32

LENGKAP! Morfologi, Klasifikasi, Ciri Kupu-Kupu Beserta Gambarnya

Morfologi kupu-kupu – Tentunya anda tahu tentang kupu-kupu, hewan cantik bersayap yang menarik mata untuk dipandang. Walaupun sebelumnya kupu-kupu berasal dari ulat yang menjijikkan dan membuat gatal, sebelum menjadi hewan mungil bernama kupu-kupu, namanya adalah kepompong, sampai pada suatu masa jadilah kupu-kupu indah.

Taman bunga tidak akan lengkap jika tanpa kupu-kupu. Maka bersyukurlah kita kepada Tuhan yang telah menciptakan segala sesuatu sesuai kadarnya. Dengan memadukan antara kupu-kupu dan taman, suasana halaman rumah menjadi sejuk dan indah tuk dipandang.

Untuk kamu yang masih penasaran perkara morfologi kupu-kupu, selamat kamu berada di konten yang benar. Sebab admin menyajikan artikel ini supaya kita lebih kenal dan tertarik untuk mempelajari bagian tubuh kupu-kupu atau morfologi kupu-kupu.

Bagaimana sih struktur tubuh kupu-kupu sehingga dia cantik dan menarik untuk dilihat? Selamat membaca.

Apa itu Morfologi Kupu-Kupu

Apa arti sebenarnya morfologi? Morfologi ialah sebuah ilmu pengetahuan tentang perubahan suatu bentuk. Sebenarnya ada 3 jenis morfologi yakni, morfologi linguistik, biologi, dan geomorfologi. Namun karena kita membahas tentang kupu-kupu jadi kita hanya membahas ilmu morfologi kupu-kupu.

Jadi morfologi kupu-kupu adalah sebuah ilmu untuk mengetahui bagaimana perubahan bentuk tubuh kupu-kupu, dari yang dulunya hanya sebutir telur hingga menjadi kupu-kupu yang indah nan cantik.

Bagian tubuh kupu-kupu diantaranya seperti, perut, kepala, dan dada. Itu semua akan kita bahas pada bagian tubuh kupu-kupu berikut ini.

Morfologi atau Bagian Tubuh Kupu-Kupu

Ini adalah bagian inti dari pembahasan kita tentang morfologi kupu-kupu. Bagian ini akan menjelaskan tentang bagian bentuk tubuh dalam ilmu morfologi ini.

Berikut Bagian Tubuh atau Morfologi Kupu-Kupu.

Baca Juga: √555+ Gambar Avenger Keren Buat Wallpaper dan Poster Kamar Lengkap

Adomen atau Perut

Bagian tubuh perut kupu-kupu ini seperti perut-perut hewan lain yakni untuk mengelola, mencerna makanan. Tidak hanya itu, di dalam perut kupu-kupu juga terdapat bagian untuk menyimpan cadangan lemak.

Tahukah anda bahwa kupu-kupu terdiri dari sepuluh ruas? tapi kembali dari awal tergantung dari besar dan jenis kupu-kupu itu sendiri. Pada bagian terakhir ruasnya terdapat alat kelamin.

Sebenarnya jika kita pelajari lebih dalam, bagian tubuh kupu-kupu ini penuh dengan misteri, karena dalam bagian ini terdapat beragam organ seperti, alat kelamin atau reproduksi, jantung, dan jaringan otot kompleks.

Thorax atau Dada

Bagian thorax atau dada ini terhubung dengan kepala lewat membran atau selaput sebagai leher dari kupu-kupu, sehingga dapat dibilang membran tersebut adalah bagian leher dari kupu-kupu.

Tidak hanya itu, dada kupu-kupu mempunyai banyak ruas yang kuat dan berbentuk kotak. Bagian thorax ini adalah bagian vital dari tubuh kupu-kupu, karena isi thorax tersebut ialah otot-otot kuat. Dari otot tersebut kupu-kupu bisa terbang bebas di taman bunga.

Bagian dada kupu-kupu ini terdiri dari tiga bagian.

  • Metatoraks, tempat dimana menempelnya sayap belakang dan kaki belakang.
  • Mesotoraks, tempat dimana menaruh sayap depan dan kaki tangan.
  • Protoraks, sebagai tempat kaki depan kupu-kupu.

Dengan tersusunnya tiga bagian ini kupu-kupu menjadi sempurna, sehingga mereka bisa bebas terbang kemanapun ia mau.

Thorax atau dada ternyata juga memiliki sebuah spirakel yakni, sebuah tempat masuknya udara ke dalam badan atau tubuh kupu-kupu. Spirakel ini bisa kita sebut sebagai alat pengangkut oksigen. Tentu dengan fungsi vital ini ukuran spirakel ini besar. Sebab dengan oksigen masuk untuk nafas, kupu-kupu bisa terbang menjelajahi taman-taman bunga.

Coba tebak berapa ruas kaki kupu-kupu? tentunya tidak hanya satu, kaki atau tungkai kupu-kupu ini memiliki banyak ruas diantaranya, tasus, femur, trokanter atau sendi paha, tibia, dan koksa atau ruas dasar.

Untuk ruas tarsus mempunyai kuku, namun jika ditanya berapa jumlah tarsus dari kupu-kupu?! Tidak bisa dipastikan sebab jumlah ruas tarsus dan ruas-ruas lain tergantung pada kelamin dan jenis kupu-kupu.

Kaki depan dilapisi dengan spina, gunanya supaya kupu-kupu mudah berjalan. Kupu-kupu juga mempunyai kaki depan yang sensitif, sebab fungsi dari kaki tersebut sebagai alat untuk mengenali lawan jenis.

Bagian thorax atau dada disempurnakan dengan sayap supaya kupu-kupu bisa terbang. Sebenarnya sayap kupu-kupu tidak berwarna, namun warna yang ada adalah hasil dari sisik yang menutupi sayap. Perlu anda ketahui bahwa sayap kupu-kupu menempel ke thorak atau dada dan ukurannya tipis. Ingat brother and sister, tidak semua kupu-kupu mempunyai sayap.

Bagian Kepala

Sama seperti hewan lain dan manusia, kupu-kupu mempunyai morfologi yang komplek. Pada bagian kepala kupu-kupu ini memiliki tiga bagian. Berikut bagian-bagian tersebut.

  • Mulut, mempunyai tiga bagian. 1) Madibula atau probocis yakni rahang bawah kupu-kupu yang sebelumnya hanya berfungsi sebagai alat penggigit. Perlu anda ketahui bahwa probocis berfungsi sebagai alat penghisap untuk menghisap sari bunga. Probocis ini bentuknya kayak tabung, tapi kalau tidak dipakai alat ini otomatis menggulung.
  • Mata, mungkin pada bagian ini sedikit berbeda dari hewan pada umumnya, pasalnya mata kupu-kupu terbagi menjadi dua yakni, mata majemuk, adalah mata yang bisa mendeteksi setiap gerakan yang terlihat. Tapi, ketahuilah mata bagian ini tidak terlalu jelas untuk melihat benda. Bagian kedua adalah mata biasa atau tunggal sering disebut dengan oseli. Oseli adalah mata yang berguna untuk mempertajam penglihatan dari mata majemuk. Tahukah anda ternyata tempat mata oseli tersembunyi di antara rambut-rambut halus.
  • Antena, seperti antena-antena pada umumnya, antena kupu-kupu bentuknya berbeda-beda, salah satunya bentuknya ada yang seperti sisir dan bulu ayam. Lokasinya di bagian atas kepala, fungsi antena kupu-kupu sebagai alat peraba. Di dalam antena tersebut terdapat sel-sel saraf supaya kupu-kupu bisa meraba makanan dan keadaan sekitar. Dari pembahasan antena ini, tidak heran kalau kupu-kupu termasuk kategori hewan yang peka terhadap lingkungan.

Dari bagian-bagian inilah kupu-kupu bisa terbang sesuka hatinya dan menyejukkan mata bagi yang melihatnya.

Morfologi Kupu-Kupu Pdf

Admin menyajikan morfologi kupu-kupu dengan model pdf.

Baca Juga: 555+ Gambar Hello Kitty Terlengkap (Cantik, Pink, Lucu, Terbaru, Imut)

Kesimpulan Morfologi Kupu-Kupu

Jadi, kesimpulan dari bab materi kupi-kupu kita dapat menyimpulkan bahwa hewan ini memiliki tiga bagian tubuh utama yakni, dada, kepala, dan perut. Semua mempunyai peran masing-masing supaya kupu-kupu bisa terbang.

Untuk melakukan pergerakan kupu-kupu membutuhkan oksigen yang cukup. Terdapat saluran di dada untuk bernapas dan mengambil oksigen yang banyak.

Sayap kupu-kupu melekat pada bagian thorax, dan sayap ini transparan atau tidak mempunyai warna. Perlu anda ketahui meski tidak memiliki warna, ada yang bisa membuatnya berwarna adalah sisik pada sayap kupu-kupu.

Apakah anda tahu berapa mata kupu-kupu? Perkara ini jarang orang tahu, kupu-kupu mempunyai dua mata. Keduanya saling berkolaborasi supaya bisa melihat jalan dengan jelas. Kupu-kupu mempunyai dua mata juga merupakan fakta yang menarik, unik, dan tentunya penasaran untuk diulas.

Seperti perut-perut pada umumnya, perut kupu-kupu dapat menyimpan cadangan lemak. Di bagian tersebut terdapat alat kelamin untuk reproduksi dan jantung.

Terima kasih anda sekalian telah mampir di gubug kami. Semoga ilmu yang saya sajikan bermanfaat and see you.

Habitat Kupu-Kupu

Anda bisa menemukan banyak tempat atau habitat kupu-kupu di iklim dan lingkungan yang berbeda-beda. Contoh habitatnya seperti, rawa-rawa, daerah tropis, kebun, padang rumput, hutan, lahan pertanian, dan sungai. Namun, kembali dari awal kupu-kupu hinggap di tanaman dan pepohonan.

Ciri-Ciri Kupu-Kupu

Anda bisa mendapatinya dengan lengkap di link ini, Ciri-ciri kupu-kupu.

Klasifikasi Kupu-Kupu

Ada banyak klasifikasi kupu-kupu anda bisa mendapatinya di link ini.

Jumlah Kaki Kupu-Kupu

Jumlah kaki kupu-kupu ada 3 pasang.

Makanan Kupu-Kupu

  • Garam dan keringat
  • Getah Pohon
  • Kotoran Hewan dan Kotoran Burung
  • Buah Busuk
  • Nektar atau Serbuk Sari

Berikut 7 Manfaat Kupu-Kupu

  • Sebagai objek wisata
  • Sumber protein
  • Mempunyai nilai keindahan
  • Membantu penyerbukan tanaman
  • Bahan penelitian biologis
  • Bahan industri
  • Sebagai koleksi

Apa Saja Aktivitas Kupu-Kupu?

  • Mencari pasangan
  • Terbang kemanapun ia mau
  • Ekskresi
  • Respirasi
  • Reproduksi
  • Menghisap sari bunga

Orang lain juga menelusuri:

  • Anatomi Kupu-Kupu
  • Tahapan daur hidup lebah yang menguntungkan peternak lebah adalah silahkan cek disini.
  • Tahapan daur hidup walang sangit yang merugikan petani adalah silahkan cek disini.
  • Antena lipan bisa cek disini.

Show Comments

No Responses Yet

    Tinggalkan Balasan