang Prinsip Hidup

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Tepat sekali apa yang dikatakan beliau bahwa orang yang putus asa, tidak punya harapan, dan pesimis akan mengalami banyak sekali kesulitan pada setiap kesempatan di depan mata.

Padahal yang namanya kesempatan seharusnya mempermudah jalan, eh malah dibuat sulit. Apa gunanya membuat sesuatu yang mudah menjadi sulit?!

Adapun orang yang memiliki ambisi, semangat, dan optimis bisa memanfaatkan kesempatan pada setiap kesulitan. Segala hal yang menantang di depan mata dibikin enjoy sajalah.

Tau Diri

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Makna dari quotes di atas adalah intropeksi dirimu dahulu sebelum kamu menilai orang lain. Makanya Sayyidina Ali mengatakan ini karena betapa pentingnya tau apa saja kesalahan dan kekurangan kita.

Mungkin tanpa kita sadari kesalahan dan kekurangan kita lebih banyak ketimbang orang yang kita anggap banyak dosa.

Perkara Penyakit dan Obat

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita
kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Seperti apa yang telah dikatakan salah seorang sahabat yakni Ali bahwa tidak semua obat itu bisa menyembuhkan dan meringankan hati yang sedang terluka.

Tidak semua yang menenangkan kita itu membuat hidup kita lebih bahagia, bisa jadi dia adalah ilusi supaya kita terkecoh dari tujuan yang kita rancang.

Begitu pula segala yang menyakitkan malah bisa menjadi sarana penyembuh hati kita.Tidak semua yang kita anggap buruk itu buruk, bisa jadi dia adalah alasan kita bisa bahagia hingga kini.

Bintang Bersinar Terang Tentang Hidup

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita
kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Makna dari quote tersebut adalah janganlah kamu gelisah?! Entah karena dicuekin, dibuat malu, bahkan sampai diputusin doi. Jadi, semakin sulit rintangan dan masalah seharusnya kamu akan semakin tenang dan santai menghadapinya.

Sayyidina Ali ra mengumpamakan ini sebagai terangnya bintang di kegelapan malam. Jadi berusahalah untuk menjadi bintang yang terang?!

Baca juga: Kata-Kata Jodoh

Tentang Teman Sejati

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita
kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Makna quotes Saidina Ali ra di atas adalah arti sebenarnya tentang teman sejati. Ciri dari teman sejati ialah saat kita melakukan kesalahan dia akan senantiasa menasehati kita.

Juga jika kita sedang keluar atau tidak ada di sisi kita dia akan membela dan melindungi kita dari tuduhan, fitnah, dan omongan yang tidak-tidak.

Tentang Sunnah

  kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta

Saking cinta dan patuhnya kepada Baginda Nabi Muhammad SAW beliau berkomitmen untuk selalu menjaga dan istiqomah menjalankan sunnah-sunnahnya. Bahkan hingga kepentingan sepenting apapun beliau tetap kokoh dalam pendirian dan tak akan meninggalkan sunnah.

Obat Hati

  kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta

Dalam hidup ini kita sebagai manusia diberi bekal quran dan hadits. Quran adalah firman Allah yang menuntun kita di jalan yang benar dan mengantarkan kita ke surga. Tidak hanya menjadi tuntunan, namun juga menjadi obat hati bagi kita yang sering membaca dan mengamalkan isinya.

Memaafkan

  kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta

Tahukah kalian apa kemenangan terbaik?! Kemenangan terbaik adalah memaafkan. Memaafkan kesalahan orang lain adalah cara kita untuk membuat hubungan semakin erat, kuat, dan tanpa ada perselisihan.

Maka jangan ragu untuk memanfaatkan dia yang telah melukai dan merobek hati kita. Beri dia ruang untuk menjadi teman kita. Oleh karena itu, memaafkan adalah kemenangan terbaik yang bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sulit Rasanya Soal Cinta

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
Lebih mudah mengubah gunung menjadi debu daripada menanamkan cinta di hati yang dipenuhi dengan kebencian.

Sayyina Ali ra mengatakan ini karena saking sulitnya menyembuhkan luka dihati gara-gara benci. Beliau mengumpamakan hal ini bagaikan gunung yang menadi butiran debu malah lebih sulit perkara hati ini.

Suli rasanya rasa benci dihilangkan dalam hati dan kembali ditanam dengan cinta yang tulus ikhlas. Namun, mau bagaimana lagi?! Kamu harus berusaha sekuat mungkin menghilangkan titik benci yang masih ada di hati.

Perkara Janji dan Keputusan

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
Jangan pernah mengambil keputusan ketika sedang marah dan jangan pernah mengumbar janji ketika sedang bergembira.

Pernahkah kamu marah?! Saat kamu marah, emosimu tidak terkendali dan tidak sadar apa yang kamu lakukan. Maka kamu jangan sekali-kali kamu mengambil sebuah keputusan pada waktu kamu marah.

Juga saat kamu sedang senang dan gembira, jangan kamu mudah sekali memberikan janji-janji seenaknya sendiri. Nantinya malah memberatkan dirimu sendiri.

Ya Allah

   kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
Oh Allah, when I lose my hopes and plans, help me remember that your love is greater than my disappointments, and your plans for my life are better than my dreams.

Sudah sepatutnya kita sebagai hamba Allah SWT untuk senantiasa berdoa kepada-Nya. Pernahkah kamu merasa putus harapan karena impian dan keinginanmu tidak tercapai?!

Kecewa bukan rasa hati ini?! Maka mintalah kepada Allah SWT untuk senantiasa mengingatkan kita untuk semakin cinta kepada Tuhan bukan malah kecewa.

Dan kita juga minta diingatkan Allah SWT untuk selalu berjuang atas rencana yang telah kita pikirkan. Sebab rencana Allah SWT itu yang terbaik. Maka janganlah kamu bersedih jika impianmu tidak terwujud meski telah berusaha semaksimal mungkin.

Percaya Pada Dunia

   kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
Dia yang menaruh kepercayaan pada dunia, maka dunia akan mengkhianatinya.

Ingat kawan, dunia itu fana dan sementara. Seperti apa yang telah dikatakan Sayyidina Ali ra bahwa janganlah kamu percaya sama dunia. Sebab kita hidup ini tidak kekal abadi.

Percayalah segalanya kepada Allah SWT. Sebab Dialah Sang Khalik. Dialah pemilik semua yang kita lihat, dengar, dan rasakan.

Bijak yang Utama

   kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
Lebih baik mendengarkan musuh yang bijak daripada meminta nasihat dari teman yang bodoh.

Makna quote di atas adalah bertemanlah dengan orang yang bermanfaat. Tidak peduli dia lawan maupun kawan. Jika kata-katanya bermanfaat ambil. Perhatikan apa yang dia katakan, bukan siapa yang mengatakan.

Berkumpullah dengan orang-orang yang bermanfaat dan bisa memotivasi kita supaya kita terus semangat dalam menjalani hidup ini.

Tentang Kebaikan

   kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
Sembunyikanlah kebaikan yang kamu lakukan, dan biarkan kebaikan yang telah kamu lakukan itu hanya diketahui olehmu.

Makna quote di atas adalah yang namanya kebaikan itu tidak hanya nampak terang-terangan di mata orang lain, namun juga saat sendiri.

Kata Bijak Islami Jenis Manusia

   kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta

There are two kinds of people: 1) those who seek but cannot find, and 2) those who found but still want more.

Ada dua jenis manusia:

  1. Mereka yang mencari tapi tidak bisa menemukan.
  2. Dan mereka yang menemukan, tapi masih menginginkan lebih.

Seperti yang telah dikatakan sahabat Ali ra inilah sifat manusia, tidak akan puas dengan apa yang telah didapat. Selalu mencari sampai apa yang diinginkan sampai ketemu. Setelah ketemu, malah pengen sesuatu yang lebih.

Dalam pepatah jawa,

“Wis entuk ati malah ngrogo rempelo.”

Sudah dapat hati malah menginginkan sesuatu yang lebih dalam.

Beda Zaman

  kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta

Makna quote Ali ra di atas adalah beda zamannya kita dengan anak kita. Jadi, jangan samakan metode pengajaran kita dengan anak kita.

Sesuaikan zaman yang sedang terjadi. Hari demi hari berlalu, segalanya akan berganti dengan yang lebih modern.

Ada Cahaya

  kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta

Quotes di atas bermakna bahwa cahaya akan datang untuk orang yang mau berusaha. Dengan kita berusaha insya Allah Allah akan berikan yang terbaik untuk kita.

Dalam menjalani manis pahit perjalanan hidup jika kamu mau berusaha, Tuhan akan berikan kemudahan dan petunjuk untuk menuntun kita supaya tidak tersesat dari jalan yang lurus.

Berharap dan Takut

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta

Seperti apa yang telah dikatakan sahabat Ali ra bahwa inilah realita kehidupan sekarang. Kemenangan akan didapat oleh orang yang mau berusaha dan berjuang.

Seseorang yang terus berharap dia akan terus berjuang juga mencari. Adapun orang yang penuh rasa takut dia akan khawatir akan kegagalan yang akan dia lewati dan pada akhirnya melarikan diri.

Percayalah

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta

Apakah sesuatu yang menanti itu?! Yaitu adalah kesuksesan. Dalam menempuh kemenangan kita perlu sabar yang luar biasa. Memang terkadang sabar itu berat dan tidak mudah. Namun, percayalah bahwa sabar itu indah dan berakhir dengan kebahagiaan.

Setelah lelahnya sabar kamu tempuh, insya Allah kamu akan mendapatkan target yang kamu rencanakan. Pada titik itu kamu akan lupa dengan rasa sakit saat kamu menahannya dulu daat kamu berjuang.

Amarah Itu

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta

Makna quotes sahabat Ali ra di atas adalah tahanlah amarah saat emosi tidak terkendali. Ali ra mengumpamakan amarah bagaikan bola api karena saking sulitnya dikendalikan.

Namun, jika amarah itu kamu tahan diumpamakan Sayyidina Ali ra bagaikan sesuatu yang lebih manis dan lezat daripada madu. Maksudnya adalah suatu hal yang luar biasa, dimana nafsu amarah bisa ditahan dan dikekang supaya tidak keluar. Rasanya itu lebih tenang dan nyaman.

Perkara Lisan

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta

Makna quote di atas adalah jagalah lisan?! Lisan adalah satu diantara dua lubang yang banyak menjerumuskan manusia ke api neraka. Seperti yang telah dibukukan dalam hadits.

Barang siapa yang beriman kepada Allah SWT dan hari akhir maka berkatalah baik atau diam.

Jika kamu tidak bisa menjadi matahari maka jangan jadi hama. Jika kamu tidak bisa memberikan manfaat maka jangan merugikan orang lain.

Daripada Dosa

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta

Seperti apa yang telah dikatakan Saidina Ali ra yang tersakit adalah bermaksiat dan mendapatkan dosa. Hindari segala perbuatan yang mengakibatkan dosa. Sebab dosa-dosa yang menumpuk akan menjadi siksaan di hari akhir nanti.

Sakit sekali hati ini saat dosa kita bertumpuk karena maksiat yang telah kita lakukan. Ketahuilah tempat para pendosa adalah neraka. Maka bertobatlah sebelum ajal menjemputmu dan sebelum hari pengadilan digelar?!

Perkara Karakter Tentang Sahabat

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
If you want to test someone’s character, give him respect. If he has good character, he will respect you more, if he has bad character, he will think he is the best of all.
Jika kamu ingin menguji karakter seseorang, hormati dia. Jika dia memiliki karakter yang baik, dia akan lebih menghormatimu, namun jika dia memiliki karakter buruk, dia akan merasa dirinya paling baik dari semuanya.

Bagaimana cara menguji kepribadian dan karakter seorang teman atau sahabat?! Coba hormati dia! kalau dia benar-benar baik dia akan lebih menghargai dan menghormatimu.

Adapun sebaliknya, kalau dia benar-benar buruk dia akan merasa dirinya seorang tebaik daripada yang lain.

Baik itu tidak hanya dari tindakan, namun yang terpenting adalah dari hati. Sebab hati akan mempengaruhi segalanya. Selalu hargai dan hormati dia yang lebih tua darimu. Jangan sekali-kali kamu abaikan dan acuhkan!

Cobalah Berhenti

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
Berhentilah membahas apa yang tidak kamu ketahui dan membicarakan tentang apa yang tidak menjadi perhatianmu.

Makna dari quote di atas adalah jangan mengada-ada suatu perkara?! Lebih baik diam daripada mengatakan sesuatu yang bisa menyakiti dan melukai perasaan orang.

Fokuslah pada tujuan dan target yang telah kamu tetapkan. Kamu harusnya intropeksi dirimu sendiri sebelum kamu melihat kesalahan orang lain.

Ilmu dan Kebodohan

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta

Quotes ini bahasanya sangat tinggi. Makna quote di atas adalah pentingnya kita untuk memiliki ilmu seluas-luasnya supaya tidak bodoh. Namun, perlu kamu perhatikan sepenting-pentingnya ilmu lebih penting lagi pasal adab.

Seperti apa kata pepatah, adab sebelum ilmu. Tanpa adab sebanyak apapun ilmu tidak akan ada gunanya. Setinggi-tingginya ilmu kita tidak akan bisa mengalahkan ilmu iblis. Betapa tidak?! Ilmu iblis sangat tinggi, namun dia dimurkai Allah SWT karena tidak mau sujud kepada Adam AS sebagai bentuk penghormatan.

Iblis tidak mau sujud karena dia terbuat dari api dan merasa dirinya lebih tinggi ketimbang Adam yang terbuat dari tanah.

Imam Syafii saja belajar adab sampai 40 tahun. Betapa pentingnya adab?! Maka kuasai adab terlebih dahulu sebelum ilmu. Adab menentukan segalanya?! Percuma ilmu tinggi, tapi adab tidak ada.

Jangan Merasa Kesepian

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta
Jangan merasa kesepian berada di atas jalan kebenaran hanya karena sedikitnya orang yang berada di sana.

Makna dari quote di atas adalah janganlah kamu bersedih dan berkecil hati saat kamu berada di jalan yang benar. Meskipun diacuhkan dan dicampakkan, yakinlah selalu bahwa kamu akan selamat.

Sebab dengan kebaikan yang kita lakukan akan menguntungkan kita sendiri. Orang baik itu sedikit karena sulit untuk mempertahankan diri dari godaan yang melalaikan.

Maka beruntunglah kamu yang hingga kini masih memiliki iman dan selalu taat kepada-Nya. Jika kamu melakukan kebaikan, Tuhan akan sayang kepada-Mu. Juga lakukan segala pekerjaan dengan ikhlas tanpa pamrih. Sebab dengan keikhlasan akan membuat hati ini tenang dan nyaman.

Pentingnya Sikap Murah Hati

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta

Makna quote di atas adalah tanamkan selalu sikap murah hati. Sebab dengan bermurah hati kamu akan banyak disukai teman. Oleh karena itu, lewat sikap murah hati kamu akan mampu membereskan segala masalah dan ujian yang menghadang.

Baca juga: 99+ Kata-Kata Cemburu Buta Lucu, Bijak Buat Pacar{LENGKAP}

Menyenangkan

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang cinta dan kehidupan
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang cinta dan kehidupan

Tahukah kamu ada dua cara supaya hidup selalu senang dan bahagia?! Apa itu?! Menurut Sayyidina Ali ra caranya adalah diingat dalam hati dan dalam doa seseorang.

Seseorang akan dikenang itu karena ada sesuatu yang membekas. Supaya kamu juga diingat buat mereka berikan suatu yang membekas, kali aja bekas di hati dan selalu diungkapkan lewat doa.

Sabar Sesaat

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang cinta dan kehidupan
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang cinta dan kehidupan

Makna quote di atas adalah pentingnya kita untuk selalu bersabar kapanpun dan dimanapun. Sampai sahabat Ali ra mengatakan jika kamu sabar sebentar saja ketika amarahmu meluap membakar jiwa raga maka kamu akan terbebas dari ribuan penyesalan.

Sebab kalau kamu marah segala yang ada di sekitarmu akan menjadi tumbalnya dan kamu akan menyesal oleh apa yang telah kamu perbuat.

Hidup Ini

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang cinta dan kehidupan
kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang cinta dan kehidupan

Seperti apa yang telah dikatakan saudara Ali ra bahwa hidup ini sementara dan hanya ilusi. Juga diumpamakan beliau sebagai bayangan awan dan mimpinya seorang yang sedang tidur.

Makna quote di atas adalah jangan terlalu berharap atas segala yang sifatnya sementara?! Hidup di dunia fana ini jangan terlalu berambisi?! Sebab kita di sini tidak kekal abadi.

Berbuat Baik Pada Istri Untuk Fatimah

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang cinta dan kehidupan
Berikan perhatian dan bersikap baiklah kepada istrimu. Dia ialah bunga yang lembut, bukan budak rumah tanggamu.

Apakah kamu sudah beristri?! Makna quote di atas adalah bersikap baiklah kepada istrimu. Sebab dia adalah separuh jiwamu. Jangan jadikan dia seperti pembantu?!

Istri adalah seorang wanita yang luar biasa. Apalagi dia juga ibu dari anak-anak kita. Sudah sepatutnya kita berbuat baik dan menyenangkan hatinya.

Jangan Marah

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang cinta dan kehidupan

Makna dari quote di atas adalah janganlah kamu marah. Sebab amarah yang muncul dari dirimu akan membuat hati, jiwa, dan raga terbakar sakit dalam sekejap.

Quote ini tidak sembarang quote, sebab beliau memerintahkan kita untuk senantiasa menjaga amarah. Amarah itu lahir dari kegilaan yang merasuk dalam jiwa. Dan pada akhirnya hanya ada penyesalan saja.

Bersabarlah Kawan

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang cinta dan kehidupan

Makna dari quote di atas adalah pentingnya kita untuk selalu bersabar dalam kondisi apapun, kapanpun, dan dimanapun. Sayyidina Ali bin Abi Thalib adalah seorang penyabar yang luar biasa.

Tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun kata bijak beliau ini juga untuk kita supaya selalu sabar dan tabah.

Sikap baik beliau bisa kita tiru dan aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Beda Antara Lawan dan Kawan

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang cinta dan kehidupan

Makna dari quotes di atas adalah masih banyak jalan untuk kamu yang dulu lawan dan sekarang menjadi kawan. Namun, jangan biarkan kawanmu menjadi musuh.

Masih banyak pintu maaf untuk bertaubat meminta ampun kepada Allah SWT atas maksiat dan dosa yang telah kita perbuat. Gunakan pintu tersebut sebelum terlambat?!

Abaikan Rasa Sakit

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang cinta dan kehidupan

Makna dari quote di atas adalah mengabaikan rasa sakit yang mengganggu tujuanmu supaya kamu selalu bahagia kapanpun dan dimanapun.

Pernahkah kamu merasakan hal ini?! rasa sakit yang muncul dalam diri kita jika tidak segera diabaikan dan dihilangkan akan membekas juga terngiang sewaktu-waktu.

Rasa sakit tersebut dimusnahkan agar kita senantiasa bahagia dan senang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak terbebani dan tidak terpaksa karena sakit yang mendalam dan sulit untuk diobati.

Dua Hari

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang cinta dan kehidupan

Makna kata mutiara suami Fatimah binti Rasulullah SAW di atas adalah tegarlah dalam menjalani hidup ini. Sebab roda itu berputar, kadang di atas dan kadang di bawah.

Kadang bahagia dan kadang sengsara. Semua ada masanya. Sabar dan berusaha menjadi lebih baik dari kemarin adalah hal yang luar biasa.

Tentang Teman dan Sahabat

kata kata bijak mutiara ali bin abi thalib tentang cinta dan kehidupan

Seorang teman tidak dapat dianggap teman hingga ia diuji dalam tiga kesempatan:

  • pada saat membutuhkan
  • saat belakangmu
  • waktu setelah kematianmu

Makna dari pernyataan Sayyidina Ali di atas adalah pembuktian bahwa teman kita itu benar-benar teman, maksudnya setia meskipun kita sedang kesusahan, membutuhkan, dan di belakang.

Kesetiaan seorang teman bisa kita buktikan lewat 3 kejadian di atas. Saat membutuhkan, apa yang temanmu lakukan saat kita membutuhkan sesuatu?! Apakah dia akan membantu?! Atau pura-pura tidak tahu bahkan malah mengabaikan?!

Teman sejati adalah dia yang tidak pandang keadaan. Jadi, dia akan selalu membersamai kita kapanpun, dimanapun, susah, maupun senang.

Kemudian, di belakangmu. Saat kamu tidak bersama temanmu dan tidak tahu, dia malah membicarakan aib dan segala hal yang buruk tentang kita. Itu namanya teman yang munafik.

Lalu, setelah kematianmu. Sebagai seorang yang benar-benar teman seharusnya menjaga keburukan kita saat dulu masih hidup. Tidak malah mengumbar aib kita. Itulah tiga waktu untuk menguji kesetiaan teman kita menurut Sayyidina Ali ra. Selamat mencoba!

Baca juga: Kata-Kata Umar bin Khattab

Menjaga Rahasia Dari Siapapun

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Kata-kata quotes beliau ini menjadi wejangan bagi kita untuk selalu menjaga segala rahasia dalam diri kita. Namanya juga rahasia, berarti tak ada seorangpun yang boleh tau apa isi dan seluk-beluknya.

Kata beliau rahasia itu bagaikan tawanan. Namanya juga tawanan berarti harus dijaga benar-benar supaya tidak bisa lepas. Kemudian dilanjutkan jika tawanan kabur kita malah bisa menjadi tahanan mereka.

Ikutilah Jalan Kebenaran

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita
kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita
Jangan megikuti mayoritas, tapi ikutilah jalan kebenaran. Hiduplah di dunia ini layaknya seorang pengembara, dan tinggalkan setiap kenangan manis di belakangmu. Sesungguhnya kita hanyalah tamu di sini, dan setiap tamu harus segera pergi.

Kita hanyalah makhluk kerdil ciptaan Tuhan. Kita tidak bisa melakukan sesuatu tanpa kehendak dari-Nya. Bumi ini bukan tempat tinggal kita sebenarnya. Tempat abadi kita nanti di akhirat; dimensi dimana kita tidak akan lagi dihitung amal baik dan buruknya.

Istilahnya itu kita hidup di bumi ini hanya sebagai tamu atau numpang lewat saja. Tidak lama lagi kita akan pergi meninggalkan tempat ini. Tinggal menunggu waktu.

Percayalah Kepada Allah

kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita
kata kata ali bin abi thalib tentang kehidupan cinta wanita

Makna dari kata mutiara sepupu Rasulullah SAW di atas adalah pentingnya kita percaya kepada Allah SWT.

Setiap orang tentu memiliki masalah masing-masing. Dan Allah SWT tau berapa kadar yang tepat untuk kita. Perlu kamu ketahui bahwa Allah SWT tidak akan memberikan ujian ataupun masalah melebihi kesanggupannya.

Maka janganlah kamu bersedih dan berkecil hati karena ribuan masalah datang secara tiba-tiba.

Berapa besarpun masalah yang kamu hadapi insya Allah akan terlewati, sebab seperti yang telah dikatakan Sayyidina Ali ra bahwa kita punya Allah Yang Maha Besar. Dialah yang menciptakan masalah yang besar pula.

Yakin dan mintalah kemudahan dan kelancaran dalam menghadapi masalah besar di depanmu kepada Allah SWT.

Video Kata Bijak Sayyidina Ali

Inilah video kata mutiara Sayyidina Ali radhiyallahu anhu yang menggelegar dan cetar membahana di dunia.

youtube.com

Itulah kata-kata mutiara islam Ali ra beserta videonya yang semoga bisa kita ambil hikmah dan nasehatnya. Semoga kita bisa menjadi pribadi muslim yang unggul seperti beliau.

Rasyaa Waktuku tidak lama, semoga bisa bermakna untuk semesta Lescazia.

Kata-Kata Rendah Hati

Rasyaa
8 min read

Kata-Kata Merry Riana

Rasyaa
8 min read

Kata Mutiara Untuk Suami

Rasyaa
10 min read

Tinggalkan Balasan