1
4537

Kata-Kata Taubat

Hai gengs, gimana kabarnya semua?! Semoga kamu selalu dalam keadaan sehat tak kurang suatu apapun dan dalam lindungan Tuhan. Dalam kesempatan kali ini admin akan menyajikan artikel tentang kata-kata taubat.

Taubat merupakan suatu perkara dimana seseorang menyesal akan segala kemaksiatan yang telah dia lakukan. Taubat dilakukan supaya dosa-dosa diampuni Allah SWT.

Berikut kata-kata bijak tentang taubat dalam islam yang bisa membuat hatimu tenang dan nyaman.

Kata-Kata Taubat Menyentuh Hati

Apa arti kata taubat?! Taubat berasal dari bahasa arab yakni تَوَبَ yang artinya kembali. Taubat ialah kembalinya kita kepada Allah SWT dari dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Namun, secara syari pengertian taubat adalah meninggalkan segala kemaksiatan dan dosa yang dulu kita lakukan karena takut kepada Allah SWT.

Konten ini cocok untuk kamu yang sedang:

  • Mencari kata-kata yang membuat taubat bahsa arab, sunda, dan jawa.
  • Taubat dari anak nakal, minuman keras, bertato, judi, dan zina
  • Untuk seorang pendosa, pemabuk, preman, pecandu narkoba, dan pemuda hijrah.
  • Mencari gambar/foto kata-kata ucapan galau, gokil, gagal taubat.
  • Mencari kata mutiara, bijak tentang taubat dalam Islam, muslim, muslimah.
  • Berupaya membuat, mengajak, dan bikin orang tobat.

Kata-Kata Romantis Untuk Taubat

kata kata taubat bijak sedih dalam islam
kata kata taubat bijak sedih dalam islam
Jangan menunda Taubat, karena semakin lama perjalanan yang ditempuh, kembalinya juga menjadi semakin sulit.

Makna quote di atas adalah segeralah bertaubat?! Jangan menunggu waktu lagi?! Sebab kita tidak tahu kapan ajal datang dan seberapa lama iman ini kuat.

Perlu kamu ingat bahwa kesempatan bertaubat itu tidak setiap waktu. Nah, mumpung sekarang ada waktu luang, cepatlah bertaubat. Taubat paling mudah adalah dengan beristigfar kepada-Nya.

Jangan sia-siakan kesempatan lewat begitu saja?! Kesempatan hanya datang sekali dan tidak akan datang untuk kedua kalinya kecuali Allah SWT berkehendak.

Status Segeralah Bertaubat

kata kata taubat bijak sedih dalam islam
kata kata taubat bijak sedih dalam islam

Setiap yang bernyawa mesti merasakan kematian. Kita sebagai manusia hanyalah makhluk Sang Khalik yang lemah dan tak berdaya. Seberapa besar keinginan dan usaha kita, jika Allah SWT tidak berkehendak ya semua tidak akan terjadi.

Makna quote di atas adalah jangan terlalu yakin bahwa esok hari kita akan hidup?! Sebab segala yang di muka bumi ini berada di tangan-Nya termasuk perkara besok masih hidup atau tidak.

Begitu banyak dosa yang telah kita lakukan hari ini. Sebagai bentuk kewaspadaan kita akan kematian yang datang tiba-tiba, alangkah baiknya kita menyegerakan diri untuk bertaubat dan meminta ampun kepada-Nya sebelum terlambat.

Renungan Untuk Orang yang Bertaubat

kata kata taubat bijak sedih dalam islam
kata kata taubat bijak sedih dalam islam

Pengen disukai Allah SWT?! Segeralah bertaubat dan sucikan diri?! Dengan mengakui bahwasanya kita adalah makhluk yang penuh dosa kita tidak akan termasuk orang sombong. Perlu kamu ketahui bahwa makhluk yang Tuhan benci adalah orang sombong.

Ketahuilah yang boleh sombong di muka bumi ini hanyalah Allah SWT semata. Sebenarnya apa sih yang bisa kita sombongkan?! Sebab segala yang kita lakukan itu mesti karena izin-Nya. Jika tidak ada izin dari-Nya mana mungkin kita bisa melakukan ini semua.

Tidak ada daya dan kekuatan melainkan atas kehendak Allah SWT. Kita hanya sebagai makhluk yang bisanya meminta dan memohon kepada Sang Khalik.

Baca juga: 39+ Kata-Kata Cemburu Buta Lucu, Bijak Buat Pacar{LENGKAP}

Kesempatan Bertaubat

kata kata taubat bijak sedih dalam islam
kata kata taubat bijak sedih dalam islam

Makna dari quote di atas adalah manfaatkan kesempatan sisa umurmu dengan bertaubat meminta ampun kepada Rabb semesta alam.

Momen tersebut adalah hal terindah yang bisa kita lakukan supaya dosa kita terampuni Allah SWT.

Oleh karena itu, jangan menunggu ajal datang dan pada akhirnya menyesal akan kemaksiatan yang telah kita lakukan dulu di dunia. Ingat, kesempatan tidak datang dua kali dan hidup hanya sekali.

Selagi masih ada waktu gunakan kesempatan tersebut untuk bertaubat atas segala dosa yang telah kita lakukan selama ini.

Nasehat Perbanyak Istigfar

kata kata taubat bijak sedih dalam islam
kata kata taubat bijak sedih dalam islam

Makna dari quote di atas adalah perbanyak istigfar. Sebab istigfar mampu mengingatkan kita kembali kepada Sang Khalik. Dengan istigfar juga hati akan menjadi lebih tenang dan nyaman.

Selain itu, istigfar dapat meringankan masalah dan beban hidup di pundak kita. Istigfar adalah meminta ampun kepada Allah SWT yang paling simple. Suatu amalan yang mudah sekali dikerjakan, namun berpengaruh sekali pada diri kita itu adalah istigfar.

Kurang mudah apalagi jika dengan istigfar dosa-dosa kita juga terampuni. Meskipun hanya dosa kecil, yang penting bisa terhapus atas izin Allah SWT.

Maka jangan sekali-kali kamu meremehkan khasiat dan kekuatan istigfar. Sebab istigfar merupakan senjata kita untuk meminimalisir maksiat yang telah kita perbuat dan dosa yang telah kita dapat.

Sedih Karena Dosa

kata kata taubat bijak sedih dalam islam
kata kata taubat bijak sedih dalam islam

Quote Sayyidina Ali bin Abi Thalib di atas bermakna bahwa Allah SWT lebih suka orang yang banyak dosa dan menyesal akan perbuatannya kemudian bertaubat ketimbang orang yang sering berbuat baik namun sombong.

Perlu digaris bawahi bahwa Allah SWT benci dan murka terhadap setiap makhluk-Nya yang sombong. Yang boleh sombong di muka bumi ini hanya Allah SWT.

Maka tidak heran mengapa Tuhan membuka pintu taubat seluas-luasnya kepada kita. Yakni supaya kita mengakui kesalahan dan dosa, kemudian bertaubat memohon ampun kepada-Nya.


Kata-Kata Taubat Penyesalan

Kamu bisa bagikan kata-kata taubat bijak dalam islam ini sebagai story dan postingan di instagram, faceboook, twitter, dan wa.

Makna dari quote di atas adalah menyesallah sekarang sebelum kamu menyesal ketika masuk neraka. Lebih baik menyesali maksiat dan dosa yang telah kita perbuat ketimbang menyesal setelah dimasukkan Allah SWT ke neraka.

Rugi sekali bukan?! Saat kita diberi kesempatan pada sisa umur tidak menggunakannya untuk bertaubat malah bermain dan bermaksiat, naudzubillah min dzalik.

Maka sebelum kita menyesal akan kemaksiatan dan dosa yang telah kita lakukan, mari bertaubat juga memohon ampun kepada-Nya sekarang!

Perbanyak istigfar, dzikir, dan berdoa supaya segala dosa dihapuskan, segala pekerjaan dipermudah, dan selalu ingat kepada Allah SWT supaya kita terus taat kepada-Nya.

Hadits Tentang Taubat Sebelum Terlambat

Quote di atas ada karena saking luasnya pintu taubat Sang Khalik kepada hamba-Nya.

Seberapa banyak dosa yang telah dilakukan Bani Adam selama dia masih hidup kemudian menyesal lalu meminta ampun kepada-Nya dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi insya Allah Allah akan berikan ampunan kepadanya.

Kata-Kata Taubat Kematian

Inilah kata-kata tobat sebelum mati. Adanya kesempatan taubat untuk setiap orang yang hidup merupakan salah satu keindahan dari agama Islam.

Sebab meskipun dosa kita sepenuh langit dan bumi, jika kita menyesal dan memohon ampun kepada Allah SWT insya Allah Allah akan ampuni dosa dan rahmati hidup kita.

Perlu kita ingat bahwa kita tidak tahu kapan kematian menjemput kita. Oleh karena itu, untuk jaga-jaga kamu bisa bertaubat kapanpun dan dimanapun.

Dosa Ialah Penyakit Maksiat

Dosa merupakan penyakit, taubat ialah obat, dan berpantang dari itu ialah obat paling ampuh.

Makna quote Sayyidina Ali ra di atas adalah sembuhkan segala penyakitmu dengan taubat. Sebab taubatlah obat mujarab terhapusnya dosa-dosa kita.

Motivasi Kedamaian yang Hakiki

Makna dari quote di atas adalah jika kamu menginginkan kedamaian, selalulah taat kepada Allah SWT. Dengan ketaatan yang tulus ikhlas kepada Sang Khalik insya Allah Allah akan permudah segala beban dan masalah di depanmu.

Sujudlah kepada Allah SWT?! Sebab jarak terdekat antara Sang Khalik dengan makhluk-Nya adalah saat bersujud. Mintalah ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah dilakukan dengan berdoa terutama berdoa setelah sholat fardhu dan waktu-waktu istijabah lainnya.

Pengen Beruntung?! Bertobatlah! Taubat Dalam Alquran

Makna quote di atas adalah untuk kamu yang beragama Islam jika kamu ingin beruntung, segeralah bertaubat?! Allah telah berfirman dalam Alquran surat An-Nur ayat 31 yang intinya tentang pengingat untuk bertaubat supaya beruntung di dunia dan akhirat.

Kata Mutiara Uje

Hidup ini indah bila dipenuhi dengan rasa Syukur

Meskipun kamu selalu merasa kekurangan, tetaplah bersyukur. Sebab dengan syukur kita bisa belajar menerima dan menjalankan apa yang seharusnya kita kerjakan.

Baca juga: Kata-Kata Ali bin Abi Thalib


Jangan Remehkan Dosa Kecil

Makna dari quote Mufti Ismail Menk di atas adalah jangan biasakan diri kita untuk berbuat dosa dan meremehkannya meskipun itu dosa kecil. Sebab tanpa kita sadari dosa kecil lama kelamaan akan membesar, bisa setinggi gunung bahkan bisa penuh langit dan bumi.

Menuju Kebahagiaan

Quote di atas adalah ada 3 hal menuju kebahagiaan diantaranya,sabar ketika diuji Allah SWT. Setiap orang tentu memiliki masalah masing-masing dan berbeda-beda. Dalam menghadapi suatu permasalahan tersebut kita harus tabah dan sabar.

Hal kedua yang perlu kamu lakukan adalah bersyukur atas segala nikmat yang datang kepada kita. Sekecil apapun rezeki dan nikmat yang Tuhan berikan kepada kita sudah sepatutnya kita sebagai makhluk Allah SWT untuk senantiasa bersyukur kepada-Nya.

Perkara ketiga yang harus kamu kerjakan adalah bertaubat atas segala dosa yang telah kita perbuat.

Sadarkah kita bahwa dosa kita sudah melampaui batas, namun Allah SWT masih sayang kepada kita dan masih memberi kesempatan hidup untuk kita bertaubat memohon ampun kepada-Nya.

Tentang Taubat

Makna quote di atas adalah fungsi taubat itu ada 2 diantaranya, menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat selama ini. Seandainya Allah SWT menampilkan dosa di badan kita, niscaya orang-orang tidak akan mendekat kepada kita karena banyak dosa yang telah kita kerjakan.

Kedua, kewajiban yang belum kita tunaikan. Sebenarnya waktu hidup kita di dunia ini lebih sedikit daripada kewajiban yang telah ditetapkan Allah SWT kepada kita.

Hadits Perkara Taubat

Makna dari quote yang diambil dari hadits di atas adalah setiap orang tentu pernah berbuat salah, entah sengaja maupun tak sengaja. Dan kamu bisa menjadi yang terbaik jika kamu bertaubat memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa yang telah kita perbuat.

Hikmah Bertaubat

Makna quote di atas adalah pengingat kita untuk segera bertaubat dan beramal soleh supaya kemaksiatan kemarin diganti dengan kebaikan oleh Allah SWT di akhirat nanti.

Dalam surat Al-Furqon dijelaskan tentang perkara tersebut. Ayat tersebut turun supaya kita senantiasa ingat lalu bertaubat kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah kita kerjakan.

Makna Taubat Sejati Untuk Wanita dan Pria

Makna quote di atas adalah taubat yang kita lakukan jangan main-main. Jadi, yang namanya bertaubat ya berhenti dari kebiasaan lama(maksiat) meski dalam proses dan berusaha istiqomah di jalan kebenaran yang diridhoi Allah SWT.

Itulah yang namanya taubat sejati. Semoga kita selalu sehat tak kurang suatu apapun, dalam lindungan Tuhan, taat pada perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya, dan selalu bertaubat kapanpun dan dimanapun.

Kata-Kata Taubat dari Zina

Makna quote di atas adalah nikmati proses perjalanan hidupmu. Mungkin dulu kamu berbuat keji yakni berzina. Setelah kamu mengkui kesalan dan bertaubat, optimislah selalu dalam menatap masa depan.

Sebab dulu Umar juga pernah berbuat buruk. Dengan bertaubat dan menyesal akan kemaksiatan yang dulu dilakukan insya Allah Allah akan berikan kemudahan pada setiap urusan kita.

Kata Bijak Jawa Tobat

Aja tundha mratobat, amarga suwene perjalanan maneh, mula uga saya angel.

Teges saka kutipan ing ndhuwur langsung mratobat?! Aja ngenteni wektu liyane?! Amarga kita ora ngerti kapan mati bakal teka lan suwene iman iki bakal kuwat.

Sampeyan kudu eling yen kesempatan kanggo mratobat ora saben wektu. Ing kana, nalika ana wektu gratis saiki, cepet-cepet lan mratobat. Sing mratobat paling gampang yaiku njupuk Dheweke.

Aja sampah kesempatan mung liwat?! Kesempatan mung teka sapisan lan ora bakal teka kaping pindho kajaba ora dikarsakake dening Allah.

Status Langsung Mratobat

Mungkin srengenge isih sesuk, nanging ora kudu sampeyan (manawa urip utawa ora). Banjur mratobat dina iki.

Saben jiwa kudu rumangsa mati. Kita minangka manungsa mung minangka titah saka Pencipta sing ringkih lan ora duwe daya. Sepira gedhene kekarepan lan usaha, yen ora dikersakake dening Allah, kabeh ora bakal kelakon.

Makna kutipan ing ndhuwur ora yakin manawa sesuk kita bakal urip ?! Amarga kabeh ing bumi iki ana ing tangane, kalebu kasus sesuk, apa isih urip utawa ora.

Akeh dosa sing ditindakake ing dina iki. Minangka wujud waspada kita supaya tiba-tiba mati, luwih becik kita cepet-cepet mratobat lan njaluk pangapura marang Panjenengane sadurunge kasep.

Pengabdian Kanggo Mratobat

Pancen, Allah tresna marang wong-wong sing mratobat lan sing ngucapake awake dhewe.

Pengen disenengi karo Allah SWT ?! Langsung mratobat lan ngresiki dhewe ?! Kanthi ngerteni manawa kita makhluk dosa ora bakal sombong. Sampeyan kudu ngerti manawa makhluk sing disengiti dening Gusti yaiku wong sing sombong.

Ngerti yen sampeyan bisa dadi sombong ing bumi iki mung Allah SWT. Apa persis sing bisa dadi bangga ?! Amarga kabeh sing ditindakake kudu amarga izinNya. Yen ora ana ijin saka Dheweke, mungkin kita bisa nindakake kabeh iki.

Ora ana kekuwatan lan kekuwatan kajaba mung kersane Allah SWT. Kita mung titah sing biasane njaluk lan njaluk tulung marang Sang Pencipta.

Kata Mutiara Sunda

Entong nundutan tobat, sakumaha deui perjalananna, beuki hese mulang.

Maksud tina cutatan di luhur nyaéta tobat geura ?! Entong ngantosan deui ?! Kusabab urang henteu terang iraha tungtungna bakal sumping sareng sabaraha lami iman ieu bakal tahan.

Punten dicatet yén kasempetan pikeun tobat sanés salawasna. Nya, ayeuna anjeun parantos ngagaduhan waktos luang, gancang tobat. Tobat anu paling gampil nyaéta ngajarkeun ka Anjeunna.

Naha moal runtah kasempetan anjeun ngan nembus ?! Kasempatan ieu ngan ukur sumping sakali sareng moal datang kadua kalina kecuali Alloh swt miharep éta.

Status Geuwat tobat

Mungkin Matahari masih terbit esok hari, tapi belum tentu dengan kamu (apakah masih hidup ataukah tidak). Maka bertaubatlah hari ini.

Unggal jalma anu hirup kedah ngalaman maot. Urang manusa téh ngan ukur mahluk anu lemah sareng teu daya teu upaya. Perkara teu sabaraha urang narékahan sareng narékahan, upami Alloh swt henteu hoyong éta sadayana moal kajantenan.

Maksud tina cutatan di luhur henteu pasti yén énjing bakal hirup ?! Kanggo sadaya anu aya di bumi aya dina pananganana, sareng sadaya hal anu aya sareng anjeunna kedah énjing.

Maka seueur dosa anu urang komitmen ayeuna. Salaku bentuk waspada ka maot ngadadak urang, langkung saé pikeun buru-buru tobat sareng nyuhunkeun hampura ka Anjeunna sateuacan kasep.

Refleksi pikeun Ebat

Mémang, Allah mikanyaah jalma anu tobat sareng jalma anu ngahucikeun diri.

Naha anjeun resep Gusti Nu Maha Kawasa ?! Gancangna tobat sareng janten bersih ?! Ningali yén urang makhluk dosa moal urang kaasup jalma sombong. Anjeun kedah terang yén makhluk anu dibenci ku Gusti sombong.

Kéngingkeun yén jalma anu tiasa ningal di bumi ieu mangrupikeun Allah Nu Maha Kawasa. Naon persis anu tiasa urang banggakeun ?! Kusabab sadaya anu urang lakukeun kedah ku izin-Na. Tanpa idin nya kumaha urang tiasa ngalakukeun ieu.

Teu aya kakuatan sareng kakuatan kecuali kersa Allah swt. Kami ngan ukur makhluk anu tiasa naros sareng ngabela ka Nu Nyipta.


Syarat Diterimanya Taubat Nasuha

Perlu kita ketahui bahwa terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya taubat kita diterima. Tapi, perlu digaris bawahi untuk kita jangan merasa dosa kita telah diampuni Allah SWT. Pada intinya segala yang kita lakukan terutama taubat kembali kepada-Nya.

Jika Allah SWT berkehendak untuk mengampuni, ya dosa kita mungkin bisa kembali dari nol. Merasalah bahwa maksiat yang telah kita lakukan telah melampaui batas dan dosa kita sepenuh bumi ini.

Dalam kesempatan menjalankan sisa hidup ini alangkah indahnya untuk sering-sering bertaubat kepada-Nya. Sebab Allah telah berfirman, “Jika kamu meminta ampun kepada-Ku niscaya bakal Aku ampuni kalian.”

Berikut 3 syarat taubat supaya diterima Allah SWT.

Menyesal

Menyesal akan kemaksiatan yang telah kita lakukan adalah syarat pertama supaya taubat kita diampuni oleh-Nya. Penyesalan itu di akhir jika di awal namanya pendaftaran, hehe.

Yang namanya menyesal berarti kita sudah berniat untuk tidak mengulanginya kembali. Oleh karena itu, menyesal adalah salah satu syarat wajib supata taubat terampuni.

Berhenti dari Dosa

Seberapa banyak dosa yeng telah kita lakukan selama ini?! Seberapa banyak dosa yang telah kita lakukan hari ini?! Seberapa yakin kita akan masuk surga?! Sudahkah cukup amal ibadah kita untuk bisa mengimbangi beribu dosa yang telah kita lakukan?!

Setelah menyesal ya berhentilah dari dosa. Berhenti melakukan segala perbuatan maksiat yang menambah dosa kita. Sebab semakin banyak dosa, semakin besar pula kemungkinan masuk tembat abadi yang tidak diinginkan yakni, neraka.

Memang sejatinya manusia tidak bisa terlepas dari kesalahan dan dosa. Namun, dalam menjalani hidup ini Tuhan memberikan kita modal yakni, akal dan hati. Ujian manusia ketimbang makhluk lain adalah memiliki nafsu.

Kita bisa mengekang, menahan, dan mengendalikan nafsu itu ya dari akal juga hati itu sendiri. Perlu kamu ketahui bahwa sebagian besar nafsu itu menyesatkan kita.

Bertekad Untuk Tidak Mengulanginya

Setelah menyesal akan kemaksiatan yang telah kita lakukan, kemudian berhenti dari perbuatan dosa dan bertekad untuk tidak mengulangi segala perbuatan dosa tersebut.

Dengan niat dan tekad yang kuat insya Allah Allah akan mengampuni dosa kita dan merahmati segala amal baik yang kita lakukan.

Sepertinya tidak mudah dan sedikit mustahil menurut kita yang merasa bahwa banyak dosa kita lakukan untuk diampuni. Namun, dengan upaya kita bertaubat dan berhusnudzon Allah SWT bakal mengampuni kita insya Allah Tuhan akan mengampuni segala dosa.

Perlu diingat bahwa prasangka Tuhan terletak pada prasangka hamba-Nya. Maka setelah kamu melakukan 3 syarat di atas selalulah berhusnudzon dan bersihkan hatimu dari iri, benci, dan buruk sangka.

Baca juga: Kata-Kata Umar bin Khattab


Download Video Kata-Kata Religi Taubat

youtube.com

Inilah video youtube tentang kata-kata taubat yang menyentuh hati.

Kata-Kata Doa Taubat

kata-kata ayat taubat
dream.co.id

“Mahasuci Engkau dan segala puji bagi-Mu. Aku mohon ampunan-Mu. Aku bertaubat kepada-Mu.”

Semoga kita senantiasa ingat kepada Allah SWT supaya Dia mengampuni kemaksiatan dosa yang telaj kita lakukan.

Show Comments

No Responses Yet

    Tinggalkan Balasan