Rasyaa Waktuku tidak lama, semoga bisa bermakna untuk semesta Lescazia.

Ucapan Khitanan

7 min read

Ucapan Khitanan- Assalamualaikum gimana kabarnya semua? Semoga kamus sekeluarga selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT.

Sudahkah kamu khitan?! Khitan merupakan sebuah kewajiban bagi pria muslim supaya lebih bersih dan terjaga saat beribadah. Jika kamu baru saja punya anak, mending langsung disunatin supaya tidak sulit dan sakit saat dia beranjak muda.

Sebelum itu, tahukah kamu pengertian khitan atau sunat?!

Apa itu Khitan?!

kata-kata bijak ucapan khitanan untuk anak teman 2020 doa walimatul khitan
Sunat atau dalam bahasa Arab disebut khitan adalah salah satu hukum fardhu ‘ain dalam islam yang harus dilakukan oleh setiap laki-laki muslim.
Menurut wikipedia, khitan/ sirkumsisi (Inggris: circumcision; Arab: ختان, khitān) adalah tindakan menghilangkan atau memotong sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari kemaluan/ penis.

Seringkali kita mendapati seseorang disunat saat dirinya masih kecil, atau malah sejak lahir langsung disunat.

Biasanya di setiap daerah terdapat tradisi yang berbeda apabila ada seseorang yang sunat. Di Indonesia sendiri sunat biasanya disertai dengan syukuran atau perayaan baik secara mewah ataupun sederhana, itu adalah wujud syukur sebab mampu menjalankan salah satu fardhu ‘ain.

Perayaan semacam ini masih ada sampai sekarang. Mungkin sering kita sebut dengan istilah “kondangan”. Meskipun arti dari “kondangan” itu sendiri tidak hanya acara sunatan, bisa jadi acara nikahan.

Untuk memeriahkan tradisi tersebut, sebagai ungkapan kebahagiaan kita bisa menunjukkan dengan ucapan khitanan.

Ucapan ini ditujukan kepada orang tua dari anak yang disunat. Perkara ini tentu akan menghargai sebagai tetangga, kerabat, atau teman. dan menjalin kasih sayang sesama.

Apabila kamu bingung membuat sebuah ucapan khitanan, berikut admin akan tampilkan ucapan-ucapan khitanan yang bisa kamu tiru.

Ucapan Khitanan Untuk Teman

kata-kata bijak ucapan khitanan untuk anak teman 2020 doa walimatul khitan
Selamat berbahagia, semoga lekas sembuh sunatnya. Wisnu harus nurut kepada bapak dan ibu, patuh kepada guru-guru di sekolah dan rajin beribadah. Rabbighfirlii Waliwalidayya.

Tidak hanya mengucapkan selamat ke orang tua si anak yang disunat, tapi juga mengucapkan selamat kepada anak yang disunat juga.

Kita ikut berbahagia apabila anak kawan kita sudah menjalankan kewajiban yakni berkhitan. Kita berdoa semoga dia senantiasa diberi kesehatan dan panjang umur.

Lalu, dilengkapi dengan wejangan dan ditutup dengan doa. “Ya Rabbku ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku.”

Sunat adalah suatu yang menegangkan bagi anak-anak. Bagaimana membayangkan sebagian kecil kulit kemaluan dipotong supaya lebih bersih dan suci.

Maka tidak heran apabila anak setelah disunat diberi hadiah yang banyak.

Ucapan Khitanan Buat Anak

kata-kata bijak ucapan khitanan untuk anak teman 2020 doa walimatul khitan
Selamat berkhitan untuk adinda tercinta. Semoga dengan ini menjadikan kamu lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak. Jadilah anak yang sholeh, bisa membawa Abi dan Umi ke Syurga-Nya. Menjadi berkah bagi keluarga, bangsa dan agama. Amin.

Ini adalah doa untuk anak yang habis disunat. Harapan dipanjatkan melalui doa orang-orang. Anda bisa menggunakan doa ini sebagai ucapan khitanan ke anak saudara yang habis disunat.

Anda bisa mengucapkannya langsung atau bisa juga menuliskannya di secarik kertas dan menempelnya di kado hadiah buat anak.

Ucapan Khitanan Untuk Teman

kata-kata bijak ucapan khitanan untuk anak teman 2020 doa walimatul khitan
Sesungguhnya sunat itu bisa menjadikan wajahmu lebih cerah dan menambah kebahagiaan dalam berkeluarga. Semoga dari khitan ini, kamu juga bisa lebih dewasa, lebih bermanfaat dan berbakti untuk keluarga, bangsa dan agama.

Khitan membuat hidupmu lebih bersih dan suci. Sebab membuang bagian kecil yang sering nyangkut kenajisan disitu. Batas balighnya seorang laki-laki itu adalah saat dia mimpi basah.

Jadi, saat dia baligh itulah segala kewajiban orang tua tua terhaadap si anak sudah terlepas.

Ucapan Khitanan Dalam Islam

kata-kata bijak ucapan khitanan untuk anak teman 2020
Selamat khitanan ya le. Semoga Allah sembuhkan sakit kami sebab khitan ini, bayarkanlah utang-utang kami, wujudkanlah impian-impian kami, dan lapangkanlah rezeki kami. Semoga kamu menjadi anak yang baik, takut kepada Tuhan, berbakti kepada orang tua dan kehadirannya bisa menjadi berkah untuk banyak orang. Aamiin.

Setelah berkhitan seharusnya anak bisa lebih sadar karena semakin dewasa umurnya dan harus semakin dewasa pula tingkah lakunya.

Melalui khitannya anak mampu membawa berkah dan kesejahteraan di keluarga. Sebab khitan adalah perintah agama yang hukumnya fardhu ‘ain bagi setiap laki-laki.

Ucapan Khitan di Kotak Nasi Doc

kata-kata bijak ucapan khitanan untuk anak teman 2020
Selamat kepada adikku tercinta atas khitanannya, semoga menjadi anak yang berkah, diberikan kekuatan ilmu dalam menjalani hidup. Jadilah anak yang cinta allah, berbakti kepada kedua orangtua dan jangan lupa dengan keluarga.

Ucapan khitanan ini bisa anda sampaikan dalam bentuk kotak nasi doc. Anak yang sunat bisa menjadi lebih baik lagi.

Ucapan Khitanan Anak

kata-kata bijak ucapan khitanan untuk anak teman 2020
Semoga Allah menjadikan anak kami menjadi anak sholeh yang bermanfaat bagi orang tua, agama, nusa dan bangsa, Amin Ya Rabbal Alamin.

Harapan orang tua tak terbendung saat anak beranjak baligh. Kata demi kata mereka ucapkan sebagai doa agar anak berguna tidak hanya di keluarga namun juga di masyarakat luas.

Doa Ucapan Khitanan Islami

kata-kata bijak ucapan khitanan untuk anak teman 2020
Jadikanlah dia penyejuk mata orang tuanya, bermanfaat bagi sesama, serta berkah di dunia dan akhirat. Atas nama bapak Rasyaa kami mohon doa restu, semoga anak yang telah sunat ini, benar-benar menjadi anak yang berkah, taat kepada Allah, sholeh, berbakti kepada kedua orang tuanya, serta bermanfaat bagi keluarga, agama, nusa dan bangsa, Amin.
Sempurnakanlah kebahagiaan adik kami ini dengan menjadikan sunat sebagai amal ibadah kepada-Mu. Jadikan prosesi khitanan ini juga sebagai ajang mempererat tali silaturahmi dengan sanak keluarga.
Selamat khitanan bagi putra bapak dan ibu tercinta. Semoga Allah senantiasa memberkahi umur kamu, sehingga kamu menjadi anak yang bermanfaat dan sukses dunia akhirat.
Semoga dengan khitanan ini Allah memberkahi umurmu, meneguhkan imanmu, membersihkan hatimu, melancarkan rezekimu, mendekatkan engkau dengan kebaikan dan jauhnya dari keburukan.
Sebagai salah satu kejadian penting bagi seorang lelaki di usianya yang masih kecil menjelang baligh, hari ini anak kami telah disunat. Semoga Allah menjadikan anak kami ini, anak sholeh yang taat kepada orang tua, berguna bagi agama, nusa, bangsa dan negara.

Ucapan Khitanan dari Sanak Saudara

kata-kata bijak ucapan khitanan untuk anak teman 2020
Semoga cepat sembut setelah sunatan, ‘anak kami’ harus menuruti perintah bapak dan ibu dan tidak boleh mengeluh, rajin belajar, patuhlah kepada guru disekolah dan jangan lupa untuk giat beribadah sebab ibadah itu penting. Salam dari mo dan tante di Bandung.
Ya Allah, semoga anak kami menjadi anak yang soleh, selalu dalam lindungan-Mu, sehat kuat jasmaninya, bersih hatinya, cerdas akalnya, santun akhlaknya, dan jadikanlah ia anak yang taat beribadah kepada-Mu, selalu menjaga shalatnya, bijak dalam bertindak, mengamalkan alquran dan sunnah-sunnah Rasulullah SAW, serta berbakti kepada orang tua.

Doa Walimatul Khitan

kata-kata bijak ucapan khitanan untuk anak teman 2020
imae source: ibumudabijak.com

Apa itu Walimatul khitan?! Berikut pengertian walimatul khitan. Walimatul khitan adalah acara tasyakuran yang dilakukan setelah anak dikhitan. Memang pada dasarnya walimatul khitan bukanlah suatu hal yang wajib dilakukan.

Namun, karena ini adalah tradisi yang biasa dilakukan orang muslim terutama negara kita yakni Indonesia. Perlu kamu ketahui Indonesia itu terdiri dari banyak daerah?!

Jadi, tidak heran apabila tradisi yang dilakukan setelah anak dikhitan berbeda-beda ada yang keliling kampung sambil digendong, adapula yang dibawa keliling kampung naik kuda dan masih banyak lagi.

Acara walimatul khitan ini sejatinya bukanlah hal yang harus dilakukan. Jika anda mampu ya monggo gelar acaranya, tapi jika keuangan anda terbatas lebih baik tidak usah.

Gelar saja acara walimatul khitan yang sederhana melihat kondisi kantong yang seadanya.

Sebab acara walimatul khitan memakan biaya yang cukup mahal dan fantastis. Sebab acara ini untuk memeriahkan dan wujud rasa syukur yang mengundang orang sekampung.

Nah, bagaimana doa walimatul hitan? Berikut doa walimatul khitan bahasa Arab.

kata-kata bijak ucapan khitanan untuk anak teman 2020
imae source: ibumudabijak.com

Arti dari Doa Walimatul Khitan Bahasa Indonesia

Ya Allah, berikanlah kepada kami pertolongan untuk mendapatkan keutamaan-Mu, dan jauhkan kami dari perbuatan hina. Ya Allah, terimalah khitan kami, selamatkanlah urusan-urusan kami, sembuhkanlah rasa sakit kami sebab khitan ini, bayarkanlah utang-utang kami, wujudkanlah impian-impian kami dan lapangkanlah rezeki kami, wahai Zat Yang Maha Memberi.
Ya Allah, semoga Engkau memberikan keselamatan kepada kami, orang-orang yang menunaikan ibadah haji, orang-orang yang berperang di jalan-Mu dan kepada para musafir, yakni umat Rasulullah Muhammad Sallallahu Alaihi Wasalam, baik yang ada di darat maupun di laut.
Sesungguhnya Engkau berkuasa atas apa yang Engkau kehendaki, wahai sebaik-baik majikan dan sebaik-baik penolong. Mahasuci Allah, Tuhan yang memiliki kesucian dan segala sifat rendah yang mereka (orang kafir) sematkan. Dan kesejahteraan bagi para utusan Allah. Segala puji hanya milik Allah, Tuhan Semesta Alam.

Ucapan Khitanan Untuk Orang Tua Sang Anak yang Dikhitan

kata-kata bijak ucapan khitanan untuk anak teman 2020

Jika memang dirasa anak yang disunat terlalu kecil. Dan apabila kita memberikannya sebuah ucapanpun dirinya tak akan memahami betul.

Lebih baik kamu berikan ucapan khitanan tersebut kepada orangtua si anak. Nah, apabila kamu bingung bagaimana cara membuatnya, admin siap menyajikan contoh ucapan khitanan tersebut, mari langsung saja kita lihat:

Kawanku, tak terasa anakmu sekarang sudah disunat. Selamat yaa karena telah menunaikan syariat islam. Semoga nanti anakmu tumbuh menjadi lelaki sejati yang sholeh, yang bisa memimpin dirinya dan orang lain dengan bijak, dan beruna untuk masyarakat luas. Aaamiin.

Selamaattt yaaa jon, anakmu sekarang sudah disunat. Berarti sudah harus nambah satu lagi nih, hehe. Intinya selamat berbahagia. Aku doakan semoga hal baik selalu menyertai anak tercintamu dan kamu sekeluarga.

Kayaknya baru saja kemarin ya kamu menikah, eh tau tau kini anakmu sudah berani dikhitan, hehe. Waktu memang tak terasa berjalan sangat cepat. Semoga anakmu nanti menjadi teladan untuk semua orang yaa neng. Selamat berbahagia.

Ucapan Khitanan Bahasa Sunda

Ngahasilkeun anjeunna ngadamel panon kolotna, ngabantuan batur, sareng berkah di dunya sareng akhirat. Atas nama Pak Rasyaa, kami nyuhunkeun berkah anjeun, mugia anak ieu anu disunatan saleresna mangrupikeun berkah, taat ka Gusti, soleh, bakti ka kolotna, sareng mangpaat pikeun kulawarga, agama, tanah air sareng bangsa, Amin.
Ngalengkepan kabagjaan adina urang ku ngadamel sunat janten amal ka Anjeun. Janten prosesi sunat ogé janten tempat pikeun nguatkeun hubungan sareng baraya kulawarga.

Sunat anu saé pikeun putra sareng putri anjeun anu tercinta. Muga-muga Allah salawasna ngaberkahan umur anjeun, supados anjeun janten anak anu mangfaat sareng suksés di alam akhirat.

Mudah-mudahan kalayan sunat ieu alhamdulilah umur anjeun, nguatkeun iman anjeun, ngabersihan haté anjeun, lemeskeun rezeki anjeun, narik anjeun ngadeukeutan anu saé sareng jauh tina jahat.

Minangka salah sahiji peristiwa penting pikeun hiji lalaki nalika umur ngora sateuacan baligh, dinten ayeuna putra urang disunatan. Muga-muga Allah ngajantenkeun murangkalih urang, anak alim anu taat ka kolot, gunana pikeun agama, tanah air, bangsa sareng nagara.

Pertanyaan


Apa Arti Khitan Menurut Islam?!

Menurut istilah, khitan adalah memotong kulup (kulit bagian depan kelamin laki-laki) yang menutupi kepala zakar supaya kelamin laki-laki tak mudah terkena kotoran sisa air seni yang menempel pada penis/ kelamin dalam tersebut.

Khitan Hukumnya Apa?

Para ulama berbeda paham terkait hukum sunat atau khitan baik untuk laki-laki maupun perempuan. Hukum sunat bagi laki–laki : Menurut jumhur ulama (mayoritas ulama), hukum khitan untuk laki-laki yakni wajib.

Apa Saja Manfaat Khitan?

  • Mengurangi resiko penyakit seksual menular.
  • Mengurangi resiko penyakit infeksi saluran kemih.
  • Mencegah terjangkit penyakit fimosis.
  • Mengurangi resiko kanker penis dan serviks pada pasangan.
  • Membuat penis lebih sehat.

Mengapa Seorang Laki-Laki Harus Berkhitan?!

Jika kita lihat di negara maju yang mayoritas penduduknya non-muslim semisal Amerika Serikat, sunat dianjurkan sebab alasan kebersihan dan salah satu sarana untuk mencegah kanker serviks dan infeksi saluran kemih. Kemaluan yang dikhitan menghasilkan resiko kotor lebih sedikit atau tidak ada sama sekali sehingga lebih mudah dijaga kebersihannya.

Video Ucapan Khitanan

Untuk yang belum dikhitan, semoga anda segera berkhitan. Sebab apabila lama-lama untuk khitan malah rasanya tambah sakit.

Untuk yang sudah dikhitan, bersyukurlah sebab kamu sekarang lebih bersih dan suci.

Semoga video di atas bisa kamu jadikan referensi untuk mengucapkan ucapan khitanan ke anak teman dan sanak saudara.

Penutup

Sekian, terima kasih.

Rasyaa Waktuku tidak lama, semoga bisa bermakna untuk semesta Lescazia.

Kata-Kata Pesilat

Rasyaa
5 min read

Kata-Kata Patrick

Rasyaa
4 min read

Kata-Kata Anak Punk

Rasyaa
5 min read

Tinggalkan Balasan