Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

Kerajinan dari Pipa Paralon

5 min read

kreasi tangan dari pipa paralon dekorasi interior

Lescazia.com – Memanfaatkan barang sisa menjadi sesuatu yang bermanfaat merupakan cara kita mengurangi tumpukan sampah. Kamu bisa membuat kerajinan dari pipa paralon dengan mudah.

Pipa paralon kerap dianggap remeh dan terbuang sia-sia oleh banyak orang. Padahal jika kita tahu ilmunya, paralon bisa memiliki nilai jual yang tinggi.

Tinggal bagaimana cara kita mengetahui ilmu tersebut. Tenang, kali ini saya akan bagikan contoh apa saja dan bagaimana cara membuat kerajinan tangan dari paralon.

Kamu juga bisa membaca karya lain seperti, kreasi dari rotan dan kerajinan tangan limbah kertas.

Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Pipa Paralon

Beraneka kreasi yang dapat kita buat dari pipa paralon. Namun, kitanya saja yang kurang explore. Sekarang jaman sudah canggih, mau informasi tinggal searching. Sayang apabila kita tidak memanfaatkannya.

Rak dan Meja TV dari Pipa Paralon PVC

kerajinan tangan dari pipa paralon rak dan meja tv
by: bintangtop.com

Seperti yang kita tahu, membuat kerajinan dari kayu dan besi membutuhkan biaya yang mahal.

Menggunakan bahan dari pipa paralon PVC adalah sarana hemat untuk kita membuat furniture custom. Bagaimana cara mudah membuat rak dan meja tv dari pipa paralon pvc?

Check it out.

*Bahan dan Alat:*

  • Papan tebal 1 cm x panjang 1 meter x lebar 1/2 mtr
  • T (90 derajat) 1 ¼” = 4 buah
  • T / Tee standard (3 jalur) 1 ¼” = 10 buah
  • Cross joint (perempatan) 1 ¼” = 2 buah
  • Pipa Pvc / paralon (schedule 40) – diameter 1 ¼ inch (sekitar diameter 4 cm) = 2 batang

Cara membuat:

Pengukuran Pipa

Pada contoh gambar dibawah ini, dimensi akhir meja adalah panjang 1 mtr x lebar 1/2 meter dan tinggi 1/2 mtrr. Maka pemotongan paralon yang dibutuhkan adalah:

  1. panjang 40 cm = 6 buah (untuk kolom kaki vertikal)
  2. panjang 40 cm = 6 buah (platform dasar kaki/horizontal bawah)
  3. panjang sekitar 18 cm = 6 batang (untuk support papan arah melintang)
  4. panjang 40 cm = 2 batang (untuk support papan arah memanjang) (Khusus untuk support melintang ini, kamu harus mengukur langsung sesuai dengan panjang yang dibutuhkan, karena lebar Tee berbeda sesuai merk).

Assembly

  1. Rangkailah terlebih dahulu platform bawah (dibentuk segi 4 panjang) dengan menyambung 6 buah pipa panjang 40 cm dan 2 buah Tee standard di tengah dan 4 buah Tee 90 derajat di 4 pojokan (lihat gambar).
  2. Selanjutnya, pasanglah kaki tegaknya – yakni 6 buah pipa panjang 40 cm pada masing masing Tee.
  3. Sambunglah support memanjang yang terdiri dari 2 buah pipa pajang 40 cm serta sebuah cross joint ditengah dan 2 buah Tee standard pada masing masing ujungnya.
  4. Dalam fase ini, kamu bisa meletakkan support ini ditengah antara kaki tegak meja, lalu ukurlah panjang pipa yang dibutuhkan untuk support melintang di kiri kanannya.
  5. Lalu, potonglah 6 buah pipa (sekitar panjang 18 cm) sebagai support melintang. Itulah yang menghubungkan semua kaki tegak dengan support memanjang di tengahnya.

Pemasangan Papan

  1. Papan lebar sekitar lebar 1/2 meter dan panjang 1 m telah siap untuk diletakkan di atas support atas meja.
  2. Langkah alternatif: Apabila papan lebih lebar, maka potong bagian disekitar kaki vertikal meja sesuai dengan posisinya.
  3. Namun sebagai alternatif, apabila tidak mau repot, maka rangka meja diatas bisa kamu balik, sehingga support berada dibawah dan platform bawahnya berbalik menjadi support papan atas.
  4. Lalu, untuk penguncian papan terhadap pipa, maka dapat kamu tambahkan plat besi tipis yang dibentuk melengkung (omega) kemudian disekrup terhadap papannya.
  5. (alternatif – Papan diikat menggunakan plat besi yang dilengkungkan pada pipa dan disekrup 2 buah).
  6. Namun perlu diperhatikan juga bahwa cara alternatif ini hanya berlaku untuk meja tunggal. Apabila untuk pembuatan rak atau meja bersusun maka rangka tidak dapat dibalik.

Membuat Meja Bersusun

Meja yang sudah kamu buat diatas (apabila tidak dibalik, maka bisa dilanjutkan naik keatas sehingga menjadi rak atau meja bersusun. Yakni hanya menambahkan 6 kolom tegak lagi disetiap kakinya, dan dibuatkan support papan seperti cara sebelumnya.

Mudah bukan?

Lemari Pakaian dari Pipa Paralon

kreasi tangan dari pipa paralon pvc Lemari Pakaian
by: youtube.com

Lemari pakaian merupakan salah satu kebutuhan keluarga. Karena dapat menampung pakaian-pakaian yang sering kita kenakan.

Sering kita jumpai lemari pakan terbuat dari besi ataupun kayu. Pernahkah kamu melihat lemari pakaian bahan pipa paralon? Cara membuat lemari pakaian dari pipa paralon sedikit rumit.

Kamu bisa membuatnya dengan melihat video di youtube. Kamu juga bisa membuat kerajinan tangan dari styrofoam bekas.

Rak Serbaguna

kreasi tangan dari pipa paralon pvc Rak Serbaguna
by: semuti.blogspot.com

Seperti namanya, rak serbaguna dapat digunakan banyak hal. Rak dari pipa paralon bisa diolah menjadi kerajinan berupa hiasan dinding dan tempat menaruh barang-barang.

Kamu bisa menyulap paralon menjadi rak serbaguna, simak lengkapnya di youtube.

Tempat Perkakas

contoh produk kreasi dari pipa paralon pvc tempat perkakas
by: arsdesain.com

Perkakas adalah sebuah masalah apabila kita tidak memiliki tempat nya. Apabila kita berpikir konsumtif, mesti ujung-ujungnya beli. Namun, coba kita ubah pola pikir, bagaimana jika membuat tempat perkakas dari barang bekas?

Cara membuat tempat perkakas sangat mudah, coba searching di youtube untuk tutorialnya.

Pot Bunga Bertingkat

kreativitas dari pipa paralon pot bunga bertingkat
by: endoneshia.blogspot.com

Kreasi yang bisa kita buat dari pipa paralon sangat banyak, salah satunya pot bunga bertingkat. Berikut manfaat dari menyulap pipa paralon menjadi pot bunga bertingkat.

Kamu bisa pelajari lebih lanjut bagaimana cara membuat pot bunga bertingkat di youtube atau chat saya sekarang.

Mainan Kreatif Anak

kreativitas dari pipa paralonmainan kreatif
by: youtube

Menyulap pipa paralon menjadi mainan kreatif anak adalah ide yang brilian. Sebab inilah yang meningkatkan kreativitas anak.

Hingga menghasilkan ide-ide yang out of the box.

Dekorasi Interior

kreasi tangan dari pipa paralon dekorasi interior
by: endoneshia.blogspot.com

“Dekorasi interior”, kedengarannya elegan, mewah dan membutuhkan biaya yang tidak murah. Harus menggunakan jasa lah, mengatur desain dan segala macam.

Biasanya dekorasi interior terbuat dari kayu, semen dan besi. Berbeda cerita apabila dekorasi interior kamarmu berbahan pipa paralon. Suasana akan terlihat unik dan terkesan kreatif.

Tempat Alat Tulis dan Lakban

Siapa sangka barang bekas bisa dijadikan tempat alat tulis dan lakban?!

Lampu Belajar Kreatif

Lampu belajar adalah kebutuhan anak sd ketika belajar di rumah. Daripada mengeluarkan biaya untuk membeli lampu belajar mending buat sendiri di rumah. Salah satunya dengan membuat lampu belajar kreatif dari pipa paralon.

Selain meningkatkan kreativitas anak, pipa paralon sangat memenuhi kebutuhan kita.

Pagar

Pagar yang biasanya terbuat dari baja, besi dan semen. Namun, ternyata kamu juga bisa membuat pagar dari pipa paralon pvc lho. Cara membuat pagar sangat mudah. Sebelumnya, apa yang perlu diperhatikan sebelum membuat kerajinan ini?

  1. Kamu perlu mengukur tinggi pagar yang akan dibuat. Sesuaikan dengan langit-langit rumah. Tentukan berapa ukuran yang pas.
  2. Pastikan pipa sudah terpasang rapat supaya pagar tidak mudah goyah dan copot.
  3. Warnai sesuai selera.

Rak dan Gantungan Display Baju Berdiri

Sebagai orang yang suka minimalis-an sudah sewajarnya kita membutuhkan gantungan baju berdiri. Sering kita berpikir untuk menggunakan rak baju dari bahan besi stainless steel dan kayu.

Jika sudah berbicara tentang 2 bahan tersebut, yang dipikiran kita hanya kata “mahal”. Padahal kamu bisa membuatnya sendiri dengan pipa paralon pvc.

Lantas bagaimana cara membuat rak dan gantungan display baju berdiri?! Kamu bisa tonton lebih lengkap di youtube.

Lampu Tidur

kreasi tangan dari pipa paralon pvc lampu tidur
by: tokopedia.com

Terlihat remeh tapi sebenarnya mampu menghasilkan barang-barang yang kita butuhkan. Membuat lampu tidur dari pipa paralon pvc adalah ide kreatif yang bisa kita coba.

Selain bermanfaat untuk kita, membuat kerajinan dari pipa paralon adalah bentuk kreativitas anak. Kita bisa mengajarkan ke anak betapa pentingnnya memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Dengan lampu tidur dari paralon kamarmu akan terkesan mewah, unik dan elegan.

*Alat:*

  • Amplas
  • Pisau kater
  • Karbon
  • Gambar
  • Pensil
  • Bor ukir (tuner)

*Bahan:*

  • Karet
  • Clear (pernis bening)
  • Steker (colokan listrik)
  • Swith (stop kontak)
  • Kabel
  • Kudukan lampu
  • Pipa paralon PVC ukuran 3 inchi (dapat disesuaikan)

Cara mudah membuat lampu tidur dari pipa paralon pvc:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Gambar pola nya dengan ukuran 35-40 cm. Biasanya saya dengan ukuran 3 inchi.
  2. Taruh karbon pada permukaan paralon. Taruh gambar di atas karbon. Rekatkan dengan karet supaya gambar tidak mudah bergeser. Lalu, menggambar mengikuti gambar dengan pensil. Pastikan gambar terlihat jelas pada permukaaan paralon.
  3. Ukir bagian gambar yang keliatan mudah. Sebelumnya, kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara mengukir pipa paralon. Gunakan mata bor supaya ukiran tidak melebihi garis gambar.
  4. Amplas permukaan yang kasar menjadi halus.
  5. Letakkan paralon di atas dudukan. Dudukan memanjang sekitar 2 cm, ke kiri dan kanan paralon. Lubangi dudukan sebesar diameter paralon. Bagian bawah beri cantolan mengikuti lubang pada dudukan.
  6. Pasangkan swith (stop kontak) di bagian tengah kabel pada ujung kabel dipasang steker (colokasn listrik). Lubangi bagian kabel untuk memasukkan kabel.
  7. Finishing. Bersihkan pipa paralon dengan sikat dan sabun. Kemudian, keringkan paralon. Semprot dengan clear, diamkan hingga kering.
  8. Jadilah lampu tidur kerajinan dari pipa paralon.

Alat yang bisa kamu gunakan untuk mengukir pipa paralon bekas adalah mesin bor ukir.

Video Kerajinan dari Pipa Paralon

Semoga dengan video di atas kamu lebih memahami bagaimana langkah dalam membuat kerajinan dari pipa paralon.

Penutup

Apabila kurang jelas pembahasaannya anda bisa berkomentar di bawah ini, Insya Allah saya akan jawab semaksimal mungkin.

Demikian artikel yang bisa admin sajikan terkait kerajinan tangan dari pipa paralon. Semoga kamu tidak bosan dengan penyajian kami.

Masih ada produk kerajinan lain yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah kerajinan tangan dari plastisin. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian, terima kasih.

Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi
DomaiNesia

Tinggalkan Balasan