Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

√ ▷ 33++ Fakta Tentang Ponpes Ibnu Abbas Klaten yang Top Markotop

3 min read

Ponpes Ibnu Abbas Klaten merupakan sebuah sekolah boarding school yang mengutamakan 3 aspek yakni, tahfidz al-quran, akademik, dan akhlaq.

Tujuan lahirnya sekolah ini adalah membentuk santri yang berakhlaq islami, berwawasan luas, dan menjadi hafidz quran supaya al-quran menjadi sifat dari setiap santrinya, bukan cuma dihafal.

Dulu hanya satu tempat yakni di dekat Rumah Sakit Islam Klaten dan warungnya kak Iqbal tepatnya di Jl. Klaten-Solo Km. 04 Belangwetan, Klaten Utara, Jateng.

Tapi, sekarang ponpes tersebut melebarkan sayapnya dengan membuat kampus kedua untuk yang putra.

Kampus kedua berada di Troso, Karanganom, Klaten, Jateng. Tempatnya lebih ke pedesaan, jarak antara kampus 1 dan kampus 2 sekitar 4 km, 7 menit.

Admin menyajikan sekelumit tentang pesantren Ibnu Abbas Klaten. Selamat membaca! Enjoyyyyyyyy!

Tentang Pendiri

jurnalislam.com

Didirikan oleh ulama terkemuka di Indonesia yang menjadi ketua DSKS (Dewan Syari’ah Kota Surakarta) yakni Ustadz DR. Mu’inudinillah Basri, MA.

Ustadz Mu’in ini disinyalir keturunan Pangeran Diponegoro. Lebih lengkap cek disini. Beliau juga membuat buku-buku kecil Al-matsurot karangan Ulama Arab Hasan Al-Bana yang dijual di toko harga 3 ribuan merk indiva.

Beliau lulusan S1 di LIPIA, kemudian karena beliau termasuk santri yang berprestasi maka mendapatkan beasiswa penuh S2 & S3 masuk Universitas King Saud, Arab Saudi.

Ulama kelahiran Solo, 15 Juni 1966 ini juga aktif dalam kajian-kajian kemasyarakatan dan selalu menjadi orator saat aksi bela Islam dan sejenisnya.

Dengan bekal ilmu yang telah beliau pelajari, beliau ingin memiliki sebuah pesantren untuk menjadi ladang pahala dan amal jariyahnya.

Kemudian, beliau dan kawan-kawannya memikirkan apa ya nama yang cocok buat nama ponpes?! Setelah dipikir-dipikir ambil nama sahabat aja.

Cari nama sahabat yang berprestasi, menghafal banyak kitab, dan akhlaqnya the best. Maka dicetuskanlah namanya yakni, Ibnu Abbas r.a. Kemudian, dimana ya tempatnya.

Sekitar sini aja, jangan Solo! Sekitar Solo banyak mall. Terus, di Klaten aja. Kurang lebih begitu, kalo pengen tau lebih lebih lengkapnya tanya aja Ustadz Muin. Kira-kira begitu. Rada garing :v.

Oleh sebab itu, dibuatlah Pondok Pesantren Ibnu Abbas Klaten yang bertujuan untuk mencetak santri ulul albab yang berakhlaq islami.

Ustadz-Ustadznya

youtube.com

Ustadz-ustadznya ramah-ramah, tapi ada juga yang sedikit galak. Untuk menjadi ustadz di pesantren ibnu abbas Klaten hafal 15 juz ga papa yang penting mutqin, kata salah satu ustadz di ibbas.

Buat ustadz halaqoh tahfidz 90% hafidz 30 juz, macam-macam, ada yang hanya setoran, ada yang udah ujian 15 juz, dan ada pula yang sudah punya sanad bahkan hingga 2 sanad.

Sisanya 10% biasanya diambil dari muhafidz junior atau kakak kelas yang hafalannya banyak dan mutqin.

Ada salah satu ustadz atau ulama yang pernah ikut konferensi quran di Turki bersama Bapak Presiden Recep Tayyip Erdogan namanya Ustadz Umarul faruq Abu Bakar atau sering disapa Ustadz Umar.

Di tahun 2017-2018 dulu ada seorang syekh asal Mesir yang menjadi guru selama setahun namanya Syekh Mus’ad Ghanim bisa dicek facebooknya di link. Ga tau sampai sekarang masih ga?!

Beliau pernah menang lomba MHQ di Jordania. Hafalannya benar-benar mutqin, ya iyalah namanya juga syekh. Beliau sangat dermawan terhadap sesama guru juga santri-santrinya.

Dulu ada seorang santri asrama 10 kasurnya berseberangan dengan kamar beliau seringkali dikasih ayam, sate, sop iga kambing, buah-buahan, kerupuk, dan masih banyak lagi. Beruntung banget dia.

Biaya Daftar Ulang Tahun 2019

new.ibnu-abbas.com

Setelah resmi menjadi santri yang telah diumumkan lolos dari seleksi, wali atau keluarga santri memiliki kewajiban untuk membayar biaya daftar ulang SMA buat pesantren diantaranya, dana pendidikan sebesar 9,5 juta, dan wakaf sarana prasarana 7 juta, jadi semua totalnya 16,5 juta.

Dan untuk santri SMP yang diterima total biaya daftar ulang hingga 16,2 juta diantaranya, 7 juta wakaf sarana prasarana, dan 9,2 dana pendidikan.

Cukup fantastis, namun perlu anda ketahui PPTQ Ibnu Abbas Klaten merupakan pesantren yang berkualitas.

Alumni Lulusannya

picdeer.com

Sebab pesantren ini berkualitas juga dipengaruhi oleh alumni-alumni yang sukses masuk ke universitas-universitas ternama dari dalam negeri hingga manca negara seperti, Kak Muhammad Aufa, sekarang masuk UII di Jogja.

Beliau SMA nya Ibnu Abbas Klaten, SMP nya di Ponpes Al-Wihdah Sragen. Hafal 30 juz, lanjut Ibbas ujian 30 juz, jadi hafalannya benar-benar lancar dan mutqin.

Selain beliau, ada juga alumni SMP dan SMP Ibbas namanya Kak Sulton Musafi asal Klaten asli, dan Kak Mutholiburridlo asal Sidoarjo kayaknya, maaf agak lupa.

Beliau berdua satu angkatan, lulus bareng, mengabdi setahun. Beliau-beliau ni mengharumkan nama Ibbas sebab sukses dengan masuk kuliah di LIPIA, Jakarta.

Ada cerita, Kak Sulton ni sering sekali dinobatkan sebagai santri berprestasi rangking satu terus. Kak Sulton dan Kak Ridho lulus dengan hafalan lancar 30 juz. Beliau sangat menginspirasi temen dan santri-santri Ibnu Abbas.

Nomer satu, dua, tiga di lokal Indonesia saja, jika kamu tau ada juga lulusan Ibbas masuk universitas di luar negeri.

Contohnya seperti, kak Nabil Fauzan yang dulu menjadi ketua asrama di Jabir bin Abdillah, dan Ketua Divisi Bahasa. Karena beliau mahir dalam berbahasa arab sekarang masuk Universitas Al-Azhar Kairo.

Selain itu, ada juga teman seangkatan kak Nabil yang masuk Universitas di Turki, siapakah namanya?! ya, kak Fauzan Asyrof.

Mereka semua bisa melanjutkan ke perguruan tinggi yang bergensi sebab tekad dan usaha mereka untuk menggapainya. Ga cuma itu, buat ngelanjutin kuliah butuh SMA yang tepat, dan PPTQ Ibnu Abbas Klaten bisa menjadi solusinya.

Menu Makanan

pexels.com

Dulu di tahun 2017-2018 biasanya seminggu sekali ada nasi goreng super lezat buatan Pak Dapur. Seperti pesantren-pesantren pada umumnya, makanannya standar, namun entah kenapa menu makanan di Ibbas termasuk kategori terenak, top!!!

Setiap pagi ga hanya makanan, namun disediakan juga teh hangat super seger yang tersedia hanya 4 wadah saja.

Setiap jum’at lauknya tempe bacem yang enak banget, pokoknya the bestlah.

Mungkin terkadang ada pula menu yang menurut kita kurang enak, tapi bisa jadi enak jika dikolaborasikan dengan tela-tela atau kentang yang jualan di kantin harganya cukup terjangkau 3 sampai 5 ribu.

OSIA

new.ibnu-abbas.com

Bukan OSIS seperti sekolah-sekolah pada umumnya, di ponpes Ibbas namanya OSIA artinya Organisasi Santri Ibnu Abbas.

Ya, seperti yang anda ketahui tujuan dibentuknya OSIA adalah untuk menertibkan santri supaya hidup teratur seperti, melakukan penilaian setiap malam buat seluruh asrama.

Jadi, ini adalah tradisi sejak lama Ibbas untuk mengelompokkan asrama yang bersih dan kotor. Asrama yang bersih dapet apresiasi dan yang kotor dihukum.

Tentang Saya

pexels.com

Sebelumnya maaf apabila ada salah kata atau informasi di atas. Kalo pengen koment, koment aja ga usah malu-malu. Jika ada salah ngomong ke saya nanti saya edit buat benerin, Oke?!

Sebenarnya ini rahasia, ga papalah.

Rasyaa Penikmat kopi dan aktivis imajinasi
DomaiNesia

Tinggalkan Balasan