Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

15+ Kerajinan Tangan dari Serat Hewan

4 min read

karya kreasi tangan dari serat hewan alami

Kerajinan tangan dari serat hewan – Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang ada di dunia ini. Berdasarkan alam, hewan terbagi menjadi 3 yakni, darat, laut dan udara.

Membuat kerajinan tangan dari serat hewan adalah ide yang unik dan menarik. Meski begitu kita juga perlu memperhatikan kembali apa saja hewan yang dibolehkan dan dilarang untuk diambil seratnya.

Sebelumnya saya sudah memposting kerajinan tangan dari serat tumbuhan. Disini saya akan membagikan contoh dan karakteristik produk kerajinan tangan dari serat hewan secara rinci kepada Anda.

Kerajinan Tangan dari Serat Hewan

produk kreasi tangan dari serat hewan alami
by: fadhillah-xnd.blogspot.com

Apabila sebuah desain gagal untuk menggambarkan apa yang dimaksud; saat itu sukses, itu akan menjadi tidak terlihat. -John D. Berry-

Serat hewan dibagi menjadi 2 yakni filamen dan stapel. Filamen adalah serat yang berbentuk jaringan. Contohnya serat dari larva ulat sutera yang dimanfaatkan untuk membuat kepompong.

Bahan-bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, misalnya tempat lampu, alas meja, topi, dompet dan tas.

Serat yang berasal dari hewan memiliki tekstur yang halus dan lembut.

Bulu hewan yang paling banyak diolah sebagai bahan baku serat produk tekstil di antaranya stapel dan filamen. Tekstil merupakan bahan yang terbuat dari serat, diolah menjadi kain atau benang sebagai bahan untuk pembuatan busana dan beraneka produk kerajinan lainnya.

Sebagian besar teknik pembuatan kerajinan dari serat alam dibuat dengan cara merajut, makrame dan menganyam.

Produk tekstil diantaranya beraneka ragam yang terbuat dari serat dan produk serat benang kain pakaian. Bahan serat alam bisa digolongkan menjadi tiga macam yakni yang berasal dari mineral, hewan dan tumbuhan.

Produk kerajinan dari bahan alam ini mempunyai banyak ide inovasi kreasi dan berbagai jenisnya. Tak heran apabila masyarakat mancanegara banyak yang menyukainya.

Bahan serat alam adalah bahan organik yang tidak diolah kembali melalui proses dan penambahan bahan kimiawi sehingga keasliannya tetap terjaga dan diutamakan.

Produk kerajinan dari bahan serat hewan mudah didapat dan sangat banyak jumlahnya.

Contoh Kerajinan Tangan dari Serat Hewan

produk kreasi tangan dari serat hewan alami
by: flyingfam.blogspot.com

Sebutkan 10 serat hewan yang digunakan sebagai bahan dasar kerajinan?

Bulu Rubah

Bulu rubah dapat dimanfaatkan untuk membuat selendang dan jaket di musim dingin.

Bulu Kambing Kashmir

Bulu kambing kashmir dapat dimanfaatkan untuk membuat selendang Cashmere. Hasil dari bulu Cashmere ini terkenal sebagai kain dengan tekstur paling halus.

Bulu dan Kulit Tupai

Bulu dan kulit tupai dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai aksesoris seperti contohnya, peci, kupluk dan topi (coon hat).

Kulit Domba

Domba adalah hewan yang sering kita jumpai di Indonesia. Disamping kita sering mengkonsumsi dagingnya ternyata domba juga bisa dimanfaatkan kulit nya.

Kulit domba dapat dimanfaatkan untuk membuat bahan aksesoris busana tas, sabuk dan dompet.

Kepompong Ulat Sutera Bombyx Mori

Kepompong dari ulat sutera Bombyx mori yang dimanfaatkan sebagai bahan kain sutera.

Sutera kemudian bisa diolah menjadi aksesoris seperti syal, kerudung dan baju. Kain berbahan sutera sangat mahal sebab memiliki warna yang cerah dan tekstur yang halus.

Bulu Berang-Berang

Bulu dari berang-berang (beaver) dapat dimanfaatkan untuk membuat topi tinggi (top hat).

Kulit Buaya

Tidak semua hewan boleh dimanfaatkan kulitnya termasuk buaya. Buaya adalah hewan buas yang dilindungi. Oleh karena itu, kulit dari buaya tidak boleh digunakan untuk keperluan apapun.

Kulit buaya bisa digunakan untukmembuat aksesoris tas, dompet dan sepatu. Selain buaya, reptil lain seperti ular juga dapat digunakan. Tas dan dompet dari kulit reptil memiliki ciri tekstur dan warnanya yang khas.

Kulit Sapi

Sapi adalah hewan yang boleh dimanfaatkan kulitnya. Manfaat kulit sapi diantaranya untuk bahan jaket, tas dan dompet.

Selain itu, kulit sapi juga bisa dimakan lho. Salah satu olahannya adalah kerupuk kulit sapi. Berbeda dari kerupuk-kerupuk pada umumnya, kerupuk kulit sapi membuat lidah ketagihan untuk menggoyangnya.

Untuk Anda yang ngidam kerupuk kulit sapi, tenang saya jual kok. Klik link di bawah ini.

Bulu Domba

Bulu domba ditenun untuk bahan kain wool. Kain wool dapat dimanfaatkan untuk selendang, jaket, kaos kaki dan baji. Kain dari bahan wool mempunyai ciri khas yakni teksturnya yang lembut dan hangat.

Bulu Beruang

Beruang adalah hewan yang dapat hidup di es salju. Bulu beruang dapat dimanfaatkan untuk membuat topi tentara Inggris. Bulu beruang juga bisa digunakan untuk baju hangat dan jaket.

Mau mencoba kerajinan tangan dari rotan?

Karakteristik dari Serat Hewan

contoh produk kreasi tangan dari serat hewan alami
by: hargabulanini.com

Wol

contoh produk kreasi tangan dari serat hewan alami wol
by: republika.co.id

Pada umumnya serat hewan tersusun atas protein tertentu. Contoh dari serat hewan yang digunakan oleh manusia adalah sutera, bulu(wol) dan kulit.

Karakteristik:

  • Tahan terhadap listrik statis.
  • Tingkat pelepasan panas, penyebaran api dan panas pembakaran lebih rendah.
  • Menyatu pada suhu lebih tinggi daripada kapas.
  • Higroskopis, mudah menyerap kelembaban.
  • Elastis
  • Tampak berkerut.

Serat Alpaca

karya kreasi tangan dari serat hewan alami alpaca
by: antiserangga.com

Serat alpaca adalah serat alami yang dihasilkan dari alpaka (nama hewan), merupakan hewan unik keluarga unta dan mirip seperti llama. Serat alami ini halus, mewah, tahan lama dan lembut.

Dibandingkan dengan wol, serat ini tidak mengandung lanolin, tidak berduri dan lebih hangat yang membuatnya menjadi hypoallergenic.

Secara alami, alpaka sulit untuk terbakar dan tahan air. Berikut dua jenis serat alpaka yakni:

  • Suri tidak mempunyai kerutan dan disebabkan lebih cocok untuk barang tenunan. 
  • Huacaya, alpaca yang tumbuh serat spons lembut, mempunyai kerutan alami, sehingga membuat benang elastis ini yang sangat direkomendasikan untuk dirajut.

Alpaca dibuat menjadi beraneka produk, mulai dari pakaian yang murah dan sederhana yang dibuat oleh masyarakat adat hingga produk canggih, industri dan mahal seperti pakaian. Pembuatan, pembuatan kartu, pemintalan, proses tenun dan finishing alpaka sangat mirip dengan proses yang digunakan untuk wol.

Dalam fashion, kulit adalah bahan tahan lama yang dibuat dengan proses penyamakan kulit hewan. Secara umum, kulit telah digunakan sebagai bahan baku pembuatan bedug, sampul buku, pakaian, interior kendaraan, furniture, sampul buku, bedug, dan sebagainya.

Kulit

olahan kreasi tangan dari serat hewan alami sapi
by: sepatumagetan.com

Dalam produk hewan dan aspek tata busana, kulit adalah bahan yang tahan lama dan fleksibel dibuat dengan proses penyamakan kulit hewan, sering nya kulit sapi.

Kulit sudah dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bedug, sampul buku, furniture, interior kendaraan, pakaian dan sebagainya.

Sebagian besar kerajinan berasal dari kulit sapi. Kulit domba dimanfaatkan untuk mendapatkan bahan yang dihargai lebih tinggi dan nyaman.

Kulit rusa dimanfaatkan sebagai sarung tangan di negara beriklim sedang. Kulit hewan lainnya yakni, unggas besar, buaya, anjing, ular dan kangguru seperti burung unta.

Kulit kangguru bersifat anti abrasi, ringan, fleksibel, kuat dan sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuat cambuk dan jaket pengguna sepeda motor. Sepatu sepak bola, dan sarung tinju.

Pedang tradisional Jepang Katana menggunakan kulit ikan pari (khususnya subordo Myliobatoidei) pada pegangannya.

Serat Sutera

kerajinan tangan dari serat hewan alami
by: mazazacloth.com

Serat sutera berasal dari air liur ulat sutera ketika menjadi kepompong. Jenis kain sutera mempunyai daya jual yang tinggi, sebab mempunyai kehalusan dan kilau yang tidak dimiliki serat lain.

Apabila dijadikan sebuah pakaian, serat sutera akan menyerap keringat dengan baik dan terasa dingin.

Serat sutera juga tidak tahan panas dan asam, tapi tahan terhadap ngengat.

Karakteristik:

  • Dapat dirusak oleh serangga, terutama apabila dibiarkan kotor.
  • Dapat melemah apabila terkena banyak sinar matahari.
  • Apabila diperpanjang tetap meregang.
  • Elastisitas sedang sampai buruk.
  • Kuat
  • Ringan
  • Kehilangan 20% kekuatan saat basah.
  • Tidak licin
  • Lembut
  • Tekstur halus
  • Berkilau
  • Dapat menyesuaikan dengan temperatur udara yang ada.

Aplikasi:       

Untuk membuat blus, dasi, jubah, baju musim panas, baju pria, wanita, kemeja, hiasan, penutup dinding, dan pelapis jok.

Video Kerajinan Tangan dari Serat Hewan

Video ini dapat memudahkan Anda untuk membuat kerajinan tangan dari serat hewan.

Penutup

Apabila kurang jelas pembahasaannya anda bisa berkomentar di bawah ini, Insya Allah saya akan jawab semaksimal mungkin.

Demikian artikel yang bisa admin sajikan terkait kerajinan tangan dari serat hewan. Semoga Anda tidak bosan dengan penyajian kami.

Masih ada produk kerajinan lain yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah kreasi kerajinan tangan dari plastisin. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian, terima kasih.

Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi
DomaiNesia

Tinggalkan Balasan