47

13+ Kata-Kata Filsuf Filsafat Socrates & Tokoh Populer Dunia [LENGKAP]

Kata-Kata Filsafat- Filsafat ialah studi tentang pemikiran manusia dan fenomena kehidupan secara kritis dengan konsep mendasar.

Kata “filsafat” berasal dari bahasa Arab yakni falsafah dan bahasa Yunani yaitu “philosophia”. Philien artinya cinta dan sophia adalah kebijaksanaan.

Dalam kesempatan kali ini admin akan menyajikan artikel tentang kata-kata filsafat yang bisa memotivasi Anda dan membuat hidup Anda lebih semangat menjalani kehidupan.

Apa itu Filsafat?

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri
image source: ilmudasar.id

Tahukah Anda perbedaan filsafat, filosofi, filosofis, falsafah dan filsuf? Bedanya adalah sebagai berikut:

  • Filsafat itu adalah satu cabang ilmu yang mempelajari logika, kosmologi, epistemologi, estetika dan etika dalam hidup.
  • Filosofi adalah pandangan hidup sekelompok orang yang bersifat subjektif.
  • Filsuf ialah seorang yang ahli filsafat seperti Hobbes, Heidegger, Kant, Nietzche, Phytagoras, Descartes, Sokrates, Plato dan Aristoteles.
  • Filosofis merupakan segala sesuatu yang didasarkan oleh filsafat.
  • Falsafah ialah pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang.

Kata-Kata Bijak Filsuf Socrates Filsafat Islam

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri

Socrates dicela sebab makan terlalu sedikit, maka dia menjawab,“aku makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan”.

Dari quote filsuf Yunani Socrates di atas kita bisa mengambil pelajaran yakni apasih tujuan kita hidup di dunia ini?

Kita hidup itu memiliki impian masing-masing, untuk mencapai hal tersebut kita harus bekerja semaksimal mungkin. Jangan terpicu dengan rintangan di depanmu.

Filsuf Socrates menjelaskan bahwa makan itu untuk kita bisa bertahan hidup, bukan malah hidup dengan tujuan makan. Jadi, makanlah secukupnya, jangan terlena dengan hal itu.

Karena makan adalah sarana kita agar tetap kuat menjalani hidup bukan menjadi tujuan hidup.

Kesejahteraan Tentang Hidup

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri

Bencana memberi nasihat, sedangkan kesejahteraaan memberi peringatan.

Maksud quote tersebut adalah dengan datangnya bencana secara tiba-tiba, dapat menjadi nasihat kepada kita agar senantiasa ingat kepada Tuhan dan jangan melakukan kedholiman di muka bumi ini.

Kemudian, belum tentu sejahtera bisa membahagiakan kita semua. Bisa jadi sejahteranya Anda sekeluarga malah menjadi peringatan supaya terus waspada akan bahaya yang tiba-tiba datang.

Mengomentari Orang Lain

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri

Jangan mengomentari kesalahan orang lain, sebab orang tersebut akan mengambil manfaat dari ilmumu kemudian menjadi musuhmu.

Introspeksi dirimu terlebih dahulu sebelum menasehati dan memberikan saran kepada orang lain. Sebab bisa jadi kesalahanmu lebih banyak daripada orang yang kamu nasehati.

Jangan Sedih

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri

Kesedihan membuat akal terpana dan tak berdaya. Kalau Anda sedang tertimpa kesedihan, terimalah dengan keteguhan hati dan kondisikan akal untuk mencari jalan keluar.

Sedih hanya akan membuat Anda putus asa dan terhalang dari tujuan utama Anda hidup. Hadapi kesedihanmu dengan sabar dan tabah, jangan terlalu larut di dalamnya nanti akan membuatmu pesimis.

Gunakan hati untuk merenungi dan gunakan akal untuk berpikir bagaimana cara keluar dari masalah ini.

Untuk Anda orang muslim, Laa Tahzan Innallaha Ma’ana. Jangan bersedih sesungguhnya Allah bersama kita.

Yakinlah selalu bahwa Allah SWT bersama kita jika tak bersedih. Teguhkan dan kuatkanlah hatimu menghadapi segala cobaan yang menghadang.

Berpikir Sebelum Bertindak

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri

Cobalah dulu, sebelum bercerita. Pahamilah dulu, sebelum menjawab. Pikirlah dulu, sebelum berkata. Dengarlah dulu, sebelum memberi penilaian. Dan bekerjalah dulu, sebelum berharap.

Quotes di atas sangat memotivasi kita untuk mencoba terlebih dahulu sebelum menceritakannya ke orang-orang.

Mencoba adalah hal yang sulit bagi seorang pemula, tapi dengan mencoba Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak akan terlupakan. Melalui hal inilah Anda bisa menjadi seorang yang expert di bidangmu.

Baru setelah Anda mencoba Anda bisa bercerita. Sebab kebanyakan orang bercerita terlebih dahulu sebelum mencoba, itu salah! Karena dia menceritakan apa yang dia belum coba.

Kemudian, memahami akar masalah, sebelum memberikan jawaban. Bagaimana kita bisa menjawab apabila kita belum memahami?!

Dengan Anda memahami, baru Anda bisa menjawab. Lalu, berpikir sebelum berkata. Mungkin diantara kita lebih banyak omong sebelum berpikir. Itu tidak baik karena omongan tak sebaik pikiran.

Lalu, dengarlah terlebih dahulu sebelum memberikan penilaian. Dengan kita mendengar, kita bisa menilai dari bagaimana bagusnya suara yang dihasilkan.

Yang terakhir ialah bekerja terlebih dahulu sebelum berharap. Bagaimana kita bisa berharap apabila kita tidak mau bekerja? Segala yang kita harapkan akan terwujud jika kita mau bekerja semaksimal mungkin.

Usia Tua Yunani Klasik

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri

Setelah berusia tua, Socrates belajar musik. Kemudian ada orang berkata padanya,”Apakah Anda tak malu untuk belajar di usia tua?”. Dia pun menjawab,”Saya akan lebih merasa malu menjadi orang yang bodoh di usia tua”.

Belajar tak kenal usia. Selama kita mampu kenapa tidak? Kuatkan dirimu untuk belajar. Sebab benar apa yang dikatakan Imam Syafi’i, Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kamu harus siap menanggung perihnya kebodohan.

Filsuf Socrates seorang yang jenius saja masih belajar padahal saat itu usianya sudah tua. Kita bisa mengambil pelajaran dari beliau bahwa belajarlah sebanyak-banyaknya kapanpun dan dimanapun.

Lebih baik masih dalam proses belajar daripada bodoh di usia tua.

Kata-Kata Filsuf Plato

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri

Orang yang ingin bersenang-senang harus menyukai kelelahan sebab bekerja.

Mungkin pekerjaan sangat melelahkan, namun dengan begitu Anda akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Jadi, jika Anda ingin bersenang-senang, nikmatilah lelahmu dalam bekerja.

Kata-Kata Filsafat Tentang Teman

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri

Jangan terlalu banyak mengenal orang! Karena kalian lebih sering disakiti oleh orang yang kalian kenal, sedangkan orang yang tak kalian kenal malah tak bisa menyakiti kalian.

Filsuf Plato mengatakan hal demikian karena menurut beliau tidak semua yang kita kenal itu suka kepada kita, bisa jadi mereka membenci malah menyakiti.

Berbeda halnya dengan mereka yang tidak kita kenal, justru mereka lebih aman dan tidak akan bisa melukai hati kita.

Untuk Diri Sendiri

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri

Budi pekerti yang tinggi merupakan rasa malu terhadap diri sendiri.

Menjadi seorang berakhlak mulia adalah hal utama yang harus kita upayakan. Bagaimana caranya? Caranya adalah miliki rasa malu terhadap diri sendiri.

Malulah kepada dirimu sendiri!

Kata-Kata Filsafat Moral Kehidupan

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri

Kerendahan seseorang diketahui melalui dua perkara: banyak berbicara tentang perkara-perkara yang tak berguna dan bercerita padahal tak ditanya.

Banyak omong adalah sikap yang harus Anda hilangkan, jika sikap tersebut masih melekat pada kepribadianmu.

Apalagi omonganmu adalah omong kosong. Sampai berbusa-busapun perkataanmu tak ada harganya. Maka mulai sekarang tinggalkan segala hal yang tak berfaedah!

Kemudian, bercerita padahal dia tak ditanya. Orang bijak tentu bisa mengkondisikan lisannya saat berucap. Dalam konteks ini yakni bercerita.

Seorang yang bijak akan bercerita jika ditanya saja. Kenapa harus bercerita padahal tidak ada yang bertanya?

Kata-Kata Phytagoras

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri

Jangan membanggakan apa yang Anda lakukan hari ini! Sebab Anda tak akan tahu apa yang akan diberikan di hari esok.

Belum tentu apa yang Anda dapatkan hari ini besok akan Anda peroleh juga. Maka dari itu jangan terlalu senang dengan hasil yang Anda peroleh hari ini!

Syukuri apa yang Anda peroleh hari ini niscaya Allah akan memberikanmu nikmat lebih di hari esok.

Tentang Sahabat

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri

Pukulan dari sahabatmu lebih baik ketimbang ciuman dari musuhmu.

Sebab sahabat adalah seorang yang mengerti bagaimana perasaan kita sekarang. Pukulan sahabat adalah sebuah kebaikan supaya kita bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Musuh adalah lawan yang harus kita hadapi. Maksud “ciuman” disini ialah hal yang memalingkan kita. Jadi, lebih baik ditegur dan ddingatkan seorang sahabat daripada ditipu dengan hal yang menggiurkan dari lawan.

Kata Bijak Para Ahli Filsafat

kata kata filsuf filsafat islam socrates plato bijak, cinta, diri sendiri

Marah itu mudah. Namun, marah kepada siapa? dengan kadar kemarahan yang tulen, pada waktu dan tujuan yang benar, serta dengan langkah yang tepat itu yang sulit. (Aristoteles)

Maksud tokoh bijak Aristoteles di atas adalah janganlah marah! Sabarlah terhadap segala hal yang Anda hadapi! Tapi, pada kondisi tertentu kemarahan kita boleh dilampiaskan.

Kondisi tersebut adalah ketika agama yang Anda anut dilecehkan.

“Kesulitan” Douglas Jerrold

Kesulitan itu bagaikan seorang bayi. Cuma bisa berkembang dengan cara merawatnya. (Douglas Jerrold)

Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam menjalani hidup. (John Pattrick).

Jangan sekali-kali melupakan apapun yang pernah dikatakan seseorang saat dia marah, sebab akan seperti itu jugalah perlakuannya pada Anda. (Henry Ward Beecher)

Keberhasilan merupakan kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan selanjutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)

Keahlian terbentuk melalui bentuk gelombang yang tenang, sementara perilaku terbentuk dari riak besar kehidupan. (Goethe)

Secara teoritis saya percaya bahwa hidup harus dinikmati, namun pada kenyataannya malah sebaliknya karena tak semuanya mudah untuk dinikmati. (Charles Lamb)

Orang yang menginginkan impiannya terwujud, sepatutnya harus menjaga diri supaya tak tertidur. (Richard Wheeler)

Jika Anda ingin bahagia, tetapkan tujuan yang dapat mengendalikan pikiran, melepaskan tenaga dan mengilhami harapan Anda, (Andrew Carnegie).

Kita hanya berfikir saat kita terbentur pada suatu masalah. (John Dewey)

Kata-Kata Filsafat Hukum

Kesalahan orang lain selalu berada di mata kita, namun kesalahan kita sendiri berada di punggung kita. (Ruchert)

Yang baik untuk orang lain ialah selalu yang benar-benar membahagiakannya. (Aristoteles)

Segala yang real sifatnya rasional dan segala yang rasional sifatnya real. (Hegel)

Sebelum saya membantu orang lain, saya harus bisa membantu diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri terlebih dahulu. (Petrus Claver)

Alangkah baiknya bertempur dan kalah ketimbang tak pernah lagi bertempur sama sekali. (Arthur Hugh Clough)

Hidup merupakan lelucon yang baru saja dimulai. (W.S. Gilbert)

Orang yang dapat menggunakan dan menyimpan uang ialah orang yang paling bahagia, sebab ia memiliki dua kebahagiaan. (Samuel Johnson)

Kebijaksanaan tak pernah berbohong. (Homer)

Tuhan sering mengunjungi kita, namun kebanyakan kita sedang tak ada di rumah. (Joseph Roux)

Seorang pendengar yang bijak akan mencoba memahami sepenuhnya apa yang dikatakan orang lain. Pada akhirnya mungkin saja ia sangat tak setuju, namun sebelum ia tak setuju, ia ingin tahu dulu dengan tepat apa yang tak disetujuinya. (Kenneth A. Wells)

Seorang lelaki telah merasakan setengah jatuh cinta terhadap wanita yang mau mendengarkan perkataannya dengan penuh perhatian. (Brenden Francis)

Kata-Kata Filsafat Dalam Dunia Politik Demokrasi

Kebahagian hidup yang sesungguhnya ialah hidup dengan rendah hati. (W.M. Thancheray)

3×25 Watt ≠ 75 Watt
Sebuah bola lampu dengan kekuatan 75 watt kelihatan bersinar lebih terang ketimbang tiga bola lampu kekuatan 25 Watt yang dihidupkan secara bersamaan.

Dari semua hal tersebut, pengetahuan ialah hal terbaik, sebab tak kena tanggung jawab juga tak bisa dicuri, sebab tak bisa dibeli dan tak bisa dimusnahkan. (Hitopadesa)

Jika orang memulai dengan sebuah kepastian, pasti dia akan berakhir dengan keraguan. Dan apabila orang memulai dengan sebuah keraguan, dia juga akan berakhir dengan kepastian. (Francis Bacon)

Hanya sedikit orang yang ingin akan kebebasan, sebab kebanyakan cuma ingin seorang tuan yang adil. (Gaius Sallatus Crispus)

Dilupakan orang, tak diperhatikan, tak dicintai dan tak diinginkan itu adalah derita kelaparan yang luar biasa, kemiskinan yang lebih besar ketimbang orang yang tak mampu makan. Kita seharusnya saling merasakan hal tersebut. (Ibu Teresa)

Pengalaman bukan hanya yang telah terjadi terhadap diri Anda. Namun, apa yang Anda lakukan dengan kejadian yang Anda hadapi. (Aldous Huxley)

Dunia ialah panggung komedi untuk mereka yang memikirkannya dan tragedi untuk mereka yang merasakannya. (Harace Walpole)

Saya yakin bahwa kata managing yakni memegang burung dara di kepalan tangan. Jika terlalu erat ia akan mati. Dan jika terlalu kendur, dapat terlepas. (Tommy Lasorda)

Sejarah manusia adalah sebuah tanah pemakaman yang berasal dari kebudayaan-kebudayaan yang tinggi, yang terkikis disebabkan mereka tak mampu melakukan reaksi sukarela yang terencana dan rasional untuk menghadapi sebuah tantangan. (Erich Fromm)

Kata-Kata Filsafat Atheis Terbaru

Kemajuan ialah kata yang merdu. Namun, perubahanlah penggeraknya dan perubahan memiliki banyak musuh. (Robert F. Kennedy)

Kita mengajarkan arti kata disiplin untuk kebaikan, untuk bekerja, untuk rajin, bukan supaya anak-anak menjadi penurut, pasif dan loyo. (Maria Montessori)

Pendidikan dan tugas adalah mengusahakan supaya anak tak memiliki asumsi keliru bahwa kebaikan sama dengan bersikap lemah dan kejahatan sama dengan bersikap giat. (Maria Montessori)

Kemampuan menertibkan keinginan adalah latar belakang dari perilaku. (John Locke 1632-1704)

Kebahagian dari setiap negara lebih bergantung kepada perilaku penduduknya ketimbang bentuk pemerintahannya. (Thomas Chandler Haliburton 1796-1865)

Menyapu lantai dan mencuci wadah sama halnya seperti menjadi presiden. (Richard M. Nixon)

Jangan sekali-kali membanting pintu, siapa tau kita harus kembali. (Don Herold)

Diplomat adalah orang yang selalu ingat pada ulang tahun seorang wanita, namun tak pernah ingat berapa umur wanita tersebut. (Robert Frost)

Orang yang paling sengsara adalah mereka yang yang paling takut pada perubahan. (Mignon McLaughlin)

Jika manusia perlahan menjadi tua, pada umumnya ia cenderung menentang perubahan, terutama perubahan ke arah perbaikan. (John Steinbeck)

Selama hidup saya yang telah berusia 87 tahun, saya sudah menyaksikan rangkaian revolusi teknologi. Namun, tak satupun diantaranya yang tak membutuhkan perilaku yang baik atau kemampuan untuk berfikir. (Bernard M. Baruch)

Kata-Kata Filsafat Logika Cemburu

Pendidikan mempunyai akar-akar yang amat pahit, tapi buahnya sangat manis. (Aristoteles)

Pendidikan mengembangkan kemampuan, namun tak menciptakannya. (Voltaire)

Pendidikan yang baik tak menjamin pembentukan perilaku yang baik. (Fonttenelle)

Setelah makan, pendidikan adalah keperluan utama rakyat. (Danton)

Kerendahan hati disukai orang-orang terkenal. Tapi, orang yang bukan siapa-siapa sulit untuk rendah hati. (Paul Valěry)

Pengertian “Emansipasi” ialah karya seni untuk berdiri di atas kaki sendiri, namun dipeluk tangan oleh orang lain. (Alex Winter)

Sebelum menikah, saya mempunyai enam teori perihal bagaimana cara mendidik anak. Saat ini saya memiliki enam anak dan tak memiliki teori. (John Wilmot, Earl of Rochester 1647-1680)

Kebahagiaan bagaikan sebongkah batu arang, ia diambil sebagai produk sampingan untuk mempermudah proses pembuatan sesuatu. (Aldous Huxley)

Dari pesawat terbang yang saya sukai, saya melihat ilmu pengetahuan yang saya cinta memusnahkan kebudayaan, sedangkan saya mengharapkan mereka dimanfaatkan untuk kebudayaan. (Charles A. Lindbergh, Jr.)

Harapan ialah tiang yang menyangga dunia. (Pliny the Elder)

Alat penghemat kerja terpopuler hingga kini masih tetap suami yang berada. (Joey Adams)

Seorang arkeologi adalah suami yang terbaik yang dapat didapat wanita; semakin tua si istri, semakin besar pula minat suami terhadapnya. (Agatha Cristie)

Kata-Kata Filsafat Berpikir Rocky Gerung

Saya lebih suka lamunan untuk masa yang akan datang ketimbang sejarah masa lalu. (Thomas Jefferson)

Jangan memberi nasihat bila tak diminta. (Erasmus)

Manusia mudah dibohongi oleh orang yang dicintainya. (Molire)

Sebelum menulis, belajarlah untuk berpikir terlebih dahulu. (Boileau)

Orang yang berjiwa cukupan, merasa mampu menulis dengan hebat. Dan orang yang berjiwa besar merasa dapat menulis cukupan. (La Bruyère)

Kemenangan terindah ialah dapat menaklukkan hati sendiri. (La Fontaine)

Tak ada yang sekeras dan selembut hati. (G.C. Lichtenberg)

Alangkah baik mengerti sedikit ketimbang salah mengerti. (A. France)

Orang memerlukan waktu dua tahun untuk berbicara, namun untuk belajar tutup mulut butuh waktu lima puluh tahun. (Ernest Hemingway)

Penulis buku jarang intelektual. Intelektual adalah mereka yang berbicara masalah buku yang ditulis oleh orang lain. (Françoise Sagan)

Orang yang mencemarkan udara dengan pabriknya dan anak ghetto yang memecahkan kaca etalase toko menunjukkan hal yang sama. Mereka tak peduli pada orang lain. (Dhaniel Patrick Moynihan)

Mereka yang bermimpi pada siang hari akan lebih menyadari akan bahaya yang luput dari penglihatan mereka yang bermimpi pada malam hari. (Edgar Allen Poe)

”Mulai” merupakan kata yang penuh kekuatan. Langkah terbaik untuk menyelesaikan sesuatu ialah, “mulai”. Namun juga mengherankan, pekerjaan apa yang bisa kita selesaikan jika kita cuma memulainya saja. (Clifford Warren)

Saya tidak cuma menggunakan semua kecerdasan yang dipunyai otak, tapi juga yang bisa saya pinjam. (Woodrow Wilson)

Yang kalah ialah wujud hukuman dari kegagalan. Pemenang ialah penghargaan atas kesuksesannya. (Bob Gilbert)

Jika Anda mengatakan apa yang Anda pikirkan, jangan harap cuma mendengar apa yang Anda sukai. (Malcom S. Forbes)

Video Kata-Kata Filsafat Bijak Kuno

youtube.com

Semoga dengan adanya video ini Anda dapat lebih mudah memahami quote yang kami tulis.

Penutup

Selesai sudah artikel kali ini. Semoga bermanfaat! Sekian, terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Tinggalkan Balasan